eprintid: 14341 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/43/41 datestamp: 2022-06-02 08:36:19 lastmod: 2022-06-17 03:58:20 status_changed: 2022-06-02 08:36:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amalia, Rahmi creators_name: Nuraini, Nuraini title: Perbedaan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X MIPA dan IPS di SMA Negeri 14 Tangerang ispublished: pub subjects: L divisions: 86201 abstract: Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pandangan lingkungan sekolah dan masyarakat tentang pemahaman komunikasi interpersonal yang dimiliki Peserta Didik SMA pada jurusan MIPA dan IPS. Mereka beranggapan bahwa Peserta Didik jurusan IPS memiliki komunikasi interpersonal yang tinggi dibandingkan Peserta Didik jurusan MIPA. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan komunikasi interpersonal Peserta Didik kelas X MIPA dan IPS di SMA Negeri 14 Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif. Populasi penelitian peserta didik kelas X sebanyak 324. Sampel sebanyak 20% dari banyaknya populasi yaitu sejumlah 64 sampel yang masing-masing jurusan mendapatkan 32 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Berdasarkan hasil perhitungan data dalam penelitian ini uji normalitas dalam kondisi normal dan uji homogenitas dalam homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan t-test dengan perolehan thitung sebesar -0,39 dan ttabel sebesar 2,042 sehingga thitung < ttabel. Oleh karena itu hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak adanya perbedaan komunikasi interpersonal yang signifikan antara peserta didik jurusan MIPA dan IPS kelas X di SMA Negeri 14 Tangerang. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agus M. Hardjana. 2003. Komunikasi intrapersonal & Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Penerbit Kanisius Alit, Made. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. Bandung : PPPPTKIPA. Amin. 2012. Peranan Pembelajaran IPS dalam Menumbuhkan Social Skill dikalangan Para Siswa. Bekasi : E-Jurnal Ilmiah UNISMA Arifin, Yanuar. 2011. 100% bisa Selalu Berpikir Positif. Jogjakarta:DIVA Press Arikunto Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta. . 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 17. Jakarta : Asdi Mahasarya. . 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Aw Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal.Yogyakarta : Graha Ilmu. Devito A. Joseph. 1997. Komunikasi Antar Manusia Kuliah Dasar (Edisi Kelima). Jakarta : Profesional Book. Djojosudiro, Wasih, 2014. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Surabaya : Jurnal Ilmiah UNESA Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Effendy Onong. 1994. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Hikmat M. Mahi. 2011. Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta : Graha Ilmu. Kelana Narwan (2019). Benarkah Anak IPA Lebih Stres dari Anak IPS ? Ini Kata Psikolog. Diambil 05 September 2020, dari laman https : // siedoo. com /berita-17693-benarkah-anak-ipa-lebih-stres-dari-anak-ips-ini-kata-psikolog/ Komalasari Ganita.dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta Barat : PT Indeks. Kusdiwelirawan. 2014. Statistika Pendidikan. Jakarta : UHAMKA PRESS. Nelson Richard. 2011. Teori dan Praktik Konseling dan Terapi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Mardalis. 1990. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : Bumi Aksara. Marfuah. 2017. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26 (1), 155-156. Martono Nanang. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Muhammad Arni. 2005. Komunikasi Organisasi. Jakarta : Bumi Aksara. Noor, Juliansyah. 2015. Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta : Prenadamedia Group. Prasetyo Bambang & Miftahul jannah Lina. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta : Rajawali Pers. Riduwan. 2013. Metode Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta. . 2014. Pengantar Statistik Sosial. Bandung : Alfabeta Siregar Syofian. 2014. Statistika deskriptif untuk Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers. Soerjono Soekanto. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta. PT : Raja Grafindo Persada. Sukmadinata Nana. 2010. Metodologi penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Suryabrata Sumardi. 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers. Syafaruddin dkk. 2019. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Telaah Konsep, Teori dan Praktik. Medan. : Perdana Publishing. Yusuf Munir. A. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungna. Jakarta : kencana. Walgito Bimo. 2003. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset. citation: Amalia, Rahmi dan Nuraini, Nuraini (2020) Perbedaan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X MIPA dan IPS di SMA Negeri 14 Tangerang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14341/1/FKIP_BK_1601015081_RAHMI%20AMALIA.pdf