eprintid: 14490 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1733 dir: disk0/00/01/44/90 datestamp: 2022-06-02 08:39:20 lastmod: 2022-06-02 08:39:20 status_changed: 2022-06-02 08:39:20 type: article metadata_visibility: show creators_name: Zulfadewina, Zulfadewina creators_name: Iba, Khairil creators_name: Noviyanti, Iis creators_id: zulfadewina@uhamka.ac.id creators_id: khairil.dosen@gmail.com creators_id: iisnoviyanti87@gmail.com title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN PONDOK KOPI 07 PAGI JAKARTA TIMUR ispublished: pub subjects: LB1501 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran VAK pada peserta didik kelas IV SDN Pondok Kopi 07 pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental kategori The Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh.Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,94 > 0,374, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh kelas kontrol Lo < Lt yaitu 0,109 < 0,161, dan kelas eksperimen Lo < Lt yaitu 0,095 < 0,161, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,05 < 1,86, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,49 > 2,002. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi peserta didik kelas IV SDN Pondok Kopi 07 Kota Jakarta Timur.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi peserta didik kelas IV SDN Pondok Kopi 07 Kota Jakarta Timur. date: 2020 date_type: published publisher: Program Studi PGSD Universitas Majalengka official_url: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2392 full_text_status: public publication: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN PONDOK KOPI 07 PAGI JAKARTA TIMUR volume: 3 number: 2 refereed: TRUE issn: 2615-4625 citation: Zulfadewina, Zulfadewina dan Iba, Khairil dan Noviyanti, Iis (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN PONDOK KOPI 07 PAGI JAKARTA TIMUR. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN PONDOK KOPI 07 PAGI JAKARTA TIMUR, 3 (2). ISSN 2615-4625 document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14490/1/PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20VISUAL%2C%20AUDITORI%2C%20KINESTETIK%20%28VAK%29%20TERHADAP%20HASIL%20BELAJAR%20IPA%20PESERTA%20DIDIK%20KELAS%20IV%20DI%20SDN%20PONDOK%20KOPI%2007%20PAGI%20JAKARTA%20TIMUR.pdf