%V 4 %J Development of Adobe Flash CS6 Multimedia-Based Learning Media on Science Subjects Animal Breeding Materials %A Zulfadewina Zulfadewina %A Adi Sucipto %A Khairil Iba %A Zulherman Zulherman %T Development of Adobe Flash CS6 Multimedia-Based Learning Media on Science Subjects Animal Breeding Materials %I Jurnal Basicedu %L repository14543 %P 1308-1314 %X Pengajaran dalam masa pandemik merupakan sebuah tantangan di dalam dunia pendidikan, namun juga kesempatan untuk menciptakan sebuah inovasi dalam pendidikan juga. Untuk penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil pengembangan media pembelajaran pada materi perkembangbiakan hewan menggunakan Adobe Flash Professional CS6 mengetahui kelayakan media pembelajaran pada materi perkembangbiakan hewan menggunakan Adobe Flash Professional CS6 mengetahui responden peserta didik kelas V pada materi perkembangbiakan. Metode penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu borg and gall yang memiliki 10 tahap yaitu: penelitian pendahuluan/prasurvei, perencanaan penelitian, pengembangan model/produk awal uji ahli dan pelaksanaan uji coba lapangan awal, revisi hasil uji lapangan awal/terbatas, pelaksanaan uji lapangan utama, revisi hasil uji lapangan utama, uji kelayakan/uji lapangan operasional, revisi final hasil uji kelayakan, diseminasi dan implementasi produk akhir. Uji produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, serta guru dan peserta didik merupakan responden terhadap media yang dikembangkan. Media ini diuji cobakan kepada 10 siswa sebagai kelompok kecil dan 95 siswa dari 3 sekolah. Hasil penelitian menunjukan ahli materi dengan skor 89%, ahli media 78%, responden guru 90%, dan peserta didik 93%. Sehingga hasil penelitian ini memberikan makna senuah inovasi pembelajaran yang mendukung minat belajar siswa. %N 4