eprintid: 14334 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/43/34 datestamp: 2022-06-02 08:36:03 lastmod: 2022-06-17 07:10:43 status_changed: 2022-06-02 08:36:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Winarsih, Dwi Rahmi creators_name: Marsinun, Rahmiwati creators_id: rahmiwatimarsinun@gmail.com title: Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Kontrol Diri Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar UHAMKA 2017 ispublished: pub subjects: BF divisions: 86201 abstract: Mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik saat tugas yang diberikan sulit, menganggap belum dateline, menganggap bisa mengerjakan dengan cepat. Kenyatannya mahasiswa menunda-nunda tugas dengan melakukan aktifitas lain hal tersebut dipengaruhi oleh kontrol diri. Kontrol diri yang rendah mengakibatkan prokrastinasi akademik yang tinggi dan sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan prokrastinasi akademik dengan kontrol diri. Metode penelitian ini kuantitatif asosiatif. Populasi berjumlah 300 mahasiswa. Sampel berjumlah 75 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling dengan model simple random sampling. Jenis instrumen berupa skala angket. Hasil olahan data menunjukan bahwa prokrastinasi akademik mahasiswa dalam kategori sedang yaitu sebanyak 71 mahasiswa dan sebesar 93,7%, lalu hasil dari olahan data kontrol diri dalam kategori sedang yaitu sebanyak 43 siswa dan sebesar 57,3%. Terdapat hubungan negatif antara prokrastinasi akademik dengan kontrol diri dengan tingkat hubungan sedang artinya semakin tinggi tingkat prokrastinasi akademiknya, maka semakin rendah kontrol dirinya dan diketahui nilai koefisien korelasi sebesar -0,475 serta nilai signifikasnsi kedua variable 0,000 <0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto,S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. A. Said Hasan Basri (2017) Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Religiusitas. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam Vol. 14, No. 2, Desember 2017 Azwar, Saifuddin. (2001). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Azwar. Calhoun, F. & Acocella, Joan Ross. (1990). Psikologi Tentang Penyesuaian Hubungan Kemanusiaan. (Edisiketiga). Semarang: Ikip SemarangPress. Ferrari, JR; Johnson, Jl & McCown, WG. (1995). Procrastination and Task Avoidance: Theory, Reserch and Treatment. New York: Plenum Press. Galih Fajar Fadillah. (2013:17) Upaya Meningkatkan Pengendalian Diri Penerima Manfaat Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Balai Rehabilitasi Mandiri Semarang. Skripsi. Tidak Diterbitkan Ghufron, M. N, Rini Risnawita S (2017). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Ghaisany Shabrina,Sunawan, dan Catharina Tri Ani. (2019) Dampak Optimisme dan Kontrol Diri dengan Coping Stress terhadap Tuntutan Akademik pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Unnes. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 8(1) (2019) 19-25 Jajang Irfan Apriyana, (2015) Pengaruh Penerapan Model Teaching Personal And Social Responsibility Dan Model Direct Instruction Terhadap Pengembangan Konsep Diri Siswa Dalam Pembelajaran Penjas. Skripsi .Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu Lilik Sriyanti. (2012) Pembentukan Self Control dalam Perspektif Nilai Multikultural. MUDARRISA, Vol.4, No.1, Juni 201 Muhid, A. (2009). Hubungan Antara Self - Control dan Self – Efficacy Dengan Kecenderungan Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. 83 Jurnal Ilmu Dakwah. Vol,18. http://www.library gunadarma.com. Diunduh tgl 16 Juni 2010. Solomon, L.J & Rothblum, E.D.1984. Academic Procrastination: Frequency and Cognitive Behavioral Correlates. Journal of Counseling Psychology. (Online), vol. 31, No.4, 503-509. (www.researchgate.net., diakses 5 Agustus 2020). Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta Syarifan Nurjan(2019). Analisis Teoritik Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman. Vol. 10 No. 01 Januari-Juni 2020 Ramadona Dwi Marsela. 20191. Kontrol Diri : Definisi dan Faktor . Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research (2019), 3(2), pp. 65-69 Samuel Zwageri (2018). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Yang Bermain Online Game. Skripsi. Tidak diterbitkan Wahidah Fitriani.( 2015) . Pengaruh Perfectionisme, Self Efficacy Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Disertasi. Tidak diterbitkan. Pascasarjana. Psikologi Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Malang citation: Winarsih, Dwi Rahmi dan Marsinun, Rahmiwati (2020) Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Kontrol Diri Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar UHAMKA 2017. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14334/1/FKIP_BK_1601015071_DWI%20RAHMI%20WINARSIH.pdf