<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pemanfaatan Fungsi Museum Sebagai Sumber Belajar Sejarah Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis\r\n(Studi Kasus Peserta Didik di SMA Negeri 5 Depok)"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui relevansi koleksi Museum Kebangkitan Nasional sebagai sumber pembelajaran sejarah dengan pembelajaran di kelas. (2) mengetahui cara guru sejarah merencanakan dan melaksanakan\r\npembelajaran sejarah dengan memanfaatkan Museum Kebangkitan Nasional. (3) mengetahui kendala Museum Kebangkitan Nasional dalam mengoptimalisasi peranannya sebagai sumber belajar sejarah. (4) mengetahui upaya pengelola Museum Kebangkitan Nasional dalam meningkatkan peranannya sebagai sumber\r\nbelajar sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi\r\nkasus (case study)dimana peneliti mencari dan mengumpulkan sumber berupa\r\ninformasi dan data tentang Pemanfaatan Museum sebagai sumber belajar sejarah,\r\nyang nantinya akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, tulisan dari\r\nobjek yang diamati oleh peneliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini\r\ndiperoleh dari narasumber, tempat (bangunan dan koleksi museum), serta\r\ndokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah\r\nwawancara, observasi, dan analisis dokumen.Dalam penelitian ini peneliti\r\nmenggunakan triangulasi sumber dengan mencari data melalui lebih dari satu informan\r\nterkait pemanfaatan peran museum sebagai sumber belajar sejarah.\r\nHasil penelitian menunjukan bahwa museum dapat memotivasi peserta didik dan\r\nmembuat peserta didik mudah dalam proses pembelajaran sejarah. Kunjungan ke\r\nmuseum tersebut merupakan suatu hal yang layak untuk diperhatikan sebagai sumber pembelajaran visual bagi peserta didik. Melalui kunjungan ke objek sejarah secara\r\nlangsung, diharapkan dapat mengubah anggapan bahwa peserta didik yang mempelajari sejarah bukan sesuatu yang membosankan dan menjenuhkan tetapi merupakan sesuatu yang menarik dan menyenangkan. Berdasarkan hasil temuan\r\ndisimpulkan bahwaSMA Negeri 5 Depok sudah mengaplikasikan penggunaan museum sebagai sumber belajar namun memang belum optimal yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya sosialisasi ke sekolah-sekolah secara luas\r\ndan keterbatasan jangkauan museum menjadi kendala bagi Museum Kebangkitan Nasional dalam upaya menjadikan museum sebagai sarana belajar sejarah."^^ . "2019-08-22" . . . "UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA"^^ . . . "Sekolah Pascasarjana, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA"^^ . . . . . . . . . . . . . . . "Lelly"^^ . "Qodariah"^^ . "Lelly Qodariah"^^ . . "Rudy"^^ . "Gunawan"^^ . "Rudy Gunawan"^^ . . "Okta"^^ . "Evitasari"^^ . "Okta Evitasari"^^ . . . . . . "Pemanfaatan Fungsi Museum Sebagai Sumber Belajar Sejarah Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis\r\n(Studi Kasus Peserta Didik di SMA Negeri 5 Depok) (Text)"^^ . . . "SPS_IPS_1509077011_OKTA EVITA SARI.pdf"^^ . . . "Pemanfaatan Fungsi Museum Sebagai Sumber Belajar Sejarah Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis\r\n(Studi Kasus Peserta Didik di SMA Negeri 5 Depok) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Pemanfaatan Fungsi Museum Sebagai Sumber Belajar Sejarah Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis\r\n(Studi Kasus Peserta Didik di SMA Negeri 5 Depok) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Pemanfaatan Fungsi Museum Sebagai Sumber Belajar Sejarah Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis\r\n(Studi Kasus Peserta Didik di SMA Negeri 5 Depok) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Pemanfaatan Fungsi Museum Sebagai Sumber Belajar Sejarah Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis\r\n(Studi Kasus Peserta Didik di SMA Negeri 5 Depok) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #14612 \n\nPemanfaatan Fungsi Museum Sebagai Sumber Belajar Sejarah Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis \n(Studi Kasus Peserta Didik di SMA Negeri 5 Depok)\n\n" . "text/html" . . . "A General Works"@en . .