<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Efektivitas Model Inquiry Dalam Pembelajaran Ips Berbasis Nilai-Nilai Lokal Etnis Betawi Kaitannya Dengan Penguatan Identitas Siswa \r\n(Studi Pada SMPN 3 Tigaraksa Tangerang)"^^ . "Tujuan penulisan ini untuk mengetahui pengaruh Efektivitas model inquiry dalam pembelajaran\r\nIPS berbasis nilai-nilai lokal etnis Betawi terhadap identitas siswa di SMPN 3 Tigaraksa\r\nKabupaten Tangerang.\r\nPenulisan ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survey kausal dengan teknik\r\nanalisis jalur (Path Analisys) dengan penyebaran kuesioner. Kuesioner yang digunakan terdiri\r\ndari 34 butir pertanyaan dari 3 (tiga) variabel yang diteliti. Ketiga variabel yang diteliti ini\r\ndiharapkan memiliki pengaruh yang signifikan. Variabel yang diteliti yaitu efektivitas model\r\ninquiry (X1), pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai lokal etnis Betawi (X2) dan Penguatan\r\nidentitas siswa (X3).\r\nHasil penelitian berdasarkan persamaan regresi sederhana dengan menggunakan uji normalitas\r\npersamaan regresi (uji liliefors) menghasilkan L hitung 0,0488 < L tabel 0,0865 yang\r\nmenunjukan hipotesis ini diterima,uji homogenitas varians dengan hasil X hitung < X tabel yang\r\nmenunjukan bahwa kelompok data berasal dari populasi yang homogen, uji linearitas dengan\r\nrumus anava dan hasilnya linear, uji hipotesis dengan uji signifikansi (uji F) dan uji korelasi (uji\r\nt) dengan hasil yang signifikan, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara X1 dan\r\nX3, X2 dan X3, X1 dan X2 dan tergambar dalam path signifikan.\r\n.\r\nKesimpulan dalam penelitian ini bahwa efektivitas model inquiry dalam pembelajaran IPS\r\nberbasis nilai-nilai lokal etnis betawi secara nyata memberikan kontribusi terhadap penguatan\r\nidentitas siswa. Hal ini berdasarkan kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional\r\nyang dimiliki guru dengan mengacu pada kurikulum yang berlaku. Pembelajaran IPS dapat\r\nmembentuk sikap, mengembangkan potensi untuk menjadi manusia yang berakhlak mulia ,\r\nbertanggung jawab, cinta damai , sikap mental positif, beradaptasi dengan lingkungan, mampu\r\nmenyelesaikan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari."^^ . "2019-08-22" . . . "UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA"^^ . . . "Sekolah Pascasarjana, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA"^^ . . . . . . . . . . . . . . . "Suswandari"^^ . "Suswandari"^^ . "Suswandari Suswandari"^^ . . "Munirotul"^^ . "Aisiyah"^^ . "Munirotul Aisiyah"^^ . . "Rudy"^^ . "Gunawan"^^ . "Rudy Gunawan"^^ . . . . . . "Efektivitas Model Inquiry Dalam Pembelajaran Ips Berbasis Nilai-Nilai Lokal Etnis Betawi Kaitannya Dengan Penguatan Identitas Siswa \r\n(Studi Pada SMPN 3 Tigaraksa Tangerang) (Text)"^^ . . . "SPS_IPS_1509077004_MUNIROTUL AISYAH.pdf"^^ . . . "Efektivitas Model Inquiry Dalam Pembelajaran Ips Berbasis Nilai-Nilai Lokal Etnis Betawi Kaitannya Dengan Penguatan Identitas Siswa \r\n(Studi Pada SMPN 3 Tigaraksa Tangerang) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Efektivitas Model Inquiry Dalam Pembelajaran Ips Berbasis Nilai-Nilai Lokal Etnis Betawi Kaitannya Dengan Penguatan Identitas Siswa \r\n(Studi Pada SMPN 3 Tigaraksa Tangerang) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Efektivitas Model Inquiry Dalam Pembelajaran Ips Berbasis Nilai-Nilai Lokal Etnis Betawi Kaitannya Dengan Penguatan Identitas Siswa \r\n(Studi Pada SMPN 3 Tigaraksa Tangerang) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Efektivitas Model Inquiry Dalam Pembelajaran Ips Berbasis Nilai-Nilai Lokal Etnis Betawi Kaitannya Dengan Penguatan Identitas Siswa \r\n(Studi Pada SMPN 3 Tigaraksa Tangerang) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #14601 \n\nEfektivitas Model Inquiry Dalam Pembelajaran Ips Berbasis Nilai-Nilai Lokal Etnis Betawi Kaitannya Dengan Penguatan Identitas Siswa \n(Studi Pada SMPN 3 Tigaraksa Tangerang)\n\n" . "text/html" . . . "A General Works"@en . .