eprintid: 14634 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/34 datestamp: 2022-06-24 02:37:07 lastmod: 2022-06-24 02:37:07 status_changed: 2022-06-24 02:37:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amini, Aisyah creators_name: Hikmat, Ade creators_id: adehikmatns@yahoo.co.id title: Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Si Anak Pemberani Karya Tere Liye dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini membahas tentang nilai pendidikan karakter dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye dan implikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye bagi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye dengan objek penelitian nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi dengan melakukan pengumpulan data yang kemudian dirangkum lalu disajikan dan ditarik kesimpulannya. Adapaun keabsahan data diperoleh melalui validitas (semantik) dan reliabilitas (intraratter dan interatter). Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye mencakup nilai religius, jujur, kreatif, bersahabat, peduli lingkungan, dan peduli sosial. (2) novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye dapat digunakan sebagai bahan referensi tambahan dalam pembelajaran sastra di sekolah dasar karena menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan silabus dan rancangan pelaksanaan pembelajaran yang di terapkan di sekolah dasar. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Asriani Lia. 2016. Masalah-Masalah Sosial Dalam Novel Dari Subuh Hingga Malam: Perjalanan Seorang Putra Minang Mencari Jalan Kebenaran Karya Abdul Wadud Karim Abdullah. Bastra. 1(1) Hasniyati. 2018. Eksistensi Tokoh Ayah Dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata dan Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye. Master Bahasa. 6(3) Hikmat Ade, Nani Solihati, Sugeng Riyadi. 2020. Penulisan Akademik. Bekasi: Paedea Iryana Risky Kawasati. 2017. Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Ekonomi Syariah. Khairil Ummul. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra di SD dan MI. Pendidikan Dasar. 2(1) Khatibah. 2011. Penelitian Kepustakaan. Iqra. 5(1) Maunah Binti. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Karakter Holistik Siswa. Pendidikan Karakter. 5(1) Nurgiyanto Burhan. 2017. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press Puspitasari Euis. 2014. Pendekatan Pendidikan Karakter. Edueksos. 3(2) Rahayu Ira. 2014. Analisis Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer Dengan Pendekatan Mimetik. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Supriyantini. 2019. Nilai Pendidikan Dan Moral Dalam Novel “Dendam” Si Yatim Piatu Karya Sintha Rosse. Pujangga. 5(1) Sugeng Riyadi. 2012. Pedagogik Transformatif. Jakarta: Uhamka Press Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan. Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 5 Triana Desi. 2013. Relevansi Kualifikasi Kontraktor Bidang Teknik Sipil Terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Konstruksi di Privinsi Banten. Fondasi. 1(1). Yanti Citra Salda. 2015. Religiositas Islam Dalam Novel Ratu Yang Bersujud Karya Amrizal Mochamad Mahdavi. Humanika. 3(15) citation: Amini, Aisyah dan Hikmat, Ade (2020) Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Si Anak Pemberani Karya Tere Liye dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14634/1/FKIP_PGSD_1601025116_AISYAH%20AMINI.pdf