eprintid: 14635 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/46/35 datestamp: 2022-06-16 08:56:28 lastmod: 2022-06-16 08:56:28 status_changed: 2022-06-16 08:56:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mulyaningrum, Mulyaningrum creators_name: Ahmad, Irdam creators_name: Suswandari, Suswandari creators_id: suswandari@uhamka.ac.id title: Pengaruh Etos Kerja Guru IPS dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru IPS di SMP Negeri dan Swasta di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur ispublished: pub subjects: C divisions: 87120 keywords: Etos Kerja guru, Supervisi Kepala Sekolah abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Etos Kerja Guru IPS dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru IPS di SMP Negeri dan Swasta di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur.Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Jakarta Timur baik sekolah Negeri maupun Swasta dengan jumlah populasi guru IPS sebanyak 108. Teknik sampel yang digunakan adalah Random Sampling dieroleh sebanyak 88 guru IPS. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis menggunkan aplikasi SPPS 20. Dari hasil pengolahan data, peneliti menemukan bahwa terdapat pengaruh positif variabel Etos Kerja Guru IPS dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru IPS. Dengan persamaan regresi ganda adalah Ŷ= 30,271 + 0,750x1 + 0,597x₂. yang berarti data penelitian signifikan, karena Fhitung = 11,587 dengan db =(2:85) dan nilai pvalue = 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil diatas maka dapat diketahui bahwa H0 ditolak dan kedua variabel tersebut mempunyai pengaruh sebesar 21,4% terhadap variable kinerja guru IPS. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan kinerja guru IPS, banyak hal yang mempengaruhi, diantaranya adalah supervisi kepala sekolah. Dengan melakukan supervisi yang baik maka akan meningkatkan motivasi kerja guru sehingga nantinya berpengaruh terhadap kinerja guru itu sendiri, kemudian selaian ituguru IPS dituntut memiliki etos kerja tinggi, sehingga kinerja guru dalam mengajar akan ikut membaik. date: 2018-02-26 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Afifudin, 2009. Supervisi Dan Kepemimpinan Dalam Pendidikan. Bandung: IAIN Sunan Gunung Jati. Ametembun, Na. 1971. Supervisi Pendidikan Penuntun Bagi Para Pembinan Pendidikan. Bandung: Rama. Argustia, Elsa. 2015. Hubungan antara Supervisi Kepala Sekolah dan Efektifitas Kerja dengan Kepuasan Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta di Kecamatan Ciledug kota Tangerang Banten. Tesis. Program Pascasarjana UHAMKA. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Asf. Jasmani dan Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan: terobosan baru dalam peningkatan kinerja pengawas sekolah dan guru. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. Barr, Rober De, atc. 1977. Defining The Social Studies. Virginia: National Council for The Social Studies. Bunyamin, Fakih Samlawi. 1998. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Depdikubud. Certo, Samuel C. and J. Paul Peter. 2008. Strategic Management: Concept and Aplications. New York: Random House Business Division. Claudia Long, Stansbury dan Kendyll. Performance assessments for beginning teachers: optionas and lessons. Journal of Education, Phi Delta Kappan V. 76 Dec 2004. Crewe, M. Nancy. A 20-year longitudinal perspective on the vocational experiences of persons with spinal cord injury. Journal Rehabilitation - Counseling – Bulletin. Rehabilitation Counseling Bulletin v 43 no 3 Spring 2000. Darwis G. Gani. Etos Kerja Dalam Manajemen Pendidikan Indonesia Mimbar Pendidikan. Nomor 3 Tahun X Nopember 2001. Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Dep. Agama RI. 2008. Supervisi Madrasah Aliyah. Jakarta: Dep. Agama. Depdikbud. Pedoman Umun Penyelenggaraan Administrasi Sekolah Umum. Jakarta, Depdikbud. Djaali, H dan Puji Mujiono 2004. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Doris K. Liebert. 2000. Co opting the cooperating teachers. Journal of Education principal (Reston, Va) v 80 no 2 Nov. Embeir, Howard. 2009. The Impact of peer and principal collaborative supervision on teachers’ trust, commitment, desire and principal collaborative and efficacy. Journal – Curriculum – and - Supervision, Curriculum and Supervision v 14 no 4 Summer. Fajriani, Yuyun, Sigit Santoso, dan Ngadiman. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru (Studi pada Al- Azhar Syifa Budi Solo). Jupe UNS. Vol. 1 (1). Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS. Filosfi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Hackman, Richard. Edward Lawlwe III dan Lyman W. Porter. 