eprintid: 14585 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/45/85 datestamp: 2022-06-16 06:52:59 lastmod: 2022-06-17 08:31:09 status_changed: 2022-06-16 06:52:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hanan, Nurdin creators_name: Zulherman, Zulherman creators_id: nurdinhanan15@gmail.com creators_id: zulherman@uhamka.ac.id title: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Sparkol Video Scribe Pada Materi Siklus Air ispublished: pub subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya proses pembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi sparkol video scribe pada materi Siklus Air pada kelas V. Tahap awal uji media dilakukan pada 4 orang ahli media, 4 orang ahli materi, 3 guru kelas dari 3 sekolah yang berbeda. Jumlah sampel penelitian ini berjumlah 74 orang peserta didik. Data yang diambil menggunakan kuesioner skala likert dengan nilai 1 sampai 5. Model pengembangan dari penelitian ini menggunakan model ADDIE, dengan tahapan sebagai berikut : Analisis, Desain, Pengembangan, Implentasi, Evaluasi. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan nilai (1) Rata-rata nilai uji ahli media sebesar (80%) termasuk criteria “valid”. (2) Rata-rata nilai uji ahli materi sebesar (70%) termasuk criteria “Valid”. (3) Rata-rata uji coba kelayakan produk oleh guru sebesar (86%) termasuk criteria “Sangat Baik”. Dan (4) Rata-rata hasil ujicoba produk media oleh peserta didik sebesar (78%) termasuk kriteria “Baik”. Kesimpulan dari hasil validasi oleh ahli media, ahli materi, uji kelayakan pada guru dan uji coba pada peserta didik bahwa media sparkol video scribe baik digunakan pada pembelajaran kurikulum 2013 kelas V Sekolah Dasar pada materi Siklus Air. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adam, steffi dan M. T. . (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal, 3 No 2(ISSN 2337-8794), 78–90. Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. Fitria, N., Lamada, M. S., & Bakri, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Berbasis Videografis SMPN 1 Limbong. Jurnal UNM, 1–22. Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PESTASI BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86. Hayati, D. K. (2017). Pengembangan Buku Ajar Konsep Dasar IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 151–167. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6824 Indiarti, S., & Arcana, I. N. (2019). Pengembangan Youtube Pembelajaran Kedudukan Garis Terhadap Lingkaran di SMA Menggunakan Videoscribe. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 125–134. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.4053 JANNAH, M., & JULIANTO, J. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 254798. KARO-KARO, I. R., & ROHANI. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM, 7(1), 91–95. Kholidin, & Hudaidah, S. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Program Video Scribe Sparkol Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Institusi, 06(12), 21. Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Kurnia, 1(1), 516–525. Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal p ada Pembelajaran I PA Kelas V d i Sekolah Dasar. Elementary Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153–166. Mahpudin. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 4 No.2 Edisi Juli 2018, 4(2), 1–3. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Marzuqi, A., & Sihkabuden. (2016). The Development Of Science Learning Module For Childrent With Hearing Impairment. Jurnal P3LB, 3(1), 72–76. Minarni. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Videoscribe Untuk Anak Kelas 2 Sekolah Dasar. 1–5. Sari, I. P. (2018). Implementasi Model Addie Dan Kompetensi Kewirausahaan Dosen Terhadap Motivasi Wirausaha Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(1), 83. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n1.p83-94 Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043 Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–112. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113 Yoyo Sudaryo, S. E., MM, A., Efi, N. A. S., R Adam Medidjati, S. E., & Hadiana, A. (2019). METODE PENELITIAN SURVEI ONLINE DENGAN GOOGLE FORMS. Penerbit Andi. citation: Hanan, Nurdin dan Zulherman, Zulherman (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Sparkol Video Scribe Pada Materi Siklus Air. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14585/1/FKIP_PGSD_1601029146_NURDIN%20HANAN.pdf