eprintid: 14589 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/45/89 datestamp: 2022-06-16 08:47:08 lastmod: 2022-06-22 05:05:46 status_changed: 2022-06-16 08:47:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Handayani, Luluk Regita creators_name: Amaliyah, Nurrohmatul creators_id: lulukregitahandayani@gmail.com creators_id: nurramaliyah@uhamka.ac.id title: Pengaruh Teams Games Tournament Berbantuan Aplikasi “Quizizz” Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Cakung Barat 07 Jakarta Timur. ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan aplikasi “Quizizz” pada siswa kelas IV SDN Cakung Barat 07 Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent group posttest-only design. Sampel diambil menggunakan purposive sampling yang terdiri dari dua kelas. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Uji persyaratan menggunakan uji normalitas dengan rumus Chi-Kuadrat. Pada kelas eksperimen diperoleh Chi-kuadratHitung < Chi-kuadratTabel yaitu 5,502 < 7,815. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh 3,945 < 7,815 signifikan a = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel didapat 1,186 < 1.861, maka dapat disimpulkan bahwa sampel kedua kelas memiliki varians yang homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh nilai Thitung = 1,139 dan nilai ttabel = 2,002. Jika dibandingkan didapat nilai Thitung < Ttabel yaitu 1,139 < 2,002 dengan taraf signifikan a= = 0,05. Dengan demikian Ho diterima, yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan aplikasi “Quizizz” pada siswa kelas IV SDN Cakung Barat 07 Jakarta Timur date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Busro, M., & Siskandar. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Media Akademi. Erhamwilda. (2018). Psikologi Belajar Islami. Yogyakarta: Psikosain. Komalasari, K. (2017). Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). Bandung: PT. Refika Aditama. Kusdiwelirawan, A. (2017). Statistika Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Maskun, & Rachmedita, V. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Putaka Pelajar. Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Raja Grafindo. Sadia, I. W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press. Sarwono, J. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Edisi 2. Yogyakarta: Suluh Media. Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumantri, M. S. (2016). Model Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Depok: PT. Raja Grafindo Persada. Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group. Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Roskadarya. Taniredja, T. (2012). Model-Model Pembelajaran Inofatif. Bandung: Alfabeta. Thobroni, M. (2011). Belajar dan Pembelajaran (teori dan praktik). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana. Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. Widodo, S., & Utami, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara. Yuliardi, R., & Nuraeni, Z. (2017). Statistika Penelitian; Plus Tutorial SPSS. Yogyakarta: Innosain. Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana. Abdullah, A. (2018). Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 45–62. Ai, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tounamaent (TGT) Terhadap Hasil belajar Matematika. Jurnal SAP, 1(1), 45–53. Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6. Akhtar, H., Hasanati, N., & Istiqomah. (2019). Game-Based Learning: Teachers’ Attitude and Intention To Use Quizizz in the Learning Process. The 2nd International Conference on Educational Assessment and Policy, Iceap, 49–54. Apria, D. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantu Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV MIN 10 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Ardani, Ni Pt., Putra, I Kt. Adyana, Kristiantari, M. G. R. (2014). Pengaruh Model Kooperatif TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 134–140. Asmoro, Bayu Purbo; Mukti, F. D. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Contextual Teaching and Learning di Sekolah Dasar. Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 220–242. Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 1–5. Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Faricha, Z., & Huda, K. (2019). The Effectiveness of Using Teams Games Tournaments (TGT) in Teaching Reading of Narrative Text the Effectiveness of Using Teams Games Tournaments in Teaching Reading of Narrative Text. Journal of English Education and Technology, 01(01), 20–34. Fitriani, D., Milama, B., & Irwandi, D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Edusains, 9(2), 117–126. Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT ) Terhadap Motivasi Belajar IPA Di Kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249–263. Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. Hermayanti, P., Sumantri, M., & Sudarma, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 151–159. Ibrahim. (2017). Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Cooperatif (Make-a Match) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 199–212. Linda Kumala Sari, D. (2018). Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi Siswa Kelas IV SDN Lidah Kulon IV Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 693–702. Maulidina, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN Tegalgede 01 Jember. Universitas Jember. Merti, N. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Journal of Education Action Research, 4(3), 315–321. Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 1(1), 51–57. Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. Oktarina, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiah Islamiyah Cempaka Palembang. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39. Sakdiah, H., & Sasmita, P. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantukan Media PhET Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 65–70. Saputro, B. C. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Sifat-Sifat Cahaya Dengan Metode Inquiri Pada Kelas V Semester II SD Negeri Sumogawe 04. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(9), 925–937. Siregar, A., & Rahmah, E. (2016). Model Pop Up Book Keluarga Untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 5(1), 10–21. Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(02), 48–55. Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. White, H., & Sabarwal, S. (n.d.). Quasi-Experimental Design and Methods. 8. Wijaya, I. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar (SD) Melalui Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Wijaya, I Komang Wisnu Budi, 4(2), 147–154. Yanto, A. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). Zhao, F. (2019). Using Quizizz to Integrate Fun Multiplayer Activity in the Accounting Classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. citation: Handayani, Luluk Regita dan Amaliyah, Nurrohmatul (2020) Pengaruh Teams Games Tournament Berbantuan Aplikasi “Quizizz” Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Cakung Barat 07 Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14589/1/FKIP_PGSD_1601025051_LULUK%20REGITA%20HANDAYANI.pdf