eprintid: 14592 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/45/92 datestamp: 2022-06-24 02:29:16 lastmod: 2022-06-24 02:29:16 status_changed: 2022-06-24 02:29:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Merlinda, Merlinda creators_name: Whindi Arini, Novanita creators_id: merlindamerlinda77@gmail.com creators_id: Novanita_w.arini@uhamka.ac.id title: Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Materi Indahnya Keragaman Budaya Indonesia Pada Mata Pelajaran IPS kelas IV di Cikiwul II ispublished: pub subjects: H1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk media flash card untuk mata pelajaran IPS materi Indahnya Keragaman Budaya Indonesia pada kelas IV di Sekolah Dasar. Dengan adanya media flash card ini, diharapkan mampu menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan untuk siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket, peneliti melakukan penelitian dan pengembangan flash card kepada siswa kelas IV (empat) Sekolah Dasar. Pengembangan media flash card dengan model pengembangan ADDIE melalui beberapa tahapan, diantaranya tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Hasilnya dari pengembangan tersebut, dihasilkan sebanyak 34 buah flash card media pembelajaran untuk mata pelajaran IPS materi Indahnya Keragaman Budaya Indonesia pada kelas IV di Sekolah Dasar. Pengembangan yang terlihat dari flash card yang dihasilkan adalah adanya QR code yang bisa dipindai/ scan menggunakan smartphone, hal tersebut yang menjadi poin pengembangan atau pembeda dari flash card pada umumnya. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alnajjar, M., & Brick, B. (2017). Utilizing computer-assisted vocabulary learning tools in English language teaching: Examining in-service teachers’ perceptions of the usability of digital flashcards. International Journal of Computer-Assisted Language Learning and Teaching, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.4018/IJCALLT.2017010101 Anshori, S. (n.d.). “Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya” Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. 9924, 88–100. Damayanti, E., & Yunus, S. R. (2016). Pengembangan Media Visual Flash Card pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya Development of Visual Media Flash Card at the Matter of Interaction between Living Things and Its Environment. V(2), 175–182. Dasar, J. P. (2017). Membangun Kembali Sikap Nasionalisme Bangsa Indonesia Dalam Menangkal Budaya Asing Di Era Globalisasi. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 65–72. Kurniawan, B. (2012). Ilmu Budaya Dasar. Tangerang Selatan. Kustandi, C. (2011). Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. citation: Merlinda, Merlinda dan Whindi Arini, Novanita (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Materi Indahnya Keragaman Budaya Indonesia Pada Mata Pelajaran IPS kelas IV di Cikiwul II. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14592/1/FKIP_PGSD_1601025085_MERLINDA.pdf