eprintid: 14613 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/46/13 datestamp: 2022-06-15 07:25:51 lastmod: 2022-06-16 04:23:13 status_changed: 2022-06-15 07:25:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Darmayanti, Selvia creators_name: Suswandari, Suswandari creators_name: Gunawan, Rudy creators_id: suswandari@uhamka.ac.id creators_id: rudy_gunawan@uhamka.ac.id title: Nilai Kearifan Lokal Betawi Dalam Permainan Tradisional Untuk Penguatan Karakter Dan Identitas Di Era Global (Study Kasus di Kelurahan Batu Ampar) ispublished: pub subjects: C divisions: 87120 note: Kearifan Lokal Betawi, Permainan Tradisional abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang permainan tradisional yang sangat kaya akan nilai-nilai untuk pengembangan karakter dan identitas di era global. Penelitian ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kembali permainan tradisional Betawi kepada anak-anak sehingga anak-anak bisa mencintai permainan tradisional kearifan lokal Betawi tersebut sehingga anak- anak dapat melestarikan budaya tersebut. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini, yaitu metode kualitatif dimana peneliti mencari dan mengumpulkan informasi serta data tentang keadaan-keadaan secara nyata dari anak-anak di Kampung Betawi Condet, yang nantinya akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tulisan dari objek yang diamati oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi, dimana dalam pendekatan etnografi menganjurkan peneliti harus melakukan, kerjakan, terus kerjakan dan mengerjakan secara terarah sesuai dengan metode panduan yang khas. Metode ini disebut dengan The Developmental Research Sequence ‘’Alur Penelitian Maju Bertahap. Metode ini didasarkan atas lima prinsip yaitu teknik tunggal, identifikasi tugas, maju bertahap, penelitian orisinal, dan problem-solving. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya ketertarikan anak-anak terhadap permainan tradisional Betawi, di mana anak-anak senang untuk melakukannya dengan bersama-sama teman-teman sebayanya. Pada permainan Betawi juga terdapat banyak sekali nilai-nilai yang terkandung didalamnya diantaranya : kejujuran, tanggung jawab, visioner, kedisiplinan, kerja sama, sportivitas, keadilan, kerjasama dan kepedulianya yang dapat menguatkan karakter anak. Nilai-nilai itu terkandung di dalam permainan gangsing, Jepretan (selepetan), congklak, main lompat tali, dampu dan petak umpet. Anak-anak juga lebih tertarik bermain tradisional yang melibatkan kerjasama dengan teman- temannya karena anak-anak dapat berinteraksi secara langsung dengan teman dibandingkan anak tersebut bermain gadget, dimana dalam permainan gadget anak tersebut hanya akan seorang diri dan tidak akan berinteraksi dengan siapun. date: 2017-12-07 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA BUKU Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter. Jakarta: PT.Grafindo Persada. Albertus, D. K. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT.Grasindo. B. Harlock, E. (1995). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga. Brata, I. B. (2016). Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Bangsa. Bakti Saraswati Vol. 05 . Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif . Jakarta: PT. Raja Grafindo. Chaer, A. (2015). Betawi Tempo Doeloe (Menelusuri Sejarah Kebudayaan Betawi). Jakarta: Komunitas Bambu. Chaer, A. (2012). Folklor Betawi ''Kebudayaan & Kehidupan Orang Betawi. Jakarta: Masup. Darmadi, H. (2007). Dasar Konsep Pendidikan Moral . Bandung: ALFABETA. Darmiyati, Z. (2009). Pendidikan Karakter: Grand Design dan Nilai-nilai. Yogyakarta: UNY Press. Cet. I. . Depdiknas. ( 2008). Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. Jakarta: Direktorat Olahraga Masyarakat. Dharmamulya, S. (2007). Permainan Tradisional Jawa. Jawa: kepel press. Dilanisa. (2011). Mengenal Permainan Tradisional. Bandung : Mawar Putra . Eddy, M. (2001). Etika dan Moral dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusat antar Universitas. Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika Di Sekolah. Jogjakarta : Ar-Ruzz. Hardjosoewirjo, S. (2008). Menuju Jakarta 2020. Jakarta : RMBOOKS. Ishaq, M. R. (1997). Kesenian Jakarta, Permainan Anak Betawi. Jakarta: Depdibud. Isna, M. (2001). Diskursus Pendidikan Islam. Yogyakarta: Global Pustaka Utama. Kementrian, P. (Jakarta). Bahan penelitian penguatan Metodologi pembelajaran berdasarkan nilai-nilai budya untuk membentuk daya saing karakter bangsa. 2010: Badan penelitian dan pengembangan. Khamdani, A. (2010). Olahraga Tradisional Indonesia. Singkawang: PT. Maraga. Khan, Y. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Dir. Yogyakarta: Pelangi. Koesoema, D. A. (2007). Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Globa. Jakarta: Grasindo. Lickona, T. (2015). Persoalan Karakter, Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas dan Kebajikan Penting Lainnya. Jakarta: Bumi Aksara. Maarif, S. (2007). Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu. Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT REMAJA mpulam ROSDAKARYA. P. Spradley, J. (2006). Metode Etnografi. Terj. Misbah. Yogyakarta: Tiara Wacana . Permana, & eka, c. (2010). Kearifan Lokal Masyarakat Baduy dalam Mengatasi Mitigasi Bencana. Jakarta: Wedatama Widya Sastra. Permuseuman, D. (1998). Permainan Tradisional Indonesia. Jakarta: Departement Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Direktorat Permuseuman. Putra, N. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Rahyono, F. X. (2009). Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra. Razak, Y. (2010). Sosiologi Sebuah Pengantar injauan Pemikiran Sosiologi Perspektif Islam. Tangerang: Sejahtera Kita . Setyowati. (2006). Etnografi sebagai Metode pilihan kualittatif di Keperawatan . Keperawatan Indonesi , 35-40. Soekanto, S. (2001). Sosiologi Suatu Pengantar . Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Yogyakarta: Alfabeta. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukirman Dharmamulya, S. d. (2010). Permainan tradisional Jawa . Jogjakarta : Kepel Press Puri Arsita . Sunaryo., S. d. (2007). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan khusus. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional. Suswandari. (2009). Adaptasi dan Emansipasi Kaum Perempuan Betawi dalam Merespon Perubahan Sosial . Jakarta : Uhamka Press. Suswandari. (2017). Draf Buku Mapping kearifan Lokal Etnik Betawi. Jakarta. Sztompka. (2010). Sosiologi perubahan sosial. Jakarta: Persada. Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling . Jakarta : PT Raja Grafindo. Wikantiyoso, R., & Tutuko, P. (2009). Kearifan Lokal dalam Perencanaan dan Perancangan Kota: untuk Mewujudkan Arsitektur Kota yang Berkelanjutan. Malang : Group Konservasi Arsitentur & Kota. Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitaif,& Penelitian Gabungan). Jakarta: Prenandamedia Group. JURNAL Misbach, I. (2007). Peran Permainan Tradisional yang bermuatan edukatif dalam menyumbang pembentukan karakter dan Identitas Bangsa. Academia.edu , www. Academia.edu. (Diakses pada taggal 20 Agustus 2017, Pukul 20.00) Timur, T. A. (t.thn.). Data Statistik. Dipetik Oktober 9, 2017, dari http://www.jakarta.go.id/web/ (Diakses pada taggal 25 Agustus 2017, Pukul 21.00) Windarsih, A. (2013, 05 12). Jurnal Masyarakat & Budaya, Volume 15 No. 1 Tahun 2013. Dipetik 08 14, 2017, dari file:///C:/Users/ACER/Downloads/146-283-1-SM.pdf Fajri, O. R. (2015). Hubungan Tingkat Penggunaan Gadget. JURNAL IDEA SOCIETA VOL 2 NO 6. (Diakses pada taggal 20 Agustus 2017, Pukul 20.00) Fajrin, O. R. (2015). Hubungan Tingkat Penggunaan Teknologi Mobile Gadget. Jurnal Idea Societa Vol 2 No 6 (2015) November . Fazarini, U. (2014, Des Senin ). Peranan Kearifan Lokal Dalam Perkembangan Karakter. Sosio Didaktika: Vol. 1, No. 2 , Http://Journal.Uinjkt.Ac.Id/Sosio-Fitk/Article/Viewfile/1225/1093. file:///C:/Users/ACER/Downloads/146-283-1-SM.pdf. (2017, 8 14). (Diakses pada taggal 2 Juli 2017, Pukul 20.00) Gunawan, R. (2012). Pembelajaran Sejarah Berbasis Permainan Tradisional. http://repository.uhamka.ac.id/17/1/2012%20RG%20PEMBELAJARAN% 20SEJARAH%20%20%20BERBASIS%20PERMAINAN%20TRADISIO NAL%20BETAWI.pdf. (Diakses pada taggal 2 Agustus 2017, Pukul 21.03) Jamiah. (2010). Globalisasi ditinjau melalui Perspektif Pendidikan Nilai. Jurnal Cakrawala . (Diakses pada taggal 5 Agustus 2017, Pukul 20.50) Nur, H. (2013). Membangun Kakter Anak Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III, Nomor 1 , journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/1290/1074. Satriana, M. (2013). Permainan Tradsional Sunda Sebagai Stimulus Perkembangan Anak. JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI , pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/download/33/33. (Diakses pada taggal 5 Maret 2017, Pukul 20.50) Hidayat, D. (2013). Permainan Tradisional dan Kearifan Lokal Kampung Dukuh Garut Selatan Jawa Barat. Academia Fisip Untad Vol.05 No.02 , http://download.portalgaruda.org/article.php?article=167031&val=6118&ti tle=PERMAINAN%20TRADISIONAL%20DAN%20KEARIFAN%20LO KAL%20KAMPUNG%20DUKUH%20GARUT%20SELATAN%20JAW A%20BARAT. (Diakses pada taggal 5 Maret 2017, Pukul 20.50) Iswinarti. (2010, September 24). Nilai-nilai Terapiuk Permainan Tradisional Engklek untuk Anak Sekolah Dasar. (Diakses pada taggal 5 Maret 2017, Pukul 20.60) Ja’far, A. (2014). Lokal, Penciptaan Buku Ilustrasi Permainan Tradisional sebagai Pelestarian warisan Budaya. ART NOUVEAU. (Diakses pada taggal 5 Maret 2017, Pukul 20.50) Purbasari, M. (2010). Indahnya Betawi. Betawi ethnic, culture, acculturation , http://researchdashboard.binus.ac.id/uploads/paper/document/publication/P roceeding/Humaniora/Vol.%201%20No.%201%20April%202010/01_Mita .pdf. (Diakses pada taggal 5 Maret 2017, Pukul 20.50 citation: Darmayanti, Selvia dan Suswandari, Suswandari dan Gunawan, Rudy (2017) Nilai Kearifan Lokal Betawi Dalam Permainan Tradisional Untuk Penguatan Karakter Dan Identitas Di Era Global (Study Kasus di Kelurahan Batu Ampar). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14613/1/SPS_IPS_1509077012_Selvia%20Darmayanti.pdf