eprintid: 14332 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/43/32 datestamp: 2022-06-02 08:36:01 lastmod: 2022-06-17 03:25:32 status_changed: 2022-06-02 08:36:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Damayanti, Lilis creators_name: Wardhani, Chandra Dewi Sukma title: Pengaruh Self efficacy Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta ispublished: pub subjects: BF divisions: 86201 abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena persepsi dan keyakinan diri siswa SMA Negeri 105 Jakarta yang rendah pada ketidakmampuan dalam menyelesaikan tugas seringkali membuat siswa melakukan perilaku prokrastinasi akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh self efficacy terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis kuantitatif asosiatif. Populasi penelitian berjumlah 144 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta. Sampel penelitian sebesar 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik non random sampling dengan model propotional sampling. Jenis instrumen berupa angket. Hasil olahan data menunjukkan bahwa self efficacy diperoleh total skor sebesar 2675 dalam kategori tinggi dengan rincian tingkat presentase : tinggi sebesar 19,4%, sedang sebesar 61,1%, dan rendah sebesar 19,4%. Hasil dari prokrastinasi akademik diperoleh total skor sebesar 3308 dalam kategori sedang dengan rincian tingkat presentase : tinggi sebesar 13,9%, sedang sebesar 72,2%, dan rendah sebesar 13,9%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat self efficacy siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta dalam kategori sedang sebesar 61,1%, sedangkan tingkat prokrastinasi akademik siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta juga dalam kategori sedang sebesar 72,2%. Dan pengaruh self efficacy terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta sebesar 32,1% dalam kategori sedang. Hasil Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dan diperoleh hasil thitung sebesar 4.010 dan ttabel 1,692, berarti thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan Ha diterima yang bermakna ada pengaruh self efficacy siswa terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (hal. 196). Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise Of Control. (hal. 3). New York: W.H Freeman. Burka, J., & Yuen, L. (2008). Procrastination : Why You Do It, What To Do About It (hal. 5). Cambridge: Da Capo Press. Feist, J., & Gregory, J. (2010). Teori Kepribadian (hal. 213-215). Jakarta: Selemba Humanika. Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination And Task Avoidance Theory, Research, And Treatment( hal. 83). New York: Plenum Press. Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2010). Teori-teori Psikologi (hal. 80-81). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Hikmat, M. M. (2011). Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komnikasi dan Sastra (hal. 91). Yogyakarta: Graha Ilmu. Ormrod, J. E. (2008)., Psikologi Pendidikan (hal. 23-27). Jakarta: Erlangga. Riduwan, M. A. (2009). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula (hal. 162). Bandung: Alfabeta. Sarwono, S. W. (2007). Psikologi Remaja (hal. 27). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Akinsola , M. K., & dkk. (2007 ). Correlates of Academic Procrastination and Mathematics Achievement of University Undergraduate Students. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, , No. 3 Vol.4 363-370. Ferrari, J., & Morales, J. (2007). Perceptions Of Self Consept and Self Presentation by Procrastinator : Further Evidence . The Spanish Journal Of Psychology, 91-96. 101 Rizvi A, Prawitasari J.E, & Soetjipto H.P. (1997). “Pusat Kendali dan Efikasi Diri Sebagai Prediktor terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa”. Jurnal Psikologika, 51- 66. Tice, D., & Baumeister, R. (1997). Longitudinal Study Of Procrastination, Performance, Stress, And Health: The Cost and Benefits Of Dawdling. Psychological Science, 454-458. Solomon, L., & Rothblum, E. (1984). Academic Procrastination: Frequency And Cognitive-Behavioral Correlates. Journal Of Counseling Psychology vol.31 No.4 , 503-509. citation: Damayanti, Lilis dan Wardhani, Chandra Dewi Sukma (2020) Pengaruh Self efficacy Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14332/1/FKIP_BK_1601015067_LILIS%20DAMAYANTI.pdf