eprintid: 14373 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 2329 dir: disk0/00/01/43/73 datestamp: 2022-06-02 08:37:31 lastmod: 2022-06-24 03:25:39 status_changed: 2022-06-02 08:37:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nagara, Bunga Octaveanry creators_name: Qodariah, Lelly creators_name: Jumardi, Jumardi creators_id: lelly_qodariah@uhamka.ac.id creators_id: jumardi@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Di SMK Grafika Yasayan Lektur ispublished: pub subjects: LA divisions: 87201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMK Grafika Yayasan Lektur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Pada uji validitas instrumen menggunakan korelasi biserial dengan 25 butir soal pilihan ganda dengan 15 butir soal valid an 10 butir soal yang tidak valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran talking stick lebih tinggi daripada hasil belajar yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional, dari analisis data diperoleh rata-rata kelas eksperimen 87,16 dan kelas kontrol 66,85, (2) hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,107>2,002 pada taraf signifikan α=0,05. Hal tersebut berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMK Grafika Yayasan Lektur. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMK Grafika Yayasan Lektur date: 2019 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agung, L., Wahyuni, S. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak. Amir, A. (2016). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick. Jurnal Logaritma, 4(1), 1-16. Arianto, A., Iriani, T., Arthur, R. (2019). Hubungan Komunikasi Instruksional Dengan Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Di Smk Negeri 1 Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 8(1), 31-39. Creswell, J. (2009). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Distya, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas VII SMP N 1 Kandeman Hanafy, M.S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, 17(1), 66-79. Harapah, H.H., Panjaitan, A.M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Siswa Di Smp Negeri 11 Padangsidimpuan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 4(1), 10-18. Hartanto, S., Sriyani. (2016). Pengaruh Penerapan Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Batam. Jurnal Pythagoras, 5(1), 12-19. Imanita, M. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 45-54. Jamiah, R., Surya, E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Metode Math Magic Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasa Kubus Dan Balok Di Kelas V Sd Negeri 200211 Padang Sidimpuan. Jurnal Axiom, 5(2), 244-255. Jumardi. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar sejarah siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 1-12. Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah. Jurnal Dinamika Ilmu, 13(3), 17-38. Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana. 67 Lefudin. (2017). Belajar dan pembelajaran dilengkapi dengan model pembelajaran, strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran dan metode pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama. Lidia, W., Hairunisya, N., Sujai, I.S. (2018). Pengaruh model talking stick terhadap hasil belajar IPS. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 81- 87. Lisjayanti, N.P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus 4 Baturiti. E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). Mardiana, S., Arapu, L. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 15 Kendari Pada Materi Lingkaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3), 125-138. Matondang, Z. (2009) . Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 6(1), 87-97. Ngalimun. (2017). Strategi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu. Pane, A., Dasopang, M.D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu- Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. Purnomo, E. (2016). Dasar-Dasar dan Perancangan Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi. Puspitawangi, K.R., Wibawa, I.M.C,. Pudjwan, K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1-12. Putra, B. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divison (STAD) terhadap kompetensi belajar siswa ranah kognitif. Journal On Education, 1(4), 783-788. Putri, A.I.K.D., Prihandono. T., Putra, P.D.A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Disertai Metode Demonstrasi Berbantuan Media Kokami Mata Pelajaran IPA Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 321-328. Putri, S.R., Wahyuni, S., Suharso, P. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Edmodo Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pemasaran Di Smk Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 111-116. Ridia, R. (2016). Pembelajaran Menulis Puisi Lama Dan Puisi Baru Pada Siswa Kelas VII SMP Perintis 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. 68 Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Safitri, I., Ibrahim, M.M., Nursalam. (2018). Pengaruh Penerapan Model Talking Stick Dengan Bantuan Media Choose Number Terhadap Hasil Belajar Biologi Di Smp Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Biotik, 3(1), 131-144. Sayono, Joko. (2013). Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya, 7(1), 9-17. Siregar, S. (2015). Pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar dan aktivitas visual siswa pada konsep sistem indra. Jurnal Biotik, 3(2), 100-106. Sirnayatin, T.A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. Jurnal SAP, 1(3), 312-321. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. -----------. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. -----------. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sulastri., Imran., Firmansyah. A. (Tanpa Tahun). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 limbo makmur kecamatan bumi raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90-103. Sumantri, M.S. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers. Sunhaji. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I Mata Pelajaran Tematik Di MI Salafiyah Syafi’iyah II Klinterejo Nojokerto. Jurnal Program Studi PGMI, 3(2), 99-105. Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Suyanto. (2018). Penerapan model pembelajaran Snowball throwing berbantu media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi pesawat sederhana pada siswa kelas V SD 8 gondosari. Jurnal Prakarsa Pedagogi, 1(2), 196-204. 69 Tanjung, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Paramita, 25(2), 261-271. Utama, I.G.M.P., Dibia, I.K., Renda, T. (2019). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas V Semester II SD di Gugus I Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(1), 123-130. Wulandari, D.F. (2016). Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Boga Dasar Di SMKN 3 Magelang. Zahro, M., Sumardi., Marjono. (2017). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica, 1(1), 1-11. citation: Nagara, Bunga Octaveanry dan Qodariah, Lelly dan Jumardi, Jumardi (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Di SMK Grafika Yasayan Lektur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14373/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_1501075004_BUNGA%20OCTAVEANRY%20NAGARA.pdf