@phdthesis{repository14585, title = {Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Sparkol Video Scribe Pada Materi Siklus Air}, year = {2020}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya proses pembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi sparkol video scribe pada materi Siklus Air pada kelas V. Tahap awal uji media dilakukan pada 4 orang ahli media, 4 orang ahli materi, 3 guru kelas dari 3 sekolah yang berbeda. Jumlah sampel penelitian ini berjumlah 74 orang peserta didik. Data yang diambil menggunakan kuesioner skala likert dengan nilai 1 sampai 5. Model pengembangan dari penelitian ini menggunakan model ADDIE, dengan tahapan sebagai berikut : Analisis, Desain, Pengembangan, Implentasi, Evaluasi. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan nilai (1) Rata-rata nilai uji ahli media sebesar (80\%) termasuk criteria "valid". (2) Rata-rata nilai uji ahli materi sebesar (70\%) termasuk criteria "Valid". (3) Rata-rata uji coba kelayakan produk oleh guru sebesar (86\%) termasuk criteria "Sangat Baik". Dan (4) Rata-rata hasil ujicoba produk media oleh peserta didik sebesar (78\%) termasuk kriteria "Baik". Kesimpulan dari hasil validasi oleh ahli media, ahli materi, uji kelayakan pada guru dan uji coba pada peserta didik bahwa media sparkol video scribe baik digunakan pada pembelajaran kurikulum 2013 kelas V Sekolah Dasar pada materi Siklus Air.}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14585/}, author = {Hanan, Nurdin and Zulherman, Zulherman} }