eprintid: 14611 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/46/11 datestamp: 2022-06-16 08:55:46 lastmod: 2022-06-16 08:55:46 status_changed: 2022-06-16 08:55:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yakub, Yakub creators_name: Gunawan, Rudy creators_name: Abd. A.Ghani, Rahman creators_id: rudy_gunawan@uhamka.ac.id creators_id: rahman.ghani@uhamka.ac.id title: Pengembangan Inovasi Pembelajaran Ips Melalui Pendekatan Kontekstual Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar (Studi Kasus di SDN 01 Kec. Sumberharta, Sumsel) ispublished: pub subjects: C divisions: 87120 note: Inovasi Pembelajaran IPS, Pendekatan Kontekstual, dan Kemandirian belajar abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif pengembangan inovasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial [IPS] melalui pendekatan kontekstual dalam menumbuhkan emandirian belajar Sekolah Dasar Negeri 01 Sumberharta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan model CIPP Stufflebeam, terdiri dari: konteks, input, proses, serta produk. Kemudian, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data di analisis dengan tahapan yang disarankan oleh Miles dan Huberman [2008] antara lain: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Selanjutnya, hasil penilaian dibandingkan dengan penilaian standar/kriteria yang sudah ditetapkan untuk menentukan klasifikasi peringkat baik tinggi, moderat, dan rendah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pertama, berdasarkan penilaian dimensi konteks relevansi program berada dalam derajat aktual tinggi. Kedua, berdasarkan program input, terdapat empat aspek meliputi pendayagunaan visi, misi, dan tujuan, kompetensi pendidik, pembiayaan, kurikulum memenuhi standar/kriteria derajat aktual moderat. Satu aspek program pemberdayaan sarana prasarana berada dalam derajat aktual rendah. Ketiga, berdasarkan penilaian dimensi proses terhadap pelaksanaaan inovasi pembelajaran IPS terdapat terdapat satu aspek kerjasama memenuhi standar/kriteria derajat aktual tinggi, serta empat aspek seperti: inovasi pembelajaran IPS, pengambilan keputusan, adaptasi perubahan juga pendekatan kontekstual berada dalam derajat aktual moderat, serta satu aspek perencanaan penilaian derajat aktual rendah. Keempat, berdasarkan penilaian untuk dimensi produk terdapat dua aspek ialah kemandirian belajar, dan kekeluargaan memenuhi kriteria/standar derajat aktual tinggi. Kemudian, empat aspek terdiri: keagamaan, kepribadian, keterampilan, kemasyarakatan berada dalam kriteria derajat aktual moderat. date: 2017-11-03 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Alqur’an dan terjemahan, 2016. Yayasan Penyelenggara Penterjemahan Alqur’an/Pentafsiran. Jakarta: Kemenag R.I. Amrod, Jeanne Ellis. 2004. Human Learning. New Jersey: Pearson Printice Hall. Amit, R. & Schoemaker, P. 2005. Strategic assets and organizational rent. “Strategic Management Journal”. Vol. 14. (1): 33 – 46. Asfandiyah, Andi Yudha. 2009. Kenapa Guru Harus Kreatif ?. Bandung: Mizan. Atkinson, Anita E, et al. tt. Pengantar Psikologi Edisi II Jilid I. Terjemahan: Widjaya Kusuma. Batam: Interaksara. Afaq, A & Al – Mashari, A. 2010. The Development of Computer Based Diagnostic Assessment Tool to help in Teaching and Learning Prosess. “International Journal of Educational and Development Using Information and Communication Technology”. Vol. 6. (1): 76 – 87. Amabile, T. & Conti, R. 2014. Change in the work environement for creativity during downsizing. “Academic of Management Journal”. 42, 1154 – 1184. Andari, Tri. 2010. Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah. Tesis. Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Allen, K. N., & Friedman, B.D., 2010. Affective Learning: A Taxonomy for Teaching Social Work Values. Journal of Social Work Values and Ethics. Vol. 7 (2): 3. Ancok, Djamaludin. 2012. Psikologi Kepemimpinan & Inovasi. Jakarta: Erlangga. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Bogdan, Robert C. dan Sari Knopp Biklen. 2007. