eprintid: 14370 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/43/70 datestamp: 2022-06-02 08:37:20 lastmod: 2022-06-17 06:41:19 status_changed: 2022-06-02 08:37:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rosmaya, Mita creators_name: Nuraini, Nuraini title: Profil Tingkat Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kabupaten Garut pada Masa Pandemi COVID-19 ispublished: pub subjects: BF divisions: 86201 abstract: Fenomena penyebab stres akademik di kalangan pelajar pada masa pandemi COVID-19 kini semakin banyak ditemukan. Hal tersebut dibuktikan dari sejumlah temuan fakta di lapangan yang mengindikasikan stres akademik pada diri siswa, diantaranya siswa mendapatkan beban tugas yang tinggi, kurangnya penjelasan guru mengenai materi pelajaran, tidak adanya interaksi dengan teman sebaya, serta tidak meratanya fasilitas jaringan internet di seluruh wilayah Indonesia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat stres akademik Siswa SMA Negeri di Kabupaten Garut pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini berjumlah 45.000 siswa, dengan jumlah sampel 269 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan total skor stres akademik sebesar 43.535 dengan rincian presentase kategorisasi tingkat stres akademik sebagai berikut: tinggi 13,0%, sedang 72,5%, dan rendah 14,5%. Sementara itu hasil perolehan data tingkat stres akademik yang ditinjau dari jenis kelamin menunjukkan kategori stres akademik pada siswa laki-laki sebesar: 13,0% tinggi, 72,5% sedang, dan 14,5 % rendah, pada siswa perempuan menunjukkan: 13,8% tinggi, 73,1% sedang, dan 13,1% rendah. Tingkat stres akademik ditinjau dari segi jurusan yakni sebagai berikut; pada siswa jurusan MIPA : 13,9% tinggi, 76,2% sedang, dan 9,8% rendah, sedangkan pada siswa jurusan IPS adalah: 12,2% tinggi, 70,1% sedang, dan 17,7% rendah. Dapat disimpulkan, hasil perolehan data stres akademik ditinjau dari jenis kelamin menunjukkan tingkat stres akademik pada kategori sedang yaitu 72,5% pada siswa laki-laki dan 73,1% pada siswa perempuan. Data stres akademik ditinjau dari jurusan menunjukkan tingkat stres akademik pada kategori sedang yaitu 76,2% pada jurusan MIPA, dan 70,1 % pada jurusan IPS. Implikasi penelitian berupa layanan informasi mengenai stres akademik yang dimuat dalam poster stres akademik siswa pada masa pandemi COVID-19, serta RPL format layanan klasikal dan bimbingan kelompok bagi sekolah-sekolah yang menjadi sampel dalam penelitian ini. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agnihotri, A. K. (2018). Stress and Students. United States: Lulu Publication. Aji, R,H,S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. Alamsyah, I. E. (2019, Agustus 4). Studi: Siswa Saat Ini Rentan Stres Akademik. Retrieved from Republika.co.id: https://republika.co.id/berita/pvo9sn349/studi-siswa-saat-ini-rentan-stres-akademik, diakses pada bulan Januari 2020. Allianz Indonesia. (2020). Yuk, Pahami Lebih Jelas Arti Pandemi pada Covid-19. Retrieved from Allianz Indonesia: https://www.allianz.co.id/explore/detail/yuk-pahami-lebih-jelas-arti-pandemi-pada-covid-19/101490, diakses pada tanggal 7 Juni 2020. Ardani, T. A., Rahayu, I. T., & Solichatun, Y. (2007). Psikologi Klinis. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Astuti, A. D., Taufik, & Ifdil. (2017). Stres Akademik Siswa yang akan Menghadapi Ujian Nasional berdasarkan Jenis Kelamin. In Ifdil, I., Bolo Rnagka,I, & Adiputra, S.(Eds). Seminar & Workshop Nasional Bimbingan dan Konseling: Jambore Konseling (pp. 190-195). Pontianak: Ikatan Konselor Indonesia. Azmy, A. N., Nurihsan, J. A., & Yudha, E. S. (2017). Deskripsi Gejala Stres Akademik dan Kecendrungan Pilihan Coping Siswa Berbakat. Indonesian Journal of Educational Counseling. Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Burhan, dkk, E. (2020). Pneumonia COVID-19, Diagnosis & Penata Laksanaan di Indonesia. Jakarta: Perhimpunan Dokter Paru Indonesia . Chaterine, R. N. (2020, Agustus 1). Komisioner KPAI Kritik Nadiem soal PPDB dan Pembelajaran Jarak Jauh. Retrieved from detiknews: https://m.detik.com/news/berita/d-5116581/komisioner-kpai-kritik- 94 nadiem-soal-ppdb-dan-pembelajaran-jarak-jauh, diakses pada 20 Juli 2020. Choi, C., Lee , J., Yoo, M. S., & Ko, E. (2019). South Korean Children's Academic Achievement and Subjective Well-being: The Mediation of Academic Stress and The Moderation of Perceived Fairness of Parents and Teachers. Children and Youth Services Review 100 , 22-30. Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, Mixed Methods. Los Angles, New Delhi, London, Washington DC: SAGE Publication Inc. Darmalia DJ, S. (2016). Perbedaan Penggunaan Strategi Coping pada Siswa Laki-laki dan Perempuan Kelas X di SMK Swadhipa 2 Natar Tahun Pelajaran 2014/2015 . Lampung: Universitas Lampung. Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdekarya. Dewi , D. S. (2020, April 15). Pandemi COVID-19 Bisa Ganggu Kesehatan Mental Anak, Apa Tandanya? Retrieved from Tirto.id: https://tirto.id/pandemi-covid-19-bisa-ganggu-kesehatan-mental-anak-apa-tandanya-eNd7, diakses pada 7 Juni 2020. Dunne, P. M., Sun, J., & Nguyen, D. N. (2010). The Influence of Educational Pressure on The Mental Helath of Adolescents in East Asia : Methods anda Tools for Research. Journal of Science Hue Universty 61. Indrawan, R., & Yaniawati, R. P. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangungan, dan Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama. Jauhari, P. M. (2019). Analisis Tingkat Stress Akademik pada Siswa IPA dan IPS di SMA Unggulan se-Kota Palembang. Palembang: Universitas Sriiwjaya. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019-2020). Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah . Lal, K. (2014). Academic Stress Among Adolescent In Relation To Intelligence And Demographic Factors. American International Journal of Research in Humanities, Arts and Social Sciences, 123-129. 95 Livana, P.H, Mubin, M.F, & Basthomi, Y. (2020). Tugas Pembelajaran” Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa. Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data. Depok: PT. Raja Grafindo Persada. Matud, M. P. (2004). Gender Differences in Stress and Coping Style. Personality and Individual Differences, 1401-1414. Moawad, R,A. (2020). Online Learning during the COVID- 19 Pandemic and Academic Stress in University Students. Revista Românească pentru Educaţie Multidimensională. Muhajirin. (2016). Perbedaan Tingkat Stres Pada Remaja Siswa Kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dengan Remaja Siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di SMA 3 Islam Sultan Agung Semaran. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung. Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana. Nurviasari, A, & Harsoyo, T.D. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19. Buku COVID-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif. Yogyakarta: MBridge Press. Oltmans, T. F., & Emery, R. E. (2013). Psikologi Abnormal. Edisi ke-7. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Permatasari , Y. D., & Utami, M. S. (2018). Koping Stres dan Stres pada Perawat di Rumah Sakit Jiwa "X" . Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 121-136. Prodjo, W. A. (2020, April 1). Belajar di Rumah, Ini 6 Tips Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Retrieved from Kompas.com: https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/01/160325671/belajar-di-rumah-ini-6-tips-menciptakan-suasana-belajar-yang-menyenangkan?page=all, diakasaes pada tanggal 23 Juli 2020. Purwati, S. (2012). Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Reguler Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia. 96 Reddy , K. J., Karishmarajanmenon , M., & Anjanathattil. (2018). Academic Stress and its Sources among University Students. Biomedical & Pharmacology Journal Vol. 11(1), 531-537. Rutiana, E. R., & Cahyati, W. H. (2012). Stress Kerja Dengan Pemilihan Strategi Coping. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 149-155. Santrock, J. W. (2002). Life Spain Development. Edisi Pertama. Jakarta: Erlangga. Sarita, & Sonia. (2015). Academic Stress among Students: Role and Responsibilities of Parents. International Journal of Applied Research 1(10), 385-388. Shahmohammadi, N. (2011). Students‟ coping with Stress at high school level particularly at 11th & 12th grade. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 395-401. Siregar, S. (2014). Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana. Susanti, R. (2019, November 4). Kasus Bunuh Diri di Kalangan Anak Muda Tinggi, Pahami Gejalanya. Retrieved from Kompas.com: https://lifestyle.kompas.com/read/2019/11/04/151927920/kasus-bunuh-diri-di-kalangan-anak-muda-tinggi-pahami-gejalanya?page=all, diakses pada bulan Januari 2020. Suseno , A., Hartati, S., & Astuti , T. P. (n.d.). Kecenderungan Perilaku Agresif Ditinjau Dari Stres Akademik Pada Siswa SMA Negeri 1 Pemalang. 1-10. Susilo , A., Rumende, C., Ceva , P. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan , . . . Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini/ Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia | Vol. 7, No. 1 , 45-67. Suwartono. (2014). Dasar-dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset ( Penerbit Andi). Taufik, Ifdil, & Zaidan, A. (2013). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Vol. 1. No. 2, 143-150. Tim Kerja Kementrian Dalam Negeri. (2020). Buku Pedoman Umum Menghadapi COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah/Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. Jakarta: Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. 97 Tirto.id. (2020, Mei 1). Survei: 64,3% dari 1.522 Orang & Depresi karena COVID-19. Retrieved from Tirto.id: https://tirto.id/survei-643-dari-1522-orang-cemas-depresi-karena-covid-19-fgPG, diakses pada tanggal 20 Juli 2020. Tribun Batam.id. (2020, Mei 29). Menilik Pandemi yang Tak Kunjung Usai, WHO Mewanti-wanti Adanya Gelombang Kedua Viru Corona. Retrieved from TribunBatam.id: https://batam.tribunnews.com/amp/2020/05/29/menilik-pandemi-yang-tak-kunjung-usai-who-mewanti-wanti-adanya-gelombang-kedua-virus-corona, diakses pada tanggal 20 Juli 2020. Ujian sekolah yang menimbulkan korban jiwa di berbagai negara dunia karena siswa yang 'stres'. (2019, Juli 19). Retrieved from BBC News: https://www.bbc.com/indonesia/majalah-49005368, di akases pada bulan Januari 2020. Waspada.co.id. (2020, April). Kak Seto Ungkap 3 Alasan Anak Jadi Stres di Rumah saat Pandemi Corona. Retrieved from https://waspada.co.id/2020/04/kak-seto-ungkap-3-alasan-anak-jadi-stres-di-rumah-saat-pandemi-corona/, diakses pada 15 April 2020. Wismabrata. Editor, M. H. (2019, Desember 11). Usai Curhat Pelajaran Terlalu Berat, Siswa SMA Ditemukan Tewas Gantung Diri. Retrieved from Kompas.com: https://regional.kompas.com/read/2019/12/11/17150061/usai-curhat-pelajaran-terlalu-berat-siswa-sma-ditemukan-tewas-gantung-diri-. World Organization Health. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19) Situation Report – 86. Jenewa, Swiss: WHO. Yunita, N. W. (2020, Maret 28). Peyebab, Asal Mula, dan Pencegahan Virus Corona di Indonesia. Retrieved from detiknews: https://m.detik.com/news/berita/d-4956764/penyebab-asal-muladan-pencegahan-virus-corona-di-Indonesia, diakses pada tanggal citation: Rosmaya, Mita dan Nuraini, Nuraini (2020) Profil Tingkat Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kabupaten Garut pada Masa Pandemi COVID-19. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14370/1/FKIP_BK_16010105096_MITA%20ROSMAYA.pdf