eprintid: 14388 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 2329 dir: disk0/00/01/43/88 datestamp: 2022-06-02 08:38:01 lastmod: 2022-06-24 03:29:33 status_changed: 2022-06-02 08:38:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratama, Sigit Widya creators_name: Suswandari, Suswandari creators_name: Bandarsyah, Desvian creators_id: suswandari@uhamka.ac.id creators_id: desvian_bandarsyah@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-3467-2262 title: Pembelajaran Sejarah Dalam Mengembangkan Nilai Karakter Peserta Didik di SMKN 46 Jakarta ispublished: pub subjects: LA divisions: 87201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMKN 46 Jakarta terkait dengan pengembangan nilai karakter. (2) Mengetahui bagaimana guru dalam mengintegrasikan nilai karakter dalam pembelajaran sejarah di SMKN 46 Jakarta. (3) Mengidentifikasi pemahaman guru mengenai nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran sejarah di SMKN 46 Jakarta. (4) Mengetahui bagaimana peserta didik dalam mewujudkan kesadaran nilai karakter melalui pembelajaran sejarah di SMKN 46 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Dimana peneliti akan mengamati serta menganalisis pengalaman dari informan yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru sejarah dan peserta didik di SMKN 46 Jakarta. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMKN 46 Jakarta dimulai dari kegiatan awal, kegiatan Inti, dan kegiatan penutup yang didalamnya terintegrasi dengan nilai-nilai karakter seperti nilai cinta tanah air, jujur, disiplin, toleransi, gemar membaca. (2) Integrasi nilai karakter pada pembelajaran sejarah dilakukan guru dimulai dari proses perencanaan, pelakasanaan, dan evaluasi yang mana penanaman nilai karakter telah terintegrasi ke dalam RPP dan Silabus yang ditanamkan kepada peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung. (3) Pemahaman guru yang telah memahami nilai karakter dengan baik tidak terdapat kesulitan dalam mengintegrasikan nilai karakter dalam pembelajaran di kelas. (4) Peserta didik dalam mewujudkan kesadaran nilai karakter melalui pembelajaran sejarah diwujudkan pada sikap perilaku peserta didik yang cinta tanah air, nasionalis, jujur, disiplin, toleransi, dan gemar membaca dimana tujuannya agar peserta didik nantinya dapat menjadi lebih baik di luar sekolah, di masyarakat, maupun di lingkungan keluarga dan tempat bekerja. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah dalam mengembangkan nilai karakter peserta didik di SMKN 46 Jakarta telah terlaksana dengan baik dalam kegiatan sekolah maupun kegiatan pembelajaran sejarah. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: other thesis_name: bphil referencetext: Buku Aisyah. (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Jakarta: Prenada. Aqib, Zaenal., Ahmad Amrullah. (2017). Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Gava Media. Ausop, Asep Zaenal. (2014). Islamic Character Building: Membangun Insan Kamil, Cendekia Berakhlak Mulia. Bandung: Salamadani. Barnawi,. Jajat Darojat. (2018). Penelitian Fenomenologi Pendidikan: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia. Budiawan (ed.). 2015. Sejarah dan Memori. Yogyakarta: Ombak. Ghony, Djunaedi., Fauzan Almanshur. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan karakter: konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta. Jonathan, Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakata: Graha Ilmu. Kesuma, Dharma., dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya. Kochhar. (2008). Pembelajaran Sejarah “Teaching of History” (terj: Drs. H. Purwanta,M.A., Yovita Hardiwati). Jakarta: PT Grasindo. Kuntowijoyo. 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana. Lickona, T., Schaps, E., Lewis, C. (2003) CEP’s Eleven principles of effective character education. Washington: Character Education Partnership. Manzilati, Asfi. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: UB Press. Miles, Matthew B., A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. (terj: Tjetjep Rohendi). Jakarta: UI Press. ___________________________________. (1994). Qualitative data analysis: an expanded sourcebook 2nd. California: SAGE Publications. 95 Moleong, Lexy J. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya. Pemerintah RI. (2010).Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025. Jakarta. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Putra, Nusa. (2013). Penelitian Kualitatif IPS. Bandung: Rosdakarya. Saifuddin, Azwar. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Shaleh, Nazili Ahmad. (2011). Pendidikan Dan Masyarakat. Yogyakarta: Sabda Media. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. ________. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tim Pustaka Merah Putih. (2007). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Guru dan Dosen.Yogyakarta. UHAMKA. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: FKIP UHAMKA. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional Wasino., Endah Sri Hartatik. (2018). Metode Penelitian Sejarah: Dari Riset Hingga Penulisan. Yogyakarta: Magnum. Wibowo, Agus. (2017). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wibowo, Agus. Sigit Purnama. (2013). