eprintid: 14383 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 2329 dir: disk0/00/01/43/83 datestamp: 2022-06-02 08:37:50 lastmod: 2022-06-24 03:30:59 status_changed: 2022-06-02 08:37:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ramadhani, Nia creators_name: Gunawan, Rudy creators_name: Jumardi, Jumardi creators_id: rudy_gunawan@uhamka.ac.id creators_id: jumardi@uhamka.ac.id title: Penggunaan Media Pembelajaran Video untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah Kelas X di MA As Syafiiyah 02 Bekasi ispublished: pub subjects: LA divisions: 87201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemahaman pembelajaran sejarah pada media pembelajaran video pada peserta didik kelas X di MA As Syafiiyah 02 Bekasi. Metode ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang masing masing siklus berupa perencanaan pengamatan serta pelaksanaan. Pada siklus I peneliti menggunakan metode ceramah bervariatif dimana peserta didik tidak semangat dalam proses pembelajaran tersebut dikarenakan sangat membosankan. Hasil test yang di dapatkan saat metode ceramah bervariatif pun sangat tidak memuaskan pasalnya masih banyak peserta didik yang test nya tidak tuntas. Selanjutnya pada siklus II peneliti menggunakan media video sebagai media pembelajaran tersebut. Hasilnya pun para peserta didik sangat antusias dalam menonton video tersebut, bukan hanya antusias dalam menonton melaikan mereka aktif dalam proses pembelajaran tersebut seperti halnya jika tidak mengerti mereka bertanya kepada guru yang bersangkutan. Hasil test yang telah dikerjakan oleh peserta didik pun sangatlah memuaskan bahkan semua nya memiliki nilai diatas kkm. Pada kesimpulan tersebut dengan demikian terbukti media pembelajaran video pada mata pelajaran sejarah khususnya materi masuknya Islam ke Nusantara sangat berpengaruh pada pemahaman peserta didik kelas X di MA As Syafiiyah 02 Bekasi. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Buku Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Isjoni. (2006). Membangun visi bersama aspek penting dalam reformasi pendidikan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Iskandar, M. d. (2009). Orientasi Baru Supervisi Jakarta. Jakarta: Gaung Persada. Sugiyono. (2017). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta. Sujiono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. Sunaryo, W. K. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Raja Rosdakarya. Winkel. (2005). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama. Yudhi, M. (2010). Media Pembelajaran "Sebuah Pendekatan Baru" . Jakarta: Gaung Persada Press. Djaali, P. M. (2000). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PPS UNJ. 64 Jurnal Agustiningsih. (2015). video sebagai alternatif media pembelajaran dalam rangka mendukung keberhasilan penerapan kurikulum 2013 di sekolah dasar. Pancaran, 57. Alvionita, H. (2014). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Sejarah SMA di Kabupaten Semarang. Indonesian Jurnal of History Education, 32. Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 65 Cipayung, O. (2016). Pemanfaatan Video sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa . Jurnal Education Building, 89. Dedi Hamdani, E. K. (2012). Pengaruh Model pembelajaran Generatif dengan menggunakan alat peraga terhadap Pemahaman Konsep cahata. Jurnal Exacta, 82. Djaali, P. M. (2000). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PPS UNJ. Hadi, S. (2017). Efektivitas penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP&PDs , 97-99. Hasan, Q. A. (2012). Pengembangan Pembelajaran Operasi Pembagian dengan Menekankan Aspek Pemahaman. Prosiding Seminar Nasional Indonesia (pp. MP-702). Yogyakarta : UNPAR. Hasan, S. H. (2019). Pendidikan Sejarah Abad ke 21. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 62-63. Isjoni. (2006). Membangun visi bersama aspek penting dalam reformasi pendidikan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Iskandar, M. d. (2009). Orientasi Baru Supervisi Jakarta. Jakarta: Gaung Persada. Khoiri, M. (2014). Pemahaman Siswa pada Konsep Segiempat berdasarkan Teori Van Hicle. Prosiding Seminar Nasional Matematika (p. 256). Jember: Universitas jember. 66 Kurniawan, V. H. (2012). perilaku pemanfaatan media Internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran sosiologi di SMA. Jurnal Sosialitas, 2 (1) , 65. Kurniawan, V. H. (2012). perilaku pemanfaatan media Internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran sosiologi di SMA. Jurnal Sosialitas, 2 (1), 65. Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, 37 (1) , 27. Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, 37 (1), 27. Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reabilitas Suatu Instrumen Penelitian . Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6 (2) , 92-96. Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reabilitas Suatu Instrumen Penelitian . Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6 (2), 92-96. Mustika Zahro, S. M. (2017). The Implementation Of The Character Education in History Teaching. Jurnal Historica, 5-6. Natalia, P. (2015). Efektifitas penggunaan media pembelajaran congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3 (2) , 343. Natalia, P. (2015). Efektifitas penggunaan media pembelajaran congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3 (2), 343. Rita Mutia, A. A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia , 108-109. 67 Rosana, L. N. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berfikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 35-37. Sayono, J. (2013). Pembelajaran Sejarah di Sekolah : dari Pragmatis ke Idealis. Sejarah dan Budaya, 12-13. Sendi, H. d. (2015). Studi Komparasi Hasil Pembelajaran berbasis komputer menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw dengan metode konvensional. Jurnal penelitian Teknologi Komunikasi dan Informasi, 2 (2) , 17. Sendi, H. d. (2015). Studi Komparasi Hasil Pembelajaran berbasis komputer menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw dengan metode konvensional. Jurnal penelitian Teknologi Komunikasi dan Informasi, 2 (2), 17. Sugiyono. (2017). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta. Sujiono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. Sunaryo, W. K. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Raja Rosdakarya. Wawan, B. d. (2011). Studi perbandingan antara Model Pembelajaran berbasis Komputer dalam Meningkatkan Kemampuan berfikir matematis tingkat tinggi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Informasi, 2 (1) , 25. Wawan, B. d. (2011). Studi perbandingan antara Model Pembelajaran berbasis Komputer dalam Meningkatkan Kemampuan berfikir matematis tingkat tinggi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Informasi, 2 (1), 25. Winkel. (2005). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama. 68 Yudhi, M. (2010). Media Pembelajaran "Sebuah Pendekatan Baru" . Jakarta: Gaung Persada Press. citation: Ramadhani, Nia dan Gunawan, Rudy dan Jumardi, Jumardi (2019) Penggunaan Media Pembelajaran Video untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah Kelas X di MA As Syafiiyah 02 Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14383/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1501075018_NIA%20RAMADHANI.pdf