TY - THES TI - Pengaruh Metode Talking Stick terhadap Keterampilan Bercerita pada Tema 8 Peserta Didik Kelas IV SDN Tegal Alur 21 Petang Jakarta Barat ID - repository14603 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14603/ PB - Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka A1 - Izzah, Nikmatul A1 - Aslam, Aslam AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Talking Stick terhadap Keterampilan Bercerita pada Tema 8 Peserta Didik Kelas IV di SDN Tegal Alur 21 Petang Jakarta Barat pada semester II tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment, dengan pengambilan data menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster Sampling. Sampel yang diteliti sebanyak 28 peserta didik terdiri dari satu kelas yaitu kelas IV B eksperimen. Peneliti tidak melakukan uji validitas terlebih dahulu, dikarenakan adanya musibah Covid 19 ini yng terjadi di Indonesia dan karena keterbatasan peneliti. Uji Nomalitas dalam penelitian ini menggunakan Liliefors (Kolmogorov-Smirnov) dengan metode Talking Stick. Setelah peneliti teliti, peserta didik sebelum menggunakan metode Talking Stick diperoleh hasil yakni 0,146 > 0,05, sedangkan hasil uji normalitas sesudah menggunakan metode Talking Stick diperoleh hasil yakni 0,533 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Kemudian, Uji Homogenitas, untuk hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh data signifikan 0,960 > 0,05, maka dapat disimpulkan data tersebut bersifat homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Paired Sample Test diperoleh sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Keterampilan Bercerita dengan menggunakan metode Talking Stick pada peserta didik kelas IV SDN Tegal Alur 21 Petang. M1 - bachelor Y1 - 2020/// ER -