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon. Bluestein, Jane., dkk. 2013. Manajemen Kelas. Jakarta: PT. Indeks. Crezwell, John W. 2007. Qualitative Inqury & Research Design: Choosing Among Five Approaches. New Delhi: Sage Publications. Chen, Jason A. 2010. “Implicit Theories of Ability of Grade 6 Science Students”. Contemporary Educational Psycology Journal. Vol. 35. (2010): 38 Crowell, Thomas K., Sally Kamsky, and David M. Podell. 2012. Educational Psychology: Windowson Teaching. Madison Wi, Brown & Benchmark Publisher. Depdiknas. 2010. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching Learning). Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas. ________. 2007. Kurikulum 2006. Jakarta: Pusat Perbukuan. ________. 2013. Pendekataan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas. ________. 2013. Kurikulum SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan. Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Dufour, R. & Berkey, T. (2008). The principal as staff developer. Journal of Staff Development, Fall 2008. V0l. 16 (4): 23. Donald, Janet. 2008. Improving the Environment for learning: Academic Leaders Talk About to hat Work. Sanfransisco: Jossey – Bass Publishers. De Jong, J. P. J. & Hartog, D. N. D. 2008. How leaders influence employees innovative behaviour. European Journal of Innovation Management. Vol. 10 (1): 41 – 64. Dawson, S., Tan, J. P. L., & McWilliam, E. 2011. Measuring Creative Capacity: Australasian. Journal of Education Tecnology. Vol. 27 (6): 924 – 942. De Waal, Andre A. 2014. Menjadi Organisasi Berpikir Tinggi: Lima Faktor yang telah diakui sebagai Kekuatan Kompetitif dan Berlaku diseluruh Dunia. Jakarta: PT. Ina Publikatana. Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: ANALISIS DATA. Jakarta: Rajawali Press. Elliot, Andre J and Carol S. Dweek. 2011. Handbook of Cometence and Motivation. New York: The Gulfold Press. Eggen, Paul and Donn Kauchak. 2012. Stategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konteks dan Keterampilan Berpikir. terjemahan: Satrio Wahono. Jakarta: PT. Indeks. Fosnot, Catherine Twomey. 2007. Contructivisme: Theory, Perspecktivisme, and Practice. New York: Teacher College Press. Friedman, B. D., & Alen, K. N, 2010. Affective Learning: A Taxonomy for Teaching Social Work Volue. Journal of Social Work Volues and Ethics. Vol. 7 (2): 3. Gulo, W. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gafindo. Ghazali, Syukur. 2009. Pengajaran Sastra dengan Strategi Belajar Kooperatif. Sumber Belajar: Kajian Teori dan Aplikasi. Malang: Lembaga Pendidikan dan Pembelajaran. UNESMA. Gagnon Jr, George W, and Michelle Collay. 2005. Designing for Learning: six Element Curriculum in Contructivismt Classroom. California: Corwin Press, Inc. Gavid, Reid. 2009. Memotivasi Siswa dikelas: Gagasan, dan Strategi. Jakarta: PT. Indeks. Ghani, Abd Rahman A. 2009. Mengurai Simpul Pendidikan. Jakarta: UHAMKA PRESS. __________________. 2014. Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: RajaGrafindo Press. __________________. 2015. Handouts: Metodologi Penelitian. Jakarta: UHAMKA PRESS. Gunawan, Rudy. 2014. Penegmbangan Kompetensi Guru IPS. Bandung: Alfabeta. _____________. 2016. Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Gu, Q., & Day, C. 2013. Clallenges to Teacher Resilience: Conditions Count, British Educational Research Journal. Vol. 39 (1): 22 – 44. Hammersley, Martyn. 2005. Classroom Ethnography: Emmpirical and Methodological Essays. Terjemahan Warsono MA. Semarang: IKIP Semarang Press Hollid, Bill, and Gillian Hollins. 2007. Over the Horizon: Planning Products Today for Success Tomorrow. England: John Wiley and Sons, Ltd. Hermawan et al. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: UT. Hawadi, Reni Akbar. 2010. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Grasindo. Hayat, Barul., dkk. 2014. Pendidikan untuk Transformasi Bangsa: Arah Baru Pendidikan untuk Pertumbuhan Mental Bangsa. Jakarta: PT.Kompas Media Nusantara. citation: Yakub, Yakub dan Gunawan, Rudy dan Abd. A.Ghani, Rahman (2017) Pengembangan Inovasi Pembelajaran Ips Melalui Pendekatan Kontekstual Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar (Studi Kasus di SDN 01 Kec. Sumberharta, Sumsel). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14611/1/SPS_IPS_1509077009_YAKUB.pdf