@unpublished{repository14615, note = {Unpublished}, year = {2019}, school = {UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA}, title = {Model Pendekatan Paulo Freire Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Sma Negeri 13 Kota Tangerang}, month = {December}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14615/}, abstract = {Penulisan tesis ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran sejarah melalui model pendekatan Paulo Freire di SMA Negeri 13 Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dapat meningkatkan kempapuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran ketika materi pembelajaran dapat dikaitkan dengan kehidupan peserta didik. Guru dapat mengkonstruksi materi ajarnya dengan menggunakan metafora atau diksi-diksi yang bisa dipahami oleh peserta didik. Contoh materi kolonialisme dan imperialisme diaktualisasikan dengan konteks isu-isu kontemporer, seperti kasus PT Freeport di Papua atau reklamasi untuk kepentingan penguasa yang menyingkirkan rakyat kecil. Kesimpulan yang dapat peneliti ambil dari penelitian ini adalah, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, dapat dimulai dari dalam kelas. Salah satunya adalah menciptakan proses pembelajaran yang mengkonstruksi suatu bibit-bibit unggul di dalam kelas dengan metode pembelajaran yang progresif.}, author = {Lutpy, Nur Muhamad and Gunawan, Rudy and Bandarsyah, Desvian}, keywords = {Pembelajaran Sejarah, Model Pendekatan Paulo Freire, Berpikir Kritis} }