TY - THES Y1 - 2020/// A1 - Ardiningrum, Artanti A1 - Nurwahyuni, Nurwahyuni PB - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar Matematika dengan menggunakan media crossword puzzle pada siswa kelas IV SDN Balaraja 1 Kabupaten Tangerang pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 85 siswa, dengan sampel yang diteliti sebanyak 28 siswa kelas IV B (kelas eksperimen) dan 29 siswa kelas IV C (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen hasil belajar siswa menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda. Instrumen terlebih dahulu dilakukan uji coba kepada 30 siswa di SDN Saga VI. Uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 30 soal pilihan ganda dengan 19 soal valid dan 11 drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh Rhitung = 0,8806 > Rtabel = 0,361, maka data tersebut dinyatakan reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan, yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung 0,1474 < Ltabel 0,161, maka disimpulkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung 0,159 < Ltabel 0,161, maka disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,269 < Ftabel 1,88, maka disimpulkan bahwa sampel data tersebut homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 3,411 > 2,0053, maka disimpulkan Ho ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh media crossword puzzle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Balaraja 1 Kabupaten Tangerang. TI - Pengaruh Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Balaraja 1 Kabupaten Tangerang ID - repository14591 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14591/ AV - public M1 - bachelor ER -