1977. Perspective on Behavior Organization. New York: McGraw-Hill Book Company. Hamalik, Oemar. 2003. Pendidikan Guru. Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara. Hendiyat dan Wasty Soemanto. 2006. Kepemimpin dan Supervisi Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara. Huriah Rachmah. 2014. Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta. Johnson, L. William, Karolyn, J Snyder and Robert H. Anderson. School work culture and productivity. The Journal of Exsperimental Education. Vol. 64 (2) Winter 1999. Komaruddin. 1992. Manajemen Pengawasan Kualitas Terpadu. Jakarta: Rajawali. Long, Claudia dan Kendyll Stansbury. 2004. Penilaian Kinerja untuk Guru Pemula: Opsi dan Pelajaran. Journal Phi Delta Kappan, Vol. 76 Desember 2004. Madjid, Nurcholish. 2002. Islam Doktrin Dan Peradaban. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina. Marczely, Bernadette. Defending effective supervision in a litious climate. Journal NASSP-Bulletin, NASSP-Bulletin v 82 n0 602 Dec 2008. Master, Rogers D., Murdhy’s Moral Economy of labor. Journal Perspective on Political Science v 25 Winter 2006. Moh. Uzer Usman. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya. Mulyasa, H. E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosda karya. Mulyasa. 2015. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Edisi ke. 1, Cetakan Ke. 5. Jakarta: Bumi Aksara. Munir, A. S. 2001. Pendekatan Manusiawi dan Organisasi Terhadap Pembinaan Kepegawaian. Jakarta: Gunung Agung. Murwani, Santosa. 2004. Statistika Terapan (Teknik Analisis Data). Jakarta Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Nestra, I Wayan. 2012. Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah, Sikap Profesional Guru, dan Kesejahteraan Guru Terhadap Kinerja Guru SD di Gugus VIII Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 2. No. 2. (2012). Perry R. Rettig. 2009. Differentiated supervision: a new approach. Principal (Reston.Va) v 78 no 3 Jan. Piet A. Sahertian, 2008. Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Mengembangkan SDM. Jakarta: Rineka Cipta. Priansa, Donni Juni dan Rismi Somad. 2013. Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: alfabeta. Purwanto, Ngalim. 1975. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Mutiara. Cet. Ke-5. Purwanto, Ngalim. 2009. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Mutiara. Purwati, Sri. 2014. Hubungan antara Supervisi Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru dengan Kepuasan Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri wilayah Binaan III dan IV Kecamatan Koja Jakarta Utara. Tesis Program Pascasarjana UHAMKA. Putra, Cok Agus Ady, Made Yudana, dan Nyoman Natajaya. 2013. Hubungan motivasi berprestasi, prilaku kepemimpinan kepala sekolah, dan etos kerja dengan kinerja guru di SMA N 1 Kubutambahan. Journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa. Vol. 4 tahun 2013. Rasyad, H. Aminuddin. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UHAMKA Press. Suseno, F. M. 2009. EtikaDasar Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius. Sutisna, Oteng. 2000. Asas-asas Suprvisi Pendidikan Pengajaran. Bandung: FIP. IKIP. Suyatno, Pudjo Sumedi, AS dan Sugeng Riadi. 2009. Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: UHAMKA Press. Tetep. 2016. Penanaman Nilai-nilai Karakter Sosial Siswa dalam Pendidikan Kewarganegaraan dan IPS dalam Konteks Perpspektif Global.Vol. 2 (2). Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bab II, Pasal 3. Warsanto, I. G.. 2002. Manajemen Kepegawaian. Jogjakarta: Kanisius. Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (learning organization). Bandung: Alfabeta. Weidner, Mayo Renate. 2007. Trends in teachers evaluation. Journal The Clearing House v 10 May/June. Wirawan. 2004. Profesi dan Standar Evaluasi. Jakarta: Uhamka Press. Wirawan. 2015. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat Wiriani, Made, Nyoman Dantes, dan Nyoman Sudiana. 2013. Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja Guru dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Journal PROGRAM Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa. Vol. 3 tahun 2013. Zamroni. 2016. Kultur Sekolah. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama. citation: Mulyaningrum, Mulyaningrum dan Ahmad, Irdam dan Suswandari, Suswandari (2018) Pengaruh Etos Kerja Guru IPS dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru IPS di SMP Negeri dan Swasta di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14635/1/SPS_IPS_1509077025_MULYANINGRUM.pdf