TY - THES N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang umumnya sering dialami oleh guru Bimbingan dan Konseling bahwa terdapat guru bidang studi yang dialih fungsikan sebagai guru BK. Alokasi waktu, beban kerja, sarana dan prasarana, serta kurangnya dukungan dari stakeholder menjadi penyebab timbulnya permasalahan bagi guru BK, sehingga permasalahan tersebut dapat meningkatkan stres kerja di sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan stres kerja dengan kinerja guru Bimbingan dan Konseling di SMA/SMK/MA Se-Kabupaten karawang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif korelasional. Dengan populasi berjumlah 109 guru BK aktif termasuk anggota MGBK yang minimal bekerja selama 1 tahun di SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Karawang. Sampel penelitian berjumlah 86 guru BK. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Jenis instrumen berupa kuesioner yang telah diuji melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa stres kerja guru Bimbingan dan Konseling di SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Karawang berdasarkan golongan atau pangkat, jenis kelamin dan lama bekerja tergolong dalam kategori sedang. Hubungan stres kerja dengan kinerja guru Bimbingan dan Konseling di SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Karawang sebesar (32,5%) dalam kriteria sedang. Hasil pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t melalui analisis regresi linear sederhana, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05 dan hasil t hitung sebesar 6,364 > t tabel 1,663 maka HO ditolak atau Ha diterima, artinya terdapat pengaruh stres kerja terhadap kinerja guru Bimbingan dan Konseling di SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Karawang. ID - repository14360 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14360/ A1 - Al-Maulidah, Nur Rizqillah A1 - Asni, Asni Y1 - 2020/// M1 - bachelor TI - Hubungan Stres Kerja Dengan Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Karawang AV - public PB - Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka ER -