%T Hubungan Perhatian Orang Tua, Lingkungan Sekolah Dan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS Siswa di SMPN Kec Muara Beliti Kab. Musi Rawas Sumsel %L repository14581 %K perhatian orang tua, lingkungan sekolah, kemandirian belajar, prestasi belajar IPS %A Kris Suspon Rama %A Rahman Abd. A.Ghani %A Rudy Gunawan %X Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan, mengkaji, dan menganalisis adanya hubungan perhatian orang tua (X1), lingkungan sekolah (X2) dan kemandirian belajar (X3) dengan prestasi belajar IPS (Y). Hipotesis yang diuji adalah (1) Terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar IPS siswa di SMPN Kec. Muara Beliti Kab. Musi Rawas, SUMSEL. (2) Terdapat hubungan positif antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar IPS siswa di SMPN Kec. Muara Beliti Kab. Musi Rawas, SUMSEL. (3) Terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS siswa di SMPN Kec. Muara Beliti Kab. Musi Rawas, SUMSEL. (4) Terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua, lingkungan sekolah dan kemandirian belajar bersama-sama dengan prestasi belajar IPS siswa di SMPN Kec. Muara Beliti Kab. Musi Rawas, SUMSEL. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N di wilayah Kec. Muara Beliti Kab. Musi Rawas, SUMSEL tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 484 Siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara Cluster Sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 103 siswa dan untuk uji coba instrumen sebanyak 32 siswa. Teknik analisis data penelitian dapat dilihat sebagai berikut: (1) terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar IPS dengan persamaan regresi Yˆ= 50,951 + 0,239 X1. Koefisien korelasi (rxy) = 0,212, dan koefisien determinasi sebesar 0,045 atau 4,5% signifikan pada α = 0,05. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar IPS dengan persamaan regresi Yˆ = 53,072 + 0,225 X2. Koefisien korelasi (rxy) = 0,202, dan koefisien determinasi sebesar 0,041 atau 4,1% signifikan pada α = 0,05. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS dengan persamaan regresi Yˆ = 46,127 + 0,296 X3. Koefisien korelasi(rxy) = 0,251, dan koefisien determinasi sebesar 0,063 atau 6,3% signifikan pada α = 0,05. (4) Terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua (X1), lingkungan sekolah (X2) dan kemandirian belajar (X3) secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS (Y), persamaan regresi ganda Ŷ= 40,414 + 0,128 X1 + -0,184X₂ + 0,406 X3. Koefisien korelasi parsial koefisien korelasi ganda Ry.123 = 0,278 dan koefisien determinasi ganda (Ry.123) 2 = 0,077 atau 7,7% signifikan pada α = 0,05. Berdasarkan temuan ini dapat dijelaskan bahwa secara umum perhatian orang tua, lingkungan sekolah dan kemandirian belajar memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan prestasi belajar IPS. Maka dapat diambil makna, terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua, lingkungan sekolah, dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar IPS siswa di SMPN Kec. Muara Beliti sebesar (Ry.123) 2 = 0,077 atau 7,7% signifikan pada α = 0,05. %I UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA %D 2019