%0 Thesis %9 Bachelor %A Putri, Fitria Febriany %A Wardhani, Chandra Dewi Sukma %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:14362 %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka %T Pengaruh Self Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14362/ %X Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya keyakinan diri yang rendah pada ketidakmampuan dalam mengerjakan tugas seringkali menyebabkan siswa menjadi malas berpikir dan tidak ada semangat dalam belajar, juga menjadikan siswa kurang termotivasi dalam menyelesaikan semua tugas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh self efficacy terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif. Sampel yang digunakan sebanyak 36 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional sampling. Data yang didapatkan dengan cara menyebarkan angket kepada responden yang menjadi sampel. Dalam penelitian ini rumus yang digunakan untuk mencari validitas yaitu dengan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Diperoleh nilai Alpha Cronbach’s motivasi belajar sebesar = 0,736 dan nilai Alpha Cronbach’s self efficacy sebesar = 0,810 Cronbach’s Alpha motivasi belajar dan self efficacy lebih besar dari rtabel 0,339 hasil instrumen dinyatakan reliabel dan layak pakai. Berdasarkan uji normalitas menggunakan uji Kolmogrov Smirnov diperoleh nilai Signifikansi (Sig) 0,200 > 0,05 dan nilai korelasi (R) sebesar 0,478 koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,228 (22,8%) mengandung pengertian pengaruh self efficacy terhadap motivasi belajar. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 3,170 dan ttabel sebesar 1,692 berarti thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan Ha diterima. Dapat disimpulkan hasil penelitian ini ada pengaruh self efficacy terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta.