TY - UNPB Y1 - 2019/12/07/ A1 - Lutpy, Nur Muhamad A1 - Gunawan, Rudy A1 - Bandarsyah, Desvian N2 - Penulisan tesis ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran sejarah melalui model pendekatan Paulo Freire di SMA Negeri 13 Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dapat meningkatkan kempapuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran ketika materi pembelajaran dapat dikaitkan dengan kehidupan peserta didik. Guru dapat mengkonstruksi materi ajarnya dengan menggunakan metafora atau diksi-diksi yang bisa dipahami oleh peserta didik. Contoh materi kolonialisme dan imperialisme diaktualisasikan dengan konteks isu-isu kontemporer, seperti kasus PT Freeport di Papua atau reklamasi untuk kepentingan penguasa yang menyingkirkan rakyat kecil. Kesimpulan yang dapat peneliti ambil dari penelitian ini adalah, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, dapat dimulai dari dalam kelas. Salah satunya adalah menciptakan proses pembelajaran yang mengkonstruksi suatu bibit-bibit unggul di dalam kelas dengan metode pembelajaran yang progresif. AV - public PB - UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA N1 - Unpublished KW - Pembelajaran Sejarah KW - Model Pendekatan Paulo Freire KW - Berpikir Kritis UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14615/ ID - repository14615 TI - Model Pendekatan Paulo Freire Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Sma Negeri 13 Kota Tangerang M1 - masters ER -