eprintid: 14627 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/27 datestamp: 2022-06-24 02:36:44 lastmod: 2022-06-24 02:36:44 status_changed: 2022-06-24 02:36:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nirmalasari, Cendekia creators_name: Bandarsyah, Desvian creators_id: Cendekianirmala9999@gmail.com creators_id: desvian_bandarsyah@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-3467-2262 title: Implementasi Menumbuhkan Sikap Multikultural Pada Tema Keragaman Negeriku Dalam Pembelajaran IPS Siswa Di Kelas IV SDN Pondok Labu 03 Pagi ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai belum sempurnanya siswa dalam menerapkan sikap multikultural. Terlihat dari cara siswa saat sedang berinteraksi dengan sesama nya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan sikap multikultural siswa yaitu melalui pembiasaan-pembiasaan yang diadakan di sekolah. (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam impelmentasi menumbuhkan sikap multikultural siswa. Metode penelitian ini adalah etnografi, dimana penelitian ini mendeskripsikan perilaku partisipan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas, dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menujukkan bahwa : (1) upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan sikap multikultural siswa dilakukan melalui kegiatan belajar dan pembiasaan sebelum belajar bertujuan untuk melatih siswa agar mampu bersikap multikultural. (2) faktor pendukung dalam pelaksanaan impelmentasi menumbuhkan sikap multikultural siswa adalah kerjasama guru, faktor pengambat impelemntasi multikultural siswa adalah masih terdapat siswa yang sulit bersosialisasi dengan lingkungan date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aly, A (2011). Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ambarudin, I. R (2016). Pendidikan Multikultural Untuk Membangun Bangsa Yang Nasionalis Religius. Jurnal Civic, 13, (1), 31-34. Amrizal, D (2014). Guru Profesional di Era Global. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20, (77), 1. Arikunto, S (2013). Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Dahar, R. W (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta:Erlangga. Creswell, J. W (2016) Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Emzir (2010). Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. Faiqoh, N (2015). Skripsi: Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter Kejujuran, Toleransi, Dan Cinta Damai Pada Anak Usia Dini Di Kiddy Care, Kota Tegal. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Gunawan, R (2011). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Hidayah, N.N (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Proses Pembelajaran Di Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi dan Antropologi. 2 (1) 30. Ibrahim, R (2013). Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal ADDIN. 7, (1), 44. citation: Nirmalasari, Cendekia dan Bandarsyah, Desvian (2020) Implementasi Menumbuhkan Sikap Multikultural Pada Tema Keragaman Negeriku Dalam Pembelajaran IPS Siswa Di Kelas IV SDN Pondok Labu 03 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14627/1/FKIP_PGSD_1601025105_CENDEKIA%20NIRMALASARI.pdf