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi: Membangun Karakter Ideal Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Permendiknas nomor 22 tahun 2006 96 Jurnal Alawiyah, Faridah. (2012). Kebijakan dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan di Indonesia. Jurnal Aspirasi. 3(1). 87- 101 Amiruddin. (2016). Peran Pendidikan Sejarah dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Indonesia. 2. 193-202 Azinar, Ahmad Tsabit. (2014). Kendala Guru dalam Internalisasi Nilai Karakter pada Pembelajaran Sejarah. Jurnal Khazanah Pendidikan. 7(1). Bandarsyah, Desvian. (2014). Aktualisasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah. Jurnal Socia Ilmu-ilmu Sosial. 11(2). 189-197. __________________. (2018). Mengembangkan Visi Guru Sebagai Pelaku Perubahan Dan Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi. 1(1). 9-20 Gunawan, Rudy. (2013). Pembelajaran Nilai-nilai Pahlawan Kemerdekaan Soekarno dalam Rangka Mengembalikan Karakter Bangsa. Jurnal Widya. 1(1). 1-6 Harinaredi. (2018). Pembentukan Karakter Kebangsaan Melalui Pembelajaran Sejarah dalam Pusaran Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi. 1(1). 317-326 Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Jurnal Paramita. 22(1). 81-95. Jumardi, Silvi Mei Pradita. (2017). Peranan Pelajaran Sejarah dalam Pengembangan Karakter Siswa melalui Pembelajaran berbasis Nilai Sejarah Lokal di SMA Negeri 65 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah. 6(2). 1-11 Koesoema, Doni Albertus. (2017). Potensi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pemelajaran Sejarah di Sekolah. Abad Jurnal Sejarah. 1(1). 80-92 Kurniawan, Hendra. (2013). Penanaman Karakter melalui Pembelajaran Sejarah dengan Paradigma Konstruktivistik dalam Kurikulum 2013. Jurnal Socia Ilmu-ilmu Sosial. 10(1). 35-44. Kurniawan, Wisnu Putut. (2018). Integrasi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Sejarah (studi kasus di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung). Jurnal Historia. 6(1). 45-56. Marzuki. (2012). Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter. 2(1). 33-44. 97 Najmi, Ranti. (2012). Pembelajaran Sejarah: Permasalahan dan Solusi. Jurnal Bakoba. 1(1). 39-45. Naredi, Hari. (2016). Membangun Karakter dan Jati diri Bangsa Indonesia Melalui Pendidikan Sejarah. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Indonesia. (2). 355-364 Rusdi, Muh, dkk. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMKN 4 Makassar. Jurnal Diskursus Islam. 5(3) Saepul, Milah Acep, dkk. (2019). Pemahaman Guru Sejarah terhadap Pemanfaatan Cagar Budaya sebagai Sumber Belajar di Kabupaten Cilacap. Jurnal Bihari: Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah. 2(1). 47-62 Sirnayatin , T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sap. 1(3). 312-321. Suswandari. (2010). Paradigma Pendidikan Sejarah dalam Menghadapi Tantangan Masa Depan. Jurnal Cakrawala Pendidikan. (1). 27-42. Sutarmi, dkk. (2016). Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter sebagai Landasan Wawasan Kebnagsaan di SMKN 1 Kendal Kabupaten Kendal. Jurnal Educational Social Studies. 5(2) Zahro, Mustika Zahroa, dkk. (2017). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica. 1(2252 - 4673). 1-11 Zusrotin. (2017). Implementasi Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pawiyatan. 24(2). 76-86 Makalah Fachrurozi, M. H. (2016). Pembelajaran Sejarah di SMK Dalam Konteks Globalisasi. Makalah Pendamping. Dalam: Seminar Nasional Pendidikan Sejarah di Universitas Negeri Yogyakarta. 19 Oktober. Suswandari. (2016). Pembelajaran Sejarah dalam Upaya Penguatan Karakter dan Identitas Bangsa. Makalah. Dalam Kuliah Umum Program Studi Pendidikan Sejarah di FKIP Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. 26 November Prosiding Ahyani, Nur. (2017). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah. Prosiding. Dalam: Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana di Universitas PGRI Palembang. 25 November. 98 Wurianto, Arif Budi. (2018). Pengembangan Pendidikan Vokasi bidang Sosio-Humaniora Menghadapi Revolusi Industri Era 4.0. Prosiding. Dalam: Seminar Nasional Vokasi Indonesia. E-Book Kemendikbud. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. [online], tersedia di https://issuu.com/bacanyok/docs/4_panduan_pelaks_pendidikan_karakter/7 [diakses pada 23 Maret 2019] Kemendikbud. (2018). Panduan Penilaian Hasil Belajar Dan Pengembangan Karakter Pada Sekolah Menengah Kejuaruan. [online]. Tersedia di https://doc-04-0k-docs.googleusercontent.com/docs/securesc/1it68kv415lnsmerdet77k1ffssif4h1/fdb3ol7huch55kem5rl41tv682v58fge/1564063200000/13321661552315907745/09931383460683602346/1weviKrf0tCnUZpdBWsSLOX3aQ8S2W7MR?e=download [diakses pada 15 Juli 2019] Internet https://republika.co.id/berita/koran/didaktika/14/11/11/nev4sd21-smk-wajib-belajar-sejarah di akses pada tanggal 23 April 2019 Pukul 19.00 WIB http://datapokok.ditpsmk.net/dashboard/kab?kode_prov=010000 di akses pada tanggal 14 Agustus 2019 pukul 02.30 WIB citation: Pratama, Sigit Widya dan Suswandari, Suswandari dan Bandarsyah, Desvian (2019) Pembelajaran Sejarah Dalam Mengembangkan Nilai Karakter Peserta Didik di SMKN 46 Jakarta. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14388/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1501075028_SIGIT%20WIDYA%20PRATAMA.pdf