eprintid: 14600 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3857 dir: disk0/00/01/46/00 datestamp: 2022-06-16 05:06:37 lastmod: 2022-06-16 05:06:37 status_changed: 2022-06-16 05:06:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmah, Yasinta creators_name: Zulpahmi, Zulpahmi creators_name: Sumardi, Sumardi creators_id: zulpahmi@uhamka.ac.id creators_id: sumardi@uhamka.ac.id title: Analisis Faktor Minat Beli Samyang Melalui Sikap Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Feb Uhamka ispublished: pub subjects: H subjects: HN divisions: Ekonomi_Islam abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis faktor minat beli samyang melalui sikap sebagai intervening. Variabel independen pada penelitian ini yaitu pengetahuan produk (X1), sertifikasi halal (X2), halal awareness (X3), dan harga (X4) sedangkan variabel dependen adalah minat beli (Y) dan variabel intervening yaitu sikap (Z). Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada responden. Responden dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif semester genap yang terdaftar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (UHAMKA). Dengan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling yang merupakan salah satu teknik pengumpulan data dari non probability sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 96 sampel. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistic 24. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji statistik dan uji menggunakan path analysis. Berdasarkan hasil uji t pertama menunjukan hasil bahwa variabel pengetahuan produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap. Sedangkan sertifikasi halal dan halal awareness tidak berpengaruh dan signifikan vii terhadap sikap. Hasil uji t kedua menunjukan pengetahuan produk dan sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Dan hasil uji t ketiga menunjukan harga berpengaruh terhadap minat beli. Sedangkan sertifikasi halal dan halal awareness tidak berpengaruh terhadap minat beli. Variabel sikap dapat memediasi pengetahuan produk dan harga terhadap minat beli samyang. Selain itu, hasil hipotesis dengan menggunakan uji statistik F menunjukan bahwa variabel pengetahuan produk, sertifikasi halal, halal awareness, harga, dan sikap secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai Fhitung > Ftabel (28.272 > 3,09) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Peneliti berharap sebagai umat muslim untuk meningkatkan rasa kesadaran dalam mengkonsumsi produk halal. Selain itu pada peneltian selanjutnya diharapkan memperbanyak jumlah responden dengan cakupan wilayah yang lebih luas guna mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik lagi. date: 2020-06-20 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Achidah, N., Warso, M. M., & Hasiolan, L. B. (2016). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT. Journal Of Management, 2(2). Adi, B., Salehudin, I., & Luthfi, B. A. (2015). Munich Personal RePEc Archive Marketing impact of halal labeling toward Indonesian muslim consumer ’ s behavioral intention Marketing Impact of Halal Labeling toward Indonesian Muslim Consumer ’ s Behavioral Intention, (54341). Adinata, K. J., & Yasa, N. N. K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, Dan Sikap Terhadap Niat Beli Kembali Di Situs Lazada. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(8), 4153. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i08.p05 Amalia, A. (2019). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Harga Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. Aryadhe, T., Suryani, A., & Sudiska, I. B. (2018). Pengaruh Sikap Dan Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Dan Keputusan Pembelian, 7(3), 1452–1480. Ashari, M. (2019). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Farmasi Di Desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Asrina, & Bulutoding, L. