eprintid: 14377 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 2329 dir: disk0/00/01/43/77 datestamp: 2022-06-02 08:37:38 lastmod: 2022-06-24 03:34:35 status_changed: 2022-06-02 08:37:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Shaleh, Ismail creators_name: Gunawan, Rudy creators_name: Jumardi, Jumardi creators_id: rudy_gunawan@uhamka.ac.id creators_id: jumardi@uhamka.ac.id title: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Coomposition (CIRC) ispublished: pub subjects: LA divisions: 87201 abstract: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research). Dilaksanakan dengan kolaboratif antara peneliti, observer dan obyek yang diteliti.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-E SMP Negeri 20 Depok yang berlokasiJl. Martha Dinata 5, Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas Kota Depok, Jawa Barat 16434. dengan jumlah siswa 36 orang. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret sampaiApril 2019. Proses penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi dan refleksi. Pada setiap akhir siklus diadakan tes dengan instrumen yang telah di uji validasi, di uji reliabilitasnya dan uji analisis item tes. Nilai hasil belajar IPS siswa sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas adalah 54,7, tes hasil belajar setelah dilakukan penelitian siklus 1 mencapai 67,5 dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 22,2% dan siklus 2 mencapai 76,7 dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 97,2% dari jumlah siswa. Antusiasme siswa pada siklus 1 mengalami peningkatan dari 55,5% pada pertemuan ke-1 menjadi 57,64% pada pertemuan ke-2, dan pada siklus 2 terjadi peningkatan dari 79,53 pada pertemuan ke-1 menjadi 88,89 pada pertemuan ke-2. Aktivitas guru meningkat dari siklus 1 sampai siklus 2, terlihat guru sudah sangat memahami langkah-langkah pembelajaran. Kuesioner siswa terhadap penggunaan model pun meningkat dari siklus 1 sampai siklus 2 yang menunjukkan siswa setuju diterapkannya model tersebut. Kesimpulan penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di SMP Negeri 20 Depok. date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Dokumen Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta; Depdiknas, Ditjen Dikdasmen Undang-UndangRepublik Indonesia No. 22 Tahun 2006, Tentang Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta;Permendiknas b. Buku Budimansyah, Dasim. (2009). Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Fortofolio. PT. Genesindo, Bandung. Bobby De Porter dan Mike Hernacki. (2006). Quantum Learning. Bandung : PT Mizan Pustaka. Dahan, RatnaWilis. (2010). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga. Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT . Rineka Cipta. Dr. Gunawan, Rudy. M.Pd.(2016). Pendidikan IPS “Filosofi, Konsep, dan Aplikasi”.Alfabeta, Bandung. (Edisi Revisi) Dr. Sapriya, M.Ed, dkk., (2006). KonsepDasar IPS, Cet.1, (Bandung: UPI Press). 100 Etin Solihatin, dan Raharjo,(2008). Coopeative Learning ; Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta : Bumi Aksara,cet3. E. Mulyasa. Menjadi, (2009). Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. (Bandung:Remaja Rosda Karya). Hamalik, Oemar.(2011). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Tersito, Bandung. Hamzah B. Uno, (2008). TeoriMotivasidanPengukurannya: Analisis di BidangPendidikan. Jakarta: BumiAksara. Lie, Anita. (2008). Cooperative Learning “Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas”. Jakarta: PT. Grasindo. Makmun, Syamsudin Abin. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Muhartini, Sri. (2008). Dasar-Dasar Ekologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.(Terjemahan) MulyonoAbdurarahman, (2012). PendidikanBagiAnakBerkesulitanBelajar, (Jakarta: PT.RinekaCipta). Nana Sudjana, (2009). PenilaianHasil Proses BelajarMengajar. (Bandung :RemajaRosdaKarya). Nasution, S. (2011). ”Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar”. PT. Bumi Aksara, Bandung . 101 Purwanto, Ngalim M. (2017). Psikologi Kependidikan. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. Ruhimat, T. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. KURTEK UPI. Bandung. Sagala, syaful. (2010). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Alpabheta, Bandung. Sardiman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Slavin, Robert, E. (2007). Cooperative Learning. PT. Nusa Media: Bandung. Slavin, Robert, E. (2008). Cooperative Learning “Teori, Riset, dan Praktik”. PT. Nusa Media: Bandung. Sudjana, Nana. (2017). Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. SuharsimiArikunto, 2011. Dasar-dasarevaluasipendidikan (Jakarta:BumiAksara) cet ke-4. Sukarti. (2007). Belajar Pembelajaran. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, Bogor. 102 Suprijono, Agus. (2010). Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Somantri Muhammad Numan, (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Syah, Muhibbin . (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain.(2006).Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: PT.Rineka Cipta).cet.ke-2. Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. PT. Kencana Prenada Media Group, Jakarta. Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Persada Press . Utami, Ayu. (2003). Belajar. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia. Widodo, A. (2006). Taksonomi Bloom dan Pengembangan Butir Soal. Buletin Puspendik. Winkel, W.S. (2012). Psikologi Pendidikan. Media Abadi, Kalimantan. 103 c. Jurnal Kiah. (2018). Upaya Meningkatan Kemampuan Siswa Dalam Mendeskripsikan Perkembangan Kependudukan Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading An Composition (CIRC). Jurnal Wahana Pendidikan. Vol. 5. ISSN 2355-242 Mutiara, Eros. (2012). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Mata Pelajaran Ips-Sosiologi Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Cilimus. Jurnal Skripsi. Vol 7. No.1 d. Website Fogarty, R. (1991). Ten Ways to Integrated Curriculum http://ut.ac.id/html/suplemen/pgsd2305/page4.htm. di unduh pada tanggal 25 april 2019 Gagne, Biggs, dan Wagne. (2006). Pembelajaranhttp://zaifbio.wordpress.com/category/belajar-dan-pembelajaran. Di unduh pada tanggal 22 april 2019 citation: Shaleh, Ismail dan Gunawan, Rudy dan Jumardi, Jumardi (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Coomposition (CIRC). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14377/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1501075008_ISMAIL%20SHALEH.pdf