eprintid: 14608 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/08 datestamp: 2022-06-24 02:31:34 lastmod: 2022-06-24 02:31:34 status_changed: 2022-06-24 02:31:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Alfarisy, Nur Syafa creators_name: Syaepurrohman, Purnama creators_id: faalfarisy@gmail.com creators_id: purnamasae@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-2469-9461 title: Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV Di SDN Pekayon 05 Pagi ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar IPS dengan penggunaan metode pembelajaran brainstorming pada peserta didik kelas IV SDN Pekayon 05 Pagi pada semester 1 tahun ajran 2020-2021. Metode Penelitian ini menggunkan metode penelitian kuantitatif dengan Quasy Eksperimental Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pada uji vaiditas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal piihan ganda dan 30 soal yang valid 10 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan KR-20 peneliti memperoleh rumus rhitung > rtabel yaitu 0,908 > 0,396 maka data yang diperoleh memiliki instrument yang reliabel setelah data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas yang menggunakan uji Liliefors data yang diperoleh dari kelas eksperimen L0 ˂ Lt yaitu 0, 078 ˂ 0,173 dan data dari kelas kontrol L0 ˂ L1 yaitu 0,115 ˂ 0,173, maka dari kedua data dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperolah Fitung ˂ Ftabel dengan data yaitu 1,28 ˂ 1,98 maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas memiliki data varians kelompok yang berdistribusi homogen. Pada uji Hipotesis peneliti menggunkan uji t-test diperoleh thitung > ttabel dengan data 4, 7507 > 2, 126, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima bahwa adanya pengaruh penerapan metode pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar IIPS kelas IV SDN Pekayon 05 Pagi. Hasil Penelitian, yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode brainstorming terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN Pekayon 05 Pagi date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Akbar, D., Ibrahim, N., & Sukardjo, M. (2019). Pengembangan Paket Pembelajaran IPS Multi Media dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII di MTSN 24 Jakarta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(1), 60–70. Aprilia, L. A., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Kurikulum 2013. WACANA AKADEMIKA, 2(1), 85–98. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530 Damayanti, N. P. A. P., Pudjawan, K., & Suarjana, M. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemamampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10. Dliyaiuddin, A. M., Abidin, Z., & Wedi, A. (2019). Penerapan Prinsip Belajar Dalam Kegiatan Muhadharah Di Tarbiyatul Muallimien Al-Islamiyah Al-Amien Prenduan. 2(3), 166–173. Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5 Hidayati, U., Supardi, L., & Indahwati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Dengan Soal Open-Ended Pada Materi Segi Empat. Sigma, 5(1), 16. https://doi.org/10.36513/sigma.v5i1.649 Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Information Engineering and Educational Technonology, 3(1), 46–50. Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Ningrat, S. P., & Sumantri, M. (2019). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd. Journal of Education Technology, 2(4), 145–152. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16426 Ningsih, S., & Jailani, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok Kelas VII Pada SMP PGRI Tumbang Mirah Kecamatan Katingan Tengah. NERACA Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 1–5. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945 Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tepadu. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group. Rahman, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing dan Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik SDN 008 Camba Kabupaten Polewali Mandar. Phinisi Integration Review, 2(1), 55–66. Safrudin, M., Trisnamansyah, S., Makmun, T. A. S., & Darmawan, D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Model Blended Computer Based Learning (BCBL) Tentang Turunan Fungsi untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2(2015), 7–14. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.3 Siregar, R. S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Pembelajarn Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Matematics Paedagogic, III(2), 197–206. Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca. Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. Susanto, A. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Group. Usman, R. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Materi Pendapatan nasional Dengan Mengguna. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(1), 5–10. Utami, D. (2015). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 232. https://doi.org/10.21009/jpd.062.05 Yasmin, Z., & Santoso, B. (2019). Fasilitas belajar dan metode mengajar guru sebagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 134–140. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14964 Yuniasih, I., Agustina, T., & Rosento. (2019). Pengaruh Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Selaras Lawang Sewu Jakarta. Jurnal Marketing, 3(1), 168–177. citation: Alfarisy, Nur Syafa dan Syaepurrohman, Purnama (2020) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV Di SDN Pekayon 05 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14608/1/FKIP_PGSD_1601025097_NUR%20SYAFA%20ALFARISY.pdf