relation: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14601/ title: Efektivitas Model Inquiry Dalam Pembelajaran Ips Berbasis Nilai-Nilai Lokal Etnis Betawi Kaitannya Dengan Penguatan Identitas Siswa (Studi Pada SMPN 3 Tigaraksa Tangerang) creator: Aisiyah, Munirotul creator: Suswandari, Suswandari creator: Gunawan, Rudy subject: A General Works description: Tujuan penulisan ini untuk mengetahui pengaruh Efektivitas model inquiry dalam pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai lokal etnis Betawi terhadap identitas siswa di SMPN 3 Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Penulisan ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survey kausal dengan teknik analisis jalur (Path Analisys) dengan penyebaran kuesioner. Kuesioner yang digunakan terdiri dari 34 butir pertanyaan dari 3 (tiga) variabel yang diteliti. Ketiga variabel yang diteliti ini diharapkan memiliki pengaruh yang signifikan. Variabel yang diteliti yaitu efektivitas model inquiry (X1), pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai lokal etnis Betawi (X2) dan Penguatan identitas siswa (X3). Hasil penelitian berdasarkan persamaan regresi sederhana dengan menggunakan uji normalitas persamaan regresi (uji liliefors) menghasilkan L hitung 0,0488 < L tabel 0,0865 yang menunjukan hipotesis ini diterima,uji homogenitas varians dengan hasil X hitung < X tabel yang menunjukan bahwa kelompok data berasal dari populasi yang homogen, uji linearitas dengan rumus anava dan hasilnya linear, uji hipotesis dengan uji signifikansi (uji F) dan uji korelasi (uji t) dengan hasil yang signifikan, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara X1 dan X3, X2 dan X3, X1 dan X2 dan tergambar dalam path signifikan. . Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa efektivitas model inquiry dalam pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai lokal etnis betawi secara nyata memberikan kontribusi terhadap penguatan identitas siswa. Hal ini berdasarkan kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional yang dimiliki guru dengan mengacu pada kurikulum yang berlaku. Pembelajaran IPS dapat membentuk sikap, mengembangkan potensi untuk menjadi manusia yang berakhlak mulia , bertanggung jawab, cinta damai , sikap mental positif, beradaptasi dengan lingkungan, mampu menyelesaikan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. date: 2019-08-22 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14601/1/SPS_IPS_1509077004_MUNIROTUL%20AISYAH.pdf identifier: Aisiyah, Munirotul dan Suswandari, Suswandari dan Gunawan, Rudy (2019) Efektivitas Model Inquiry Dalam Pembelajaran Ips Berbasis Nilai-Nilai Lokal Etnis Betawi Kaitannya Dengan Penguatan Identitas Siswa (Studi Pada SMPN 3 Tigaraksa Tangerang). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.