eprintid: 14601 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/46/01 datestamp: 2022-06-16 08:55:31 lastmod: 2022-06-16 08:55:31 status_changed: 2022-06-16 08:55:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aisiyah, Munirotul creators_name: Suswandari, Suswandari creators_name: Gunawan, Rudy creators_id: suswandari@uhamka.ac.id creators_id: rudy_gunawan@uhamka.ac.id title: Efektivitas Model Inquiry Dalam Pembelajaran Ips Berbasis Nilai-Nilai Lokal Etnis Betawi Kaitannya Dengan Penguatan Identitas Siswa (Studi Pada SMPN 3 Tigaraksa Tangerang) ispublished: pub subjects: C divisions: 87120 keywords: Model Inquiry, Pembelajaran IPS dan Identitas Siswa abstract: Tujuan penulisan ini untuk mengetahui pengaruh Efektivitas model inquiry dalam pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai lokal etnis Betawi terhadap identitas siswa di SMPN 3 Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Penulisan ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survey kausal dengan teknik analisis jalur (Path Analisys) dengan penyebaran kuesioner. Kuesioner yang digunakan terdiri dari 34 butir pertanyaan dari 3 (tiga) variabel yang diteliti. Ketiga variabel yang diteliti ini diharapkan memiliki pengaruh yang signifikan. Variabel yang diteliti yaitu efektivitas model inquiry (X1), pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai lokal etnis Betawi (X2) dan Penguatan identitas siswa (X3). Hasil penelitian berdasarkan persamaan regresi sederhana dengan menggunakan uji normalitas persamaan regresi (uji liliefors) menghasilkan L hitung 0,0488 < L tabel 0,0865 yang menunjukan hipotesis ini diterima,uji homogenitas varians dengan hasil X hitung < X tabel yang menunjukan bahwa kelompok data berasal dari populasi yang homogen, uji linearitas dengan rumus anava dan hasilnya linear, uji hipotesis dengan uji signifikansi (uji F) dan uji korelasi (uji t) dengan hasil yang signifikan, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara X1 dan X3, X2 dan X3, X1 dan X2 dan tergambar dalam path signifikan. . Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa efektivitas model inquiry dalam pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai lokal etnis betawi secara nyata memberikan kontribusi terhadap penguatan identitas siswa. Hal ini berdasarkan kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional yang dimiliki guru dengan mengacu pada kurikulum yang berlaku. Pembelajaran IPS dapat membentuk sikap, mengembangkan potensi untuk menjadi manusia yang berakhlak mulia , bertanggung jawab, cinta damai , sikap mental positif, beradaptasi dengan lingkungan, mampu menyelesaikan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. date: 2019-08-22 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Adha, z. (2013, januari 26). Dipetik februari senin, 2017, dari http://zulfirdaadha.blogspot.co.id/2013/01/kearifan-lokal-betawi-ciumtangan. html Arikunto,Suharsimi. 2002. ProsedurPenelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta:RinekaCipta. AdiSusilo, Sutarjo .2014. Pembelajarann nilai-nili karakter. Jakarta: Rajagrafindo. Basyari, IIn Wariin, 2013. Menanamkan identitas kebangsaan melalui pendidikan berbasis nilai-nilai budaya lokal. Jurnal Edunomic Creswell, John research design pendekatan metode kuantitatif dan campuran 2016 Farlina, N. 2012. Tesis Representasi identitas Betawi dalam FBR .Jakarta: Universitas Indonesia. Gunawan, R. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. ____________, R. 2014. Pengembangan Kompetensi Guru IPS. Bandung: Alfabeta. Hidayati, Deni. 2016. Memudarnya nilai kearifan lokal masyarakat dalam pengelolaan sumber daya air. Jurnal Kependudukan Indonesia. Murwani, santosa. 2005. Metodologi penelitian ilmiah ___________, statistik terapan 2007 ningsih, e. p. (2012, oktober). Dipetik februari senin, 2017, dari https://www.google.co.id/webhp?sourceid=chromeinstant& ion=1&espv=2&ie=UTF-8#q=jrnal+nilai+budaya+etnis+betawi Nurdin, S., & Andriantoni. (2016). kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: rajagrafindo persada. Rachmah, H. (2014). Pengembangan profesi pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta. Rohmawati, A. 2015. Efektivitas Pembelajaran . Jurnal PendidikanUsia Dini ,Jakarta. Rusman. 2014. Model- Model Pembelajaran . Jakarta: Rajagrafindo. Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta. Bumi aksara Sanusi, Ahmad. 2016. Pendidikan untuk Kearifan. Bandung. Nuansa Press Sariyatun. 2012. Model Pembelajaran IPS berbasis nilai budaya lokal batik klasik untuk menguatkan jatidiri bangsa. Bandung. UPI Disertasi Setianingsih, Hesti keefektifan problem solving and guided inquiry dalam setting TAI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuana berfikir kritis dan disiplin. 2016 Supardan, Dadang. 2015. Pembelajaran IPS Perspektif Filosofi dan kurikulum. Jakarta. Bumi Aksara Suswandari. 2014. Adaptasi dan emansipasi kaum perempuan Betawi dalam merespon perubahan sosial. Jakarta. Uhamka Press ___________, 2012. Mapping kearifan Lokal Etnik Betawi. Jakarta ___________ , Astuti sri pengembangan model pembelajaran karakter melalui integrasi nilai kearifan lokal etnis betawi 2015 Sugiyono. (2013). Metode Penelitian kuantitati, kualitataif dan kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. ___________.2016. Metode Penelitian kombinasi (mixed method). umum, p. k. (2015, desember 18). Dipetik februari senin, 2017, dari https://www.google.co.id/webhp?sourceid=chromeinstant& ion=1&espv=2&ie=UTF-8#q=pengertian+nilai+lokal Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional2003Jakarta Wahyu ,MS , 2014 h.56 Mewacanakan Pendidikan IPS Wijayanthi1, A. A., Lasmawan2, I. W., & Natajaya3, I. N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal terhadap tanggung jawab. e-Journal Program Pascasarjana Wijayanti, agustina tri. Implementasi pendekatan Value Clarivication Technique (VCT) dalam pembelajaran IPS sedolah dasar (2013). citation: Aisiyah, Munirotul dan Suswandari, Suswandari dan Gunawan, Rudy (2019) Efektivitas Model Inquiry Dalam Pembelajaran Ips Berbasis Nilai-Nilai Lokal Etnis Betawi Kaitannya Dengan Penguatan Identitas Siswa (Studi Pada SMPN 3 Tigaraksa Tangerang). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14601/1/SPS_IPS_1509077004_MUNIROTUL%20AISYAH.pdf