eprintid: 14618 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/18 datestamp: 2022-06-24 02:32:19 lastmod: 2022-06-24 02:32:19 status_changed: 2022-06-24 02:32:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fadilah, Nor Ilmi creators_name: Wahidin, Wahidin creators_id: norilmifadilah12@gmail.com creators_id: wahidinmtk@uhamka.ac.id title: Upaya Meningkatkan Pemahaman konsep Matematis Siswa Kelas II Melalui Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) Di SDN Cilangkap 2 Kota Depok. ispublished: pub subjects: L1 subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar materi Pecahan dengan menggunakan pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) matematika pada siswa kelas II SDN Cilangkap 2. Penelitian ini dilakukan di SDN Cilangkap 2 Kota Depok. Di dalam penelitian ini terdapat subjek yaitu seluruh siswa kelas II A yang terdiri dari 31 siswa dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan tes, lembar observasi guru dan siswa, lembar aktifitas siswa, catatan lapangan dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memahami pelajaran Pecahan menggunakan pendekatan CPA. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II masing-masing siklus terdiri 3 pertemuan. Dan disetiap siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada perolehan evaluasi siklus I siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 21 siswa, dengan persentase 67,7 %, sedangkan pada siklus II siswa yang belum mencapai KKM 4 siswa, dengan persentase 12,9%. sedangkan pada siklus II siswa yang sudah mencapai KKM 27 siswa, dengan persentase 87%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) Matematika sangat bermanfaat pada pembelajaran Matematika, dari setiap siklus telah mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu. Dari hasil pelaksanaan tindakan kelas melalui siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pendekatan CPA pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan pemahaman dalam belajar Matematika pada materi Pecahan. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: A.Isrok’atun. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematik. Abdul Aziz Saefudin. 2008. Pentingnya Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. bagas agun. edited by J. Won. Alan, Usman Fauzan and Ekasatya Aldila Afriansyah. 2017. “Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning.” Jurnal Pendidikan Matematika 11(1):68. Andriyani, Ratna. 2014. “Ratna Andriyani, 2014 Penggunaan Media Kertas Lipat Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pecahan Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu.” Jurnal Ilmiah Pendidik 22(1):11. Dr. Hafiziani Eka Putri, M. P. 2017. Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA), Kemampuan-Kemampuan Matematis Dan Rancangan Pembelajaran. edited by N. endah suryani dan R. Julianti. Subang: UPI Sumedang Royan Press. Faridah. 2019. “Penerapan Metode Problem Solving Berbantu Benda Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.” 5(2):25–38. Fuadi, Rahmi, Rahmah Johar, and Said Munzir. 2016. “Peningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Penalaran Matematis Melalui Pendekatan Kontekstual.” Penerapan Kontekstual 3(1):47–54. Hendriana, Dr H. Heris al et. 2017. Hard Skills Dan Soft Skills. Refika Aditama. Lestari, Yuliana D. 2017. “Analisis Perwujudan Fungsi Bimbingan Konseling Pada Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Pontianak.” Journal Analisa 1(2):2. Maulani, Firda, Indhira Asih V Y, and Trian Pamungkas Alamsyah. 2020. “PENERAPAN PENDEKATAN CONCRETE-PICTORIAL MATEMATIKA.” BSIS 2(2):160–70. Mózo, Beatriz Sanchez. 2017. “PENDEKATAN DAN JENIS PENELITIAN.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99. N. Hafiziani. 2016. “Keterkaitan Penerapan Pendekatan Cpa Dan Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar.” Metodik Didaktik 11(1). Pajarwati. 2019. “PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Penggunaan Media Kartu Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Membandingkan Pecahan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6(1):90–100. Putri. 2019. “ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 4 GUMIWANG.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 5(2):68–74. Sari, Yulia Purnama and Fkip Universitas Jambi. 2018. “MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION ( RME ) DI KELAS V C SDN No . 80 / I PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION ( RME ) DI KELAS V C SDN No . 80 / I.” Karya Ilmiah 1–2(80):1–23. Soesatyo, Yoyok, Waspodo Tjipto Subroto, Norida Canda Sakti, Muhammad Edwar, and Novi Trisnawati. 2013. “Pelatihan Penulisan Proposal Peneliti Tindakan (PTK) Bagi Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjo.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99. Syekhnurjati. 2014. Belajar Dan Pembelajaran. 2014th ed. edited by Syaodih. Tafonao, Talizaro. 2018. “PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN THE ROLE OF INSTRUCTIONAL MEDIA TO IMPROVING.” Komunikasi Pendidikan 2(2):105. Tang, Ning, Salud Pública, I. I. Msp, Carlos Miranda, Estudio D. E. L. O. S; Rodríguez, Comte, Max Weber, Índice Del, C. A. P. Ítu, and Objetivos D. E. Apren Dizaje. 2018. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika.” ثثثثثث 13(3):113. Wahyudy, Hafiziani Eka putri. 2019. “Penerapan Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) Dalam Menurunkan Kecemasan Matematis Siswa Sekolah.” Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi). 11(November):228–38. Yuliyanto, Aan and Dkk Putri. 2011. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SD MELALUI PENDEKATAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT ( CPA ).” Jurnal Didaktik 14(2):75–83. Yuyun, Oom Haryanti and al Komalasari et. 2018. “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 4(2):32. citation: Fadilah, Nor Ilmi dan Wahidin, Wahidin (2020) Upaya Meningkatkan Pemahaman konsep Matematis Siswa Kelas II Melalui Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) Di SDN Cilangkap 2 Kota Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14618/1/FKIP_PGSD_1601025099_NOR%20ILMI%20FADILAH.pdf