eprintid: 14591 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/45/91 datestamp: 2022-06-24 02:28:22 lastmod: 2022-06-24 02:28:22 status_changed: 2022-06-24 02:28:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ardiningrum, Artanti creators_name: Nurwahyuni, Nurwahyuni creators_id: ardiningrumartanti07@gmail.com creators_id: nurwahyuni@uhamka.ac.id title: Pengaruh Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Balaraja 1 Kabupaten Tangerang ispublished: pub subjects: L subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar Matematika dengan menggunakan media crossword puzzle pada siswa kelas IV SDN Balaraja 1 Kabupaten Tangerang pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 85 siswa, dengan sampel yang diteliti sebanyak 28 siswa kelas IV B (kelas eksperimen) dan 29 siswa kelas IV C (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen hasil belajar siswa menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda. Instrumen terlebih dahulu dilakukan uji coba kepada 30 siswa di SDN Saga VI. Uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 30 soal pilihan ganda dengan 19 soal valid dan 11 drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh Rhitung = 0,8806 > Rtabel = 0,361, maka data tersebut dinyatakan reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan, yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung 0,1474 < Ltabel 0,161, maka disimpulkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung 0,159 < Ltabel 0,161, maka disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,269 < Ftabel 1,88, maka disimpulkan bahwa sampel data tersebut homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 3,411 > 2,0053, maka disimpulkan Ho ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh media crossword puzzle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Balaraja 1 Kabupaten Tangerang. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, Dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Ayu, Shinta. (2014). Segudang Game Edukatif Mengajar. Jogjakarta: Diva Press. Dimyati, and Mudjiono. (2012). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hanief, Yulingga Nanda, and Wasis Himawanto. (2017). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish. Hidayat, Isnu. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta: Diva Press. Isrok’atun, and Amelia Rosmala. (2019). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara. Jalinus, Nizwardi, and Ambiyar. (2016). Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. El Khuluqo, Ihsana. (2017). Belajar Dan Pembelajaran: Konsep Dasar, Metode Dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Krissandi, Apri Damai Sagita, B. Widharyanto, and Rishe Purnama Dewi. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk SD (Pendekatan Dan Teknis). Bekasi: Media Maxima. Kusumawati, Naniek, and Endang Sri Maruti. (2019). Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Magetan: CV. AE Media Grafika. Mashuri, Sufri. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Sleman: Deepublish. Mirdanda, Arsyi. (2018). Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Pontianak: Yudha English Gallery. Noor, Juliansyah. (2017). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana. Parwati, Ni Nyoman, I. Putu Pasek Suryawan, and Ratih Ayu Apsari. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada. Prasetyono, Dwi Sunar. (2015). Buku Tutorial Game-Game Kecerdasan. Yogyakarta: Diva Press. Priatna, Nanang, and Ricki Yuliardi. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Guru SD Dan Calon Guru SD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Said, Alamsyah, and Andi Budimanjaya. (2016). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences: Mengajar Sesuai Kerja Otak Dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Kencana. Santrianawati. (2018). Media Dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish. Setyawan, Febri Endra Budi. (2017). Pedoman Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Sidoarjo: Zifatama Jawara. Silberman, Melvin L. (2016). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia. Sriyanti, Ika. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sumantri, Mohamad Syarif. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Sumardjan. (2017). Desain Pembelajaran MTK SD Menyenangkan. Semarang: Formaci Press. Sumiharsono, Rudy, and Hisbiyatul Hasanah. (2018). Media Pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abadi. Sundayana, Rostina. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta. Syafaruddin, Supiono, and Burhanuddin. (2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish. Unaradjan, Dominikus Dolet. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish. Yusuf, A. Muri. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana. citation: Ardiningrum, Artanti dan Nurwahyuni, Nurwahyuni (2020) Pengaruh Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Balaraja 1 Kabupaten Tangerang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14591/1/FKIP_PGSD_1601025070_ARTANTI%20ARDININGRUM.pdf