eprintid: 14628 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/46/28 datestamp: 2022-06-16 08:56:08 lastmod: 2022-06-16 08:56:08 status_changed: 2022-06-16 08:56:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Has, Syarifudin Zuhry creators_name: Abd. A.Ghani, Rahman creators_name: Gunawan, Rudy creators_id: rahman.ghani@uhamka.ac.id creators_id: rudy_gunawan@uhamka.ac.id title: Pengaruh Keteladanan Guru dan Norma Sosial Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa (Survey Pada Siswa MTs di Cakung Timur Jakarta Timur) ispublished: pub subjects: C divisions: 87120 keywords: Keteladanan Guru, Norma Sosial, Perilaku Sopan Santun abstract: Penelitian bertujuan mengkaji (1) pengaruh keteladanan guru terhadapperilaku sopan santun siswa, (2) pengaruh norma sosial terhadap perilaku sopansantun siswa, dan (3) pengaruh keteladanan guru terhadap norma sosial, padasiswa MTs di Cakung Timur Jakarta Timur. Hipotesis penelitian adalah: (1) keteladanan guru berpengaruh terhadap perilaku sopan santun siswa; (2) norma sosial berpengaruh terhadap perilaku sopan santun siswa; (3) keteladanan guru berpengaruh terhadap norma sosial. Penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan analisis jalur.Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang terdapat di Cakung Timur Jakarta Timur. Sampel berjumlah 366 siswa yang dipilih secara acak bertahap dari seluruh populasi siswa MTs di Cakung Timur Jakarta Timur. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner keteladanan guru, kuesioner norma sosial, dan kuesioner perilaku sopan santun siswa. Data analisis dengan statistic deksriptif dan inferensial sedangkan pengajuan hipotesis menggunakan Teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, keteladanan guru secara signifikan berpengaruh positif terhadap perilaku sopan santun siswa dengan koefisien jalur ρ31 = 0.55 (t=6.67, p<0.01). Kedua, norma sosial secara signifikan berpengaruh positif terhadap perilaku sopan santun siswa dengan koefisien jalur ρ32 = 0.32 (t=3.38, p<0.05). Ketiga, keteladanan guru secara signifikan berpengaruh positif terhadap norma sosial dengan koefisien jalur ρ21 = 0.21 (t=2.17, p<0.05). Model analisis jalur memiliki kecocokan dengan data, dimana 34.2% varians di dalam perilaku sopan santun siswa dapat dijelaskan oleh keteladanan guru dan norma sosial, sementara itu 46% varians di dalam norma sosial dapat dijelaskan oleh keteladanan guru. Hasil penelitian mengandung implikasi bahwa perilaku sopan santun siswa dapat meningkat melalui keteladanan guru maupun melalui penanaman nilai norma sosial kepada siswa. date: 2019-08-22 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Adisusilo, Sutarjo, 2012, Pembelajaran Nilai-Karakter, Depok: PT Raja Grafindo Persada Bambang Samsul Arifin, 2019, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Pustaka Setia Cialdini, R.B., Reno,R.R., & Kallgren,C.A., 1990. A focus theory of normativeconduct: Recycling the concept of norms to reduce littering in public place. Journal of Personality and Sosial Psychology,58,1015- 1026. Djaali & Pudji Muljono, 2004, Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: Universitas Negeri Jakarta Doni Kusuma, 2015, Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger, Jakarta: PT. Grasindo Dwi Narwoko, J., dan Suyanto, Bagong, 2013, Sosiologi Teks Pengantar Dan Terapan, Jakarta : Kencana Elaine K. McEwan, 2014, 10 Karakter yang Harus Dimiliki Guru yang Sangat Efektif, Jakarta: Indeks Fattah Hanurawan, 2018, Psikologi Sosial Terapan (Untuk Memecahkan Masalah Perilaku Sosial), Jakarta: Rajawali Pres Gerungan, 2000, Psikologi Sosial, Bandung: Refika Aditama I.B. Wirawan, 2017, Teori-teori Sosial dalam Tiga Paradigma, Jakarta: Prenada Media Idris Apandi, 2015, Penguatan Soft Skill untuk Mewujudkan Guru Profesional dan Berkarakter, Jakarta: Diandra Primamitra Kementerian Pendidikan Nasional, 2010, Pedoman Sekolah Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta Kokom Komalasari, Didin Saripudin, 2017, Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Values Education, Bandung: PT. Refika Aditama Koko Nurcahyo Arianto, 2015, Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Adab Sopan Santun Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas 1 Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, Universitas Lampung Juliansyah Noor, 2001, Metodologi Penelitian, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup Marullina Pane, 2016, Etiket dan Netiket Sopan Santun dalam Pergaulan dan Pekerjaan, Jakarta: Kompas Penerbit Buku Molly Potter, 2018, 100 Ide Untuk Guru: Manajemen Perilaku Murid, Jakarta: Erlangga Nana Sudjana, 2002, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo Ngalim Purwanto, 2009, Ilmu Pendidikan: Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya Nurul Zuriah, 2008, Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif perubahan, Jakarta: PT Bumi Akasa Prayitno. 2009. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo Pusat Bahasa Depdiknas, 2007, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka Richard Osborne & Borin Van Loon, 1996, Mengenal Sosiologi For Beginner, Bandung: Mizan Sardiman A. M, 1994, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Sarlito Wirawan Sarwono, 2009, Teori-teori Psikologi Sosial, Jakarta: Rajawali Pers Soekanto, Soerjono, 2012, “Sosiologi Suatu Pengantar”, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Sudjana, 2007, Teknik Analisis Regresi dan Korelasi bagi Peneliti, Bandung: Tarsito Sudjarwo, 2015, Proses Sosial & Interaksi Sosial Dalam Pendidikan, Jakarta: Mandar Maju Suparlan, 2005, Menjadi Guru Efektif, Yogyakarta: Hikayat Suprihantono, 2014, Norma Sosial dan Efikasi Diri Pengaruhnya Terhadap Perilaku Sopan Santun Peserta Didik (Survei pada SMP Negeri di Kabupaten Bekasi), Universitas Pendidikan Jakarta Supriyanti. 2008, Sopan Santun dalam pendidikan Karakter, Jakarta: GP Pres Syaiful Sagala, 2013, Etika & Moralitas Pendidikan Peluang dan Tantangan, Jakarta: Kharisma Putra Utama Syamsu Yusuf, 2006, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Syofian Siregar, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPS, Jakarta: Kencana Tammi Prastowo, 2018, Mengapa Kita Perlu Norma?, Klaten: Cempaka Putih Thomas Lickona, 2012, Educating For Character, Jakarta: Bumi Aksara Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pengaruh Keteladanan citation: Has, Syarifudin Zuhry dan Abd. A.Ghani, Rahman dan Gunawan, Rudy (2019) Pengaruh Keteladanan Guru dan Norma Sosial Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa (Survey Pada Siswa MTs di Cakung Timur Jakarta Timur). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14628/1/SPS_IPS_1509077017_SYARIFUDIN%20ZUHRY%20HAS.pdf