eprintid: 14360 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/43/60 datestamp: 2022-06-02 08:37:00 lastmod: 2022-06-17 03:04:32 status_changed: 2022-06-02 08:37:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Al-Maulidah, Nur Rizqillah creators_name: Asni, Asni creators_id: asni@uhamka.ac.id title: Hubungan Stres Kerja Dengan Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Karawang ispublished: pub subjects: BF divisions: 86201 abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang umumnya sering dialami oleh guru Bimbingan dan Konseling bahwa terdapat guru bidang studi yang dialih fungsikan sebagai guru BK. Alokasi waktu, beban kerja, sarana dan prasarana, serta kurangnya dukungan dari stakeholder menjadi penyebab timbulnya permasalahan bagi guru BK, sehingga permasalahan tersebut dapat meningkatkan stres kerja di sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan stres kerja dengan kinerja guru Bimbingan dan Konseling di SMA/SMK/MA Se-Kabupaten karawang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif korelasional. Dengan populasi berjumlah 109 guru BK aktif termasuk anggota MGBK yang minimal bekerja selama 1 tahun di SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Karawang. Sampel penelitian berjumlah 86 guru BK. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Jenis instrumen berupa kuesioner yang telah diuji melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa stres kerja guru Bimbingan dan Konseling di SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Karawang berdasarkan golongan atau pangkat, jenis kelamin dan lama bekerja tergolong dalam kategori sedang. Hubungan stres kerja dengan kinerja guru Bimbingan dan Konseling di SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Karawang sebesar (32,5%) dalam kriteria sedang. Hasil pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t melalui analisis regresi linear sederhana, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05 dan hasil t hitung sebesar 6,364 > t tabel 1,663 maka HO ditolak atau Ha diterima, artinya terdapat pengaruh stres kerja terhadap kinerja guru Bimbingan dan Konseling di SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Karawang. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anoraga, P. (1992). Psikologi Kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta. Aufa, A. (2014). Upaya Prepentif Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Terjadinya Burnout. 11(1). Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Carnegie, D. (2014). Overcoming Worry And Stress: Menaklukan Kecemasan & Stres Untuk Hidup Lebih Bermakna. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Dewi, S., Siwabessy, L., & Setiawan, T. I. (2013). Profil Burnout Guru Smp Di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur Berdasarkan Faktor. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2). Gachara, E., & Wasanga, C. (2011). Kenyan Journal of Guidance , Counselling and Psychology. Guidance , Counselling and Psychology, 1(1), 21. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Handoko, H. (2001). Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. Hawari, D. (2001). Manajemen Stres Cemas dan Depresi. Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Hidayat, A. (2010). Uji Persyaratan Analisis. Bandung: Rineka Cipta. Lubis, L. (2011). Landasan Formal Bimbingan dan Konseling di Indonesia. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis. Mahanggi, D. R. A., Nusantoro, E., & Kurniawan, K. (2014). Kebijakan Kepala Sekolah Terhadap Pelayanan Bimbingan Konseling Di Sma Negeri Se-Kabupaten Purbalingga. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3(1), 49–56. Mangkunegara, A. A. A. P. (2005). Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: PT Refika Aditama. Mangkunegara, A. A. A. P. (2012). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama. Moeheriono, moeheriono. (2012). Pengukuran Kerja Berbasis Kompetensi. 138 Jakarta: Raja Grafindo Persada. Nasrum, A. (2019). Pengaruh Stres Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 18 Gowa. Nursalim, M. (2015). Pengembangan Prfofesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Erlangga. Permendiknas dan BAKN. (2010). Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya. Priyono, P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama. Rasmun, R. (2004). Stres, Koping dan Adaptasi. Jakarta: CV. Sagung Sego. Robbins, S. P. (1996). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer. Robbins, S. P. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat. Rusdiana, A., & Heryati, Y. (2015). Pendidikan Profesi Keguruan. Bandung: Pustaka Setia. Rusman, R. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sandra, R., & Ifdil, I. (2015). Konsep Stres Kerja Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Educatio, 1, 80–85. Sanusi, A. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat. Sugiyono, S. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sugiyono, S., & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Bandung: CV. Alfabeta. Supardi, S. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sutirna, S. (2019). Layanan Bimbingan Dan Konseling: Bagi Guru Mata Pelajaran. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 5(1), 6. https://doi.org/10.31602/jbkr.v5i1.1762 Suwarto, S. (1999). Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Szefczyk-polowczyk, L., & Zygmunt, A. (2015). Stress in the teaching profession. 5(6), 191–210. https://doi.org/10.5281/zenodo.18491 UURI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 139 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004 Waluyo, M. (2013). Psikologi Industri. Jakarta: Akademia Permata. Wijono, S. (2010). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. Wirawan, W. (2012). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat. citation: Al-Maulidah, Nur Rizqillah dan Asni, Asni (2020) Hubungan Stres Kerja Dengan Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Karawang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14360/1/FKIP_BK_1601015116_NUR%20RIZQILLAH%20AL-MAULIDAH.pdf