eprintid: 14356 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/43/56 datestamp: 2022-06-02 08:36:54 lastmod: 2022-06-17 04:21:39 status_changed: 2022-06-02 08:36:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Khotimah, Atin Nur creators_name: Asni, Asni creators_id: asni@uhamka.ac.id title: Manajemen Stres Mahasiswa BK FKIP UHAMKA Pada Masa Pandemi Covid-19 ispublished: pub subjects: BF divisions: 86201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan tingkat manajemen stres mahasiswa BK UHAMKA di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif BK UHAMKA tahun angkatan 2016-2020 yang berjumlah 584 mahasiswa. Sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling, dimana setiap angkatan dapat mewakili, dengan ukuran sampel menggunakan rumus Yamane. Sampel penelitiannya adalah 237 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan skala Manajemen Stres berdasarkan aspek Manajemen waktu, Membangun Sikap Optimis, Mengatur Aktivitas Secara Bijak, Menghindari Kebiasaan Menunda, serta Menjalin Komunikasi yang harmonis. Pada uji validitas dengan menggunakan product moment terdapat 60 item pernyataan yang terdiri dari 30 item positif dan 30 item negatif. Terdapat 14 item yang dinyatakan tidak valid dantaranya 12 item positif dan 2 item negaif, sehingga terdapat 46 item yang dinyatakan valid. Pada uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach rhitung>0,6 yaitu 0,948>0,6, maka data tersebut reliabel. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus kategorisasi berdasarkan distribusi normal. Hasil penelitian menunjukan 16,0% atau 38 mahasiswa BK memiliki manajemen stres tinggi, 69,6% atau 165 mahasiswa BK memiliki manajemen tsres sedang, dan 14,3% atau 34 mahasiswa BK memiliki manajemen stres rendah. Sehingga dengan demikian, mahasiswa BK FKIP UHAMKA cendeung memiliki manajemen stres yang sedang. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT RINEKA CIPTA. Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Belajar. Baskara, B. (2020, April). Rangkaian Peristiwa Pertama Covid-19. Kompas. Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan (R. M. Sijabat (ed.); kelima). Erlangga. Irawan, S. (2002). Metode Penelitian Sosial. Rosdakarya. Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Education, Psychology and Counseling Journal, Volume 2(April), 2716–4446. Rasmun. (2004). stres, koping, dan adaptasi (pertama). CV. Sagung Seto. Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi (D. Sunardi (ed.); 12th ed.). Salemba Empat. Rohim, R. (2016). HUBUNGAN ANTARA SPIRITUALITAS DAN MANAJEMEN STRES PADA INDIVIDU PARUH BAYA. Saputra, S. D. (2016). PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP MANAJEMEN STRES PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 KASIHAN. In IOSR Journal of Economics and Finance (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666 Sarastika, P. (2014). Manajemen Pikiran untuk Mengatasi Stres Depresi Kemarahan & Kecemasan (Rmomandhon MK (ed.)). Araska. Segarahayu, R. D. (2014). Pengaruh manajemen stres terhadap penurunan tingkat stres pada narapidana di lpw malang. 1–16. http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelDEB288149FBAA98C9CB27EB18035D95A.pdf Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. PT Bumi Aksara. Sugianto, D. (2020, June). Begini Dahsyatnya Efek Corona ke Ekonomi. Detik Finance. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. 57 Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314 Wahyuningtiyas, E. P., Fasikhah, S. S., & Amalia, S. (2019). Hubungan Manajemen Stres Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(1). https://doi.org/10.24036/rapun.v10i1.105006 Waluyo, M. (2013). psikologi industri (Y. Acitra (ed.)). indeks. Wijayanti, N. (2013). STRATEGI COPING MENGHADAPI STRES DALAM PENYUSUNAN TUGAS AKHIR SKRIPSI PADA MAHASISWA PROGRAM S1 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. https://core.ac.uk/download/pdf/33513483.pdf citation: Khotimah, Atin Nur dan Asni, Asni (2020) Manajemen Stres Mahasiswa BK FKIP UHAMKA Pada Masa Pandemi Covid-19. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14356/1/FKIP_BK_1601015112_ATIN%20NUR%20KHOTIMAH.pdf