@phdthesis{repository14594, year = {2020}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka}, title = {Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Raeding and Composition Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Susukan 06 Pagi}, author = {Nurlinasari, Nina and Yatri, Ika}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada siswa kelas V SDN Susukan 06 Pagi Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode peneitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan design penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 35 soal plihan ganda dengan 30 soal yang valid dan 5 soal drop. Sedangkan pada uji realibilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh = 0.523 {\ensuremath{>}} = 0.355, maka data tersebut memiliki intrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji kai kuadrat (chi kuadrat) diperoleh 189 {\ensuremath{<}} 222.08 maka data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji F (Fisher) diperoleh 2.381 {\ensuremath{<}} 4.023, maka uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Dapat disimpulkan bahwa pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh 13.8225 dengan 2.0066 pada {\ensuremath{\alpha}} = 0.05 dan 1.675 {\ensuremath{\alpha}} = 0.01 maka dengan demikian ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Susukan 06 Pagi Jakarta Timur.}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14594/} }