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Produk Kosmetik di Kota Makassar (Studi Kasus pada Giant Supermarket Alauddin). Pemasaran, 1–16. Retrieved from journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Iqtisaduna/article/.../2307 Aulia, A. N. (2018). Pengaruh Pengetahuan Produk Halal, Religiusitas, Dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Kemasan Berlabel Halal. Pengaruh Pengetahuan Produk Halal, Religiusitas, Dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Kemasan Berlabel Halal, 1–16. Borzooei, M., & Asgari, M. (2015). Country-of-Origin Effect on Consumer Purchase Intention of Halal Brands. American Journal of Marketing Research, 1(1), 1–10. Effendy, Satria. Ushul Fiqh, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009. Cet. ke-3 Engel, et al.,. 1995. Perilaku Konsumen Jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara Fauzia, diah retno sufi, Pangestu, E., & Bafadhal, A. S. (2019). Pengaruh religiusitas, sertifikasi halal, bahan produk terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 66(1), 37–46. Fishbein, M. & Ajzen, Icek. (1975). Belief, attitude, intention and behaviour: An introduction to theory and research. Food and Agriculture Organization (FAO) of The United Nation. 2016. Cattle Meat Production Hasan, H. (2016). a Study on Awareness and Perception Towards Halal Foods Among Muslim Students in Kota Kinabalu , Sabah. Proceedings of the Australia-Middle East Conference on Business and Social Sciences 2016, Dubai, (April 2016), 803–811. Izzuddin, A. (2018). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal dan Bahana Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner. Penelitian Ipteks, 3(2), 100–114. Joshua, D., & Padmalia, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Manajemen Bisnis, 6(1), 27–32. https://doi.org/10.22219/jmb.v6i1.5395 Karouw, Z. E., Laoh, O. E. H., & Mandei, J. R. (2016). Faktor Penentu Pilihan Konsumen Komoditi Pertanian Terhadap Tempat Berbelanja Di Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Di Kota Manado. Agri-Sosioekonomi, 12(1), 77. https://doi.org/10.35791/agrsosek.12.1.2016.11401 Kosim, M. (2008). Ilmu Pengetahuan dalam Islam. Jakarta. Meylinda, M. V. (2017). Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Minat Beli Melalui Sistem Online Shop. Mingka, A. (2013). Maqashid Syariah Dalam Ekonomi dan Keuangan Syariah. Jakarta: Iqtishad Publishing. Mohamed, Z., Rezai, G., Shamsudin, M. N., & F.C., E. C. (2008). Halal logo and consumers ’ confidence : What are the important factors ? Economic and Technology Management Review., 3, 37–45. Mudrajad Kuncoro, (2013). “Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi” Edisi 4. Jakarta: Erlangga. Muhamad, N., Leong, V. S., & Mizerski, D. (2016). Consumer knowledge and religious rulings on products: Young Muslim consumer’s perspective. Journal of Islamic Marketing, 7(1), 74–94. https://doi.org/10.1108/JIMA-08-2014-0056 Muslimah, A. N., Hamdani, H. I., & Irfani, F. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Pelanggan (Studi Kasus Superkue Bogor), 1(1), 41–57. Mutmainah, L. (2018). The Role of Religiosity, Halal Awareness, Halal Certification, and Food Ingredients on Purchase Intention of Halal Food. Ihtifaz: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 1(1), 33. https://doi.org/10.12928/ijiefb.v1i1.284 Nofianti, K. A., & Rofiqoh, S. N. I. (2019). The Halal Awareness And Halal Labels: Do They Determine Purchase Intention? Journal of Halal Product and Research, 2(1), 16. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.2-issue.1.16-24 Nurcahyo, A., & Hudrasyah, H. (2017). The Influenceof Halal Awareness, Halal Certification, ans Personal Societal Purchase Intention. Journal of Business and Management, 6(1), 21–31. https://doi.org/10.4314/jfas.v9i5s.55 Pambudi, B. G. (2018). Pengaruh Kesadaran Halal Dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Produk Mie Instan (Studi pada Pemuda Muslim Bandarlampung), 1–12. Pangestu, S. D., & Suryoko, S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pelanggan Peacockoffie Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis Undip, 5(1), 63–70. Pangestuti, M. A. F. R. E. (2018). Ekolabel ( Studi Pada Produk Pt Ultrajaya ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 57(1), 38–45. Penyusunan, T. (2014). Pedoman Penyusunan Skripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Peter, J. Paul & Jerry C. Olson. (1999). Consumer Behavior, Perilakukonsumen dan Strategi Pemasaran.Jilid kedua, Edisi Keempat. Terjemahan Damos Sihombing dan Peter Remy Yossi Pasla. Jakarta: Erlangga. Purnomo, E., Yulfita, & Makmur. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Beras Lokal (Studi Kasus Desa Rambah Utama). Jurnal Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi, 4(1), 1–28. Retrieved from http://e-journal.upp.ac.id/index.php/fekon/article/view/1312 Ramlan. (2015). Sertifikasi Halal Sebagai Penerapan Etika Bisnis Islami Pada Upaya Perlindungan Bagi Konsumen Muslim. Riaz, M.N. & Chaudry, M.M.. (2003). Halal food production. 10.1201/9780203490082. Refna, M., Yuhelmi, & Yuliviona, R. (2016). Pengaruh Atribut Produk dan Harga Terhadap Sikap Konsumen pada Sepeda Motor Merek Honda di Kota Padang, 1–14. Rochmanto, B. Al, & Widiyanto, I. (2015). Pengaruh pengetahuan produk dan norma religius terhadap sikap konsumen dalam niat mengkonsumsi produk makanan dan minuman halal. Diponegoro Journal of Management, 4(1), 1–12. Rohmah, A. N. (2019). Pengaruh Halal Awareness Dan Halal Certification Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal. Pengaruh Halal Awareness Dan Halal Certification Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal, 1–89. Rohmatun, K. I., & Dewi, C. K. (2017). Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Terhadap Niat Beli Pada Kosmetik Halal Melalui Sikap. Journal Ecodemica, 1(1), 27–35. Setyaningsih, E. D., & Marwansyah, S. (2019). The Effect of Halal Certification and Halal Awareness through Interest in Decisions on Buying Halal Food Products. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 3(1), 65. https://doi.org/10.35448/jiec.v3i1.5515 Simanjuntak, Megawati & Dewantara, Muhammad. (2014). The Effects of Knowledge, Religiosity Value, and Attitude on Halal Label Reading Behavior of Undergraduate Students. ASEAN Marketing Journal. 6. 10.21002/amj.v6i2.4216. Sri Handayani. (2019). Peran Logo Dan Sertifikasi Halal Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Restoran Cheese Chicken. Suarjana, I. K., & Suprapti, N. W. S. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Pengetahuan Produk, Dan Citra Perusahaan Terhadap niat Beli Layanan Multi Servis Merek INDIHOME, 7(4), 1920–1949. Sumidah, S. (2018). Pengaruh Label Halal, Pengetahuan Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Sikap Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa Pengguna Kosmetik Wardah di STIE Putra Bangsa Kebumen). Sugiono, P. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sunaryo, E. V. (2017). Pengaruh Pengetahuan Produk terhadap Minat Beli melalui Sikap Pada Produk Kerajinan Keramik Dinoyo - Kota Malang. 1-58. Waskito, D. (2015). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal. Uny, 1, 1–12. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Waharini & Purwantini, A. (2018). Model Pengembangan Industri Halal Food di Indonesia. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah. Widodo, T. R. I. (2015). Pengaruh labelisasi halal dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk indomie (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Widyaningrum, P. W. (2019). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan, dan Celebrity Endorser terhadap Minat Pembelian kosmetik melalui variabel Persepsi sebagai Mediasi (Studi Pada Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 74. https://doi.org/10.25273/capital.v2i2.3984 Windisukma, D. K., & Widiyanto, I. (2015). Sikap Masyarakat Muslim Terhadap Produk Makanan Non-Halal Di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 4(2), 1–12. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr citation: Rahmah, Yasinta dan Zulpahmi, Zulpahmi dan Sumardi, Sumardi (2020) Analisis Faktor Minat Beli Samyang Melalui Sikap Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Feb Uhamka. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14600/1/FEB_EKIS_1602055011_Yasinta%20Rahmah.pdf