%0 Thesis %9 Bachelor %A Wardany, Dewi Kusuma %A Chandrawaty, Chandrawaty %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:14582 %I Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka %T Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN SUKAMAJU 2 %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14582/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPS. dengan menggunakan model pembelajaran Word Square pada siswa kelas IV SDN SUKAMAJU 2 Depok pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 72 siswa yaitu siswa kelas 4A yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas 4B berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Sampel yang digunakan adalah sampel Jenuh (Sample Total). Pada Uji Validitas dengan menggunakan Product Moment sebanyak 50 soal pilihan ganda dengan 29 soal valid dan 21 soal drop. Sedangkan pada Uji Reliabilitas menggunakan rumus r11 memperoleh rhitung 0,855 > 0,312 rtabel maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data analisis Uji Prasyarat yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Normalitas test menggunakan Uji Liliefors. Pada kelas eksperimen diperoleh Lo(hitung) 0,0722<0,147 Ltabel Kelas kontrol diperoleh Lo (hitung) 0,0753<0,147 Ltabel, maka dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Sedangkan Uji Homogenitas dengan menggunakan Uji Fisher dari Hartley diperoleh Fhitung 2,41<4,12 Ftabel dengan taraf signifikasi a=0,05 dengan dk pembilang = 1 dan dk penyebut = 35 karena Fhitung1,996 ttabel pada taraf signifikasi a=0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN SUKAMAJU 2 Depok.