eprintid: 14363 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/43/63 datestamp: 2022-06-02 08:37:05 lastmod: 2022-06-17 04:37:50 status_changed: 2022-06-02 08:37:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nopitasari, Neni creators_name: Dasalinda, Dwi title: Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMPN 263 Jakarta ispublished: pub subjects: HM divisions: 86201 abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di lapangan sering dijumpai peserta didik yang mengalami kesulitan dalam interaksi sosial dikarenakan karakter peserta didik yang berbeda antara satu dengan lainnya. Bagi peserta didik yang kesulitan berinteraksi sosial cenderung memiliki sedikit teman. Interaksi sosial di sekolah sangat diperlukan, karena dengan berinteraksi peserta didik dapat saling bertukar informasi. Tingkat kepercayaan diri yang tinggi dapat memudahkan individu mengambil keputusan dan memudahkan individu untuk bergaul, membantu individu meraih sukses di sekolah dan di luar sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri dan interaksi sosial siswa Kelas VIII SMPN 263 Jakarta serta untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment serta pengambilan sampel sebanyak 125 dari 230 populasi menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan menggunakan rumus Yamane. Alat ukur yang digunakan yaitu skala Kepercayaan Diri yang berdasarkan teori Lauster dan skala Interaksi Sosial yang berdasarkan teori Soekanto. Dalam menganalisis data penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 20 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan tingkat kepercayaan diri siswa kelas VIII SMPN 263 Jakarta 0% dalam kategori rendah, 55,2% dalam kategori sedang dan 44,8% dalam kategori tinggi. Sedangkan untuk skala inteaksi sosial 0% dalam kategori rendah, 47,2% dalam kategori sedang dan 52,8% dalam kategori tinggi, dengan jumlah subjek 125 siswa Kelas VIII SMPN 263 Jakarta. Analisis korelasi dengan menggunakan rumus product moment pearson menunjukkan hubungan yang positif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial pada siswa Kelas VIII SMPN 263 Jakarta yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar rxy = 0,614 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan N = 125. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta Alwisol. 2015. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press Andayani Budi dan Tina Afiatin. 1996. Konsep Diri, Harga Diri, dan Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Psikologi, 2: 23-30 Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta Azwar, Saiffudin. 2013. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Diah Nuraeni. 2010. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas VII dan VIII di SLTPN 1 Lumbung Pasuruan. Skripsi. Fakultas Psikologi UIN Malang. Gerungan, W.A. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama Ghufron dkk. 2012. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media Hakim, Thursan. 2004. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Purwa Swara Hidayat Komarudin dan Khoirun Bashori. 2016. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga Hurlock, E.B. 2003. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga Lauster Peter. 2006. Tes Kepribadian. Jakarta: PT. Bumi Aksara Sarjono, dkk. 2011. “SPSS vs LISREL”. Sebuah Pengantar Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat Siska dkk. 2003. Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 2: 67-71 Siti Khadijah. 2010. Faktor Penyebab Kepercayaan Diri Rendah (Studi Kasus Siswa di SMPN 2 Lumbung Pasuruan). Skripsi. Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Soekanto, Soerjono. 2018. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajawali Pers Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Bandung: Alfabeta Sukardi. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara 74 UU No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan. Diunduh tanggal 14 September 2020 Wirawan Sarwono, Sarlito. 2017. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Press citation: Nopitasari, Neni dan Dasalinda, Dwi (2020) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMPN 263 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14363/1/FKIP_BK_1601015130_NENI%20NOPITASARI.pdf