eprintid: 14329 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/43/29 datestamp: 2022-06-02 08:35:54 lastmod: 2022-06-17 03:59:00 status_changed: 2022-06-02 08:35:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amelia, Laras creators_name: Wardhani, Chandra Dewi Sukma title: Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa XI IPS SMA Negeri 75 Jakarta ispublished: pub subjects: L divisions: 86201 abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena kurangnya kemandirian dikalangan pelajar. Pada umumnya kurangnya kemandirian terjadi karena siswa sering ceroboh dan tidak berpikir panjang dalam membuat keputusan. Pola asuh orang tua dengan keyakinan dan tingkah laku orang tua yang baik dalam pengasuhan akan mempengaruhi anak-anaknya untuk mandiri dalam menghadapi berbagai situasi termasuk dengan membuat keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa kelas XI IPS SMA Negeri 75 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis kuantitatif asosiatif. Populasi penelitian berjumlah 107 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 75 Jakarta. Sampel penelitian sebesar 32 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling dengan model simple random sampling. Jenis instrumen berupa angket. Hasil olahan data menunjukkan bahwa Pola Asuh Orang Tua diperoleh dengan rincian (1) Pola asuh otoriter diperoleh skor 784 dengan kategori tinggi; (2) Pola asuh demokratis diperoleh skor 1318 dengan kategori tinggi; (3) Pola asuh permisif diperoleh skor 1304 dengan kategori tinggi. Kemandirian diperoleh (1) kemandirian emosional diperoleh skor 1234 dengan kategori tinggi; (2) kemandirian tingkah laku diperoleh skor 1227 dengan kategori tinggi; (3) kemandirian nilai diperoleh skor 1077 dengan kategori tinggi. Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa kelas XI IPS SMA Negeri 75 Jakarta sebesar 19,7% dalam kategori lemah. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan diperoleh hasil thitung sebesar 2,716 dan ttabel 1,699 , berarti thitung > ttabel dan Chi-Square Test berdasarkan nilai signifkan dari table Chi-Square Test pola asuh permisif terhadap kemandirian nilai signifikan sebesar 0,049 < 0,05, berarti Sig < 0,05 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa kelas XI IPS SMA Negeri 75 Jakarta. date: 2020-05-19 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, Suharsimi. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya Casmini (2007). Emotional Parenting: Dasar-dasar Pengarahan Kecerdasan Emosi Anak. Yogyakarta: Pilar Media. Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peseta didik. Bandung: Pustaka Setia. Diane