%K sumber belajar, peserta didik, museum %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui relevansi koleksi Museum Kebangkitan Nasional sebagai sumber pembelajaran sejarah dengan pembelajaran di kelas. (2) mengetahui cara guru sejarah merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan Museum Kebangkitan Nasional. (3) mengetahui kendala Museum Kebangkitan Nasional dalam mengoptimalisasi peranannya sebagai sumber belajar sejarah. (4) mengetahui upaya pengelola Museum Kebangkitan Nasional dalam meningkatkan peranannya sebagai sumber belajar sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study)dimana peneliti mencari dan mengumpulkan sumber berupa informasi dan data tentang Pemanfaatan Museum sebagai sumber belajar sejarah, yang nantinya akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, tulisan dari objek yang diamati oleh peneliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari narasumber, tempat (bangunan dan koleksi museum), serta dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi sumber dengan mencari data melalui lebih dari satu informan terkait pemanfaatan peran museum sebagai sumber belajar sejarah. Hasil penelitian menunjukan bahwa museum dapat memotivasi peserta didik dan membuat peserta didik mudah dalam proses pembelajaran sejarah. Kunjungan ke museum tersebut merupakan suatu hal yang layak untuk diperhatikan sebagai sumber pembelajaran visual bagi peserta didik. Melalui kunjungan ke objek sejarah secara langsung, diharapkan dapat mengubah anggapan bahwa peserta didik yang mempelajari sejarah bukan sesuatu yang membosankan dan menjenuhkan tetapi merupakan sesuatu yang menarik dan menyenangkan. Berdasarkan hasil temuan disimpulkan bahwaSMA Negeri 5 Depok sudah mengaplikasikan penggunaan museum sebagai sumber belajar namun memang belum optimal yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya sosialisasi ke sekolah-sekolah secara luas dan keterbatasan jangkauan museum menjadi kendala bagi Museum Kebangkitan Nasional dalam upaya menjadikan museum sebagai sarana belajar sejarah. %L repository14612 %A Okta Evitasari %A Lelly Qodariah %A Rudy Gunawan %T Pemanfaatan Fungsi Museum Sebagai Sumber Belajar Sejarah Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis (Studi Kasus Peserta Didik di SMA Negeri 5 Depok) %I UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA %D 2019