eprintid: 14343 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/43/43 datestamp: 2022-06-02 08:36:24 lastmod: 2022-06-17 06:58:57 status_changed: 2022-06-02 08:36:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Uljannah, Vina creators_name: Wardhani, Chandra Dewi Sukma title: Pengaruh Self Efficacy Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta ispublished: pub subjects: BF divisions: 86201 abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena yang terjadi pada saat ini, terdapat pada siswa jenjang Sekolah Menegah Atas yang cendurung memiliki self efficacy rendah yaitu kurangnya keyakinan pada kemampuan individu dalam berkomunikasi maka dari itu siswa memiliki kesulitan untuk terbuka satu dengan lainnya, serta siswa sulit untuk bertukar pengalaman, bertukar gagasan serta mengerim dan menerima informasi dengan baik. Penemuan peneliti dilapangan tentang self efficacy dan komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMA Negeri 105 Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh self efficacy terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis kuantitatif asosiatif . Populasi penelitian berjumlah 144 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta. Sampel penelitian sebesar 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling dengan model simple random sampling, jenis instrumen berupa angket. Hasil olahan data menunjukan bahwa self efficacy diperoleh total skor sebesar 2675 dalam kategori tinggi dengan rincian tingkat presentase: tinggi sebesar 19,4%, sedang sebesar 61,1%, dan rendah sebesar 19,4%. Hasil komunikasi interpersonal diperoleh total skor sebesar 2762 dalam kategori tinggi dengan rincian tingkat persentase: tinggi sebesar 41,7%, sedang sebesar 38,9%, dan rendah sebesar 19,4%. Dapat disimpulkan bahwa self efficacy Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta dalam kategori sedang sebesar 61,1%, sedangkan komunikasi interpersonal Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta dalam kategori tinggi sebesar 41,7% dan pengaruh self efficacy terhadap komunikasi interpersonal Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta sebesar 11,4% dalam kategori rendah. Hasil pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji- t dan diperoleh hasil thitung sebesar 2,091% dan ttabel sebesar 1,692%, berarti thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan Hipotesis alternative (Ha) menyatakan bahwa ada pengaruh self efficacy terhadap komunikasi intrpersonal siswa kelas XI MIPA SMA 105 Negeri Jakarta. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: A.W, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Graha Ilmu: Yogyakarta. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.(hal. 196). Jakarta: Rineka Cipta. Bandura, A. 1997. Self Efficacy: The Exercise Of Control. W.H Freeman: New York. Gufron, M. N. & Risnawati, R. 2010. Teori-teori Psikologi. Ar-Ruzza Media: Yogyakarta. Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan Anak Jilid 2.Erlangga: Jakarta. Joseph A Devito. 1989. The Interpersonal Communication Book. Profesional Books. Jakarta. Liliweri, Alo. 1997. Komunikasi Antarpribadi. Citra Aditya Bakti: Bandung. Ormrod, J. 2009. Psikologi Pendidikan. Erlangga: Jakarta Rakhmat, Jalaliddin. 2011. Psikologi Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya: Bandung. Riduwan, M. A. (2009). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Penelitian pemula Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2016). MetodePeneitianKuantitatif, Kualitatif, R & D.Bandung :Alfabeta. *Jurnal* Charistiani, Lydia. 2017. Deskripsi Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Santo Aloysius Turi Tahhun Ajaran 2016/2017 dan Implikasinya Terhadap Usulan Topik-topik Bimbingan Pribadi – Sosial [SKRIPSI]. Yogyakarta : Universitas Santa Dharm. Wahyu Utami, Putri. 2015. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Kelas IIB SDIT Lukman Alhakim Internasional Banguntapan Bantul Yogyakarta. 89 Patrina, Eva. 2014. Komunikasi Interpersonal yang Berlangsung Antara Pembimbing Kemasyarakatan dan Keluarga Anak Pelaku Pidana di Bapas Surakarta, No. 2 Vol.5. Yazinta Sari, Ovi. Hubungan Komunikasi Kepala Sekolah dan Guru Dengan Kinerja Guru di SMK Hamong Putera 1 Pake citation: Uljannah, Vina dan Wardhani, Chandra Dewi Sukma (2020) Pengaruh Self Efficacy Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14343/1/FKIP_BK_1601015086_VINA%20ULJANNAH.pdf