eprintid: 14604 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/46/04 datestamp: 2022-06-24 02:30:59 lastmod: 2022-06-24 02:30:59 status_changed: 2022-06-24 02:30:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fauzi, Denni Rohmat creators_name: Wahyuni, Nur creators_id: dennirf07@gmail.com creators_id: nurwahyuni@uhamka.ac.id title: Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation dan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Susukan 06 Pagi Jakarta Timur ispublished: pub subjects: H subjects: L1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidak terdapatnya perbedaan hasil belajar melalui model pembelajaran Group Investigation dengan Think Pair Share pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Susukan 06 Pagi Jakarta Timur Kelas VA dan Kelas VB tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design. Sampel penelitian ini Meliputi 30 siswa kelas VA sebagai kelas Group Investigation dan 30 siswa kelas VB sebagai kelas Think Pair Share di SD Negeri Susukan 06 Pagi Jakarta Timur. Instrument sebelumnya diajukan di SDN Cengkareng Timur 04 Petang Jakarta Barat kepada 27 siswa. Uji validitas instrument dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop, sedabfkan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus KR-20 diperoleh r11 > rtabel (0,91 > 0,381) maka instrument reliabel. Sebelum data dianalisis dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors diperoleh pada kelas Group Investigation Lhitung < (0,145 < 0,161) dan pada kelas Think Pair Share thitung < ttabel (0,1066 < 0,161) maka dapat disimpulkan data distribusi normal. Uji Homogenitas digunakan Uji Fisher diperoleh fhitung < ftabel (1,245) < (1,858) maka dapat disimpulkan h0 ditolak dan h1 diterima, maka data bersifat homogen. Pada Uji Hipotesis digunakan Uji-t diperoleh thitung > ttabel (3,262 > 2,002) pada a = 0,05 dan dk = 58, maka dengan demikian hipotesis diterima. Maka peneliti menyatakan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan melalui model pembelajaran Group Investigation degan Think Pair Share pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Susukan 06 Pagi Jakarta Timur. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Rudy Gunawan. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta. Eveline Siregar dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghali Indonesia. Nyanyu Khodijah. 2016. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers Ahmad Susanto. 2015. Teori belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta ; Kencana. M. Tobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : AR-RUZZ. Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Sapriya. 2011. Pendidikan IPS. Bandung : Rosda. Huriah Rachmah. 2014. Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Bandung : Alfabeta. Abdul Aziz Wahab. 2011. Konsep Dasar IPS. Jakarta : Universitas Terbuka. Imas Kurniasih. 2016. Model Pembelajaran. Yogyakarta ; Kata Pena. Pudjosumedi. 2015. Profesi Pendidikan. Jakarta ; Uhamka Press. Pudjosumedi. 2015. Pengantar Pedagogik Transformatif. Jakarta ; Uhamka Press. Aris Shoimin.2014. 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ. Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo. Dr Sugiyono.2012. Statistik untuk penelitian. Bandung. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta. Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Taristo. Hana Kurniawan. 2012. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. 10(1). 114-134. Surayya. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa. 4(1). 1-11. Febrian Widia Kusuma dan Mimin Nuraisyiah. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk meningkatkan aktifitas belajar akutansi siswa… 10(2). 43-63. Gunawan, R. (2013:16). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Trianto. (2010:176). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2. Rusman, 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta. Kencana, 129. citation: Fauzi, Denni Rohmat dan Wahyuni, Nur (2020) Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation dan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Susukan 06 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14604/1/FKIP_PGSD_1601025095_DENNI%20ROHMAT%20FAUZI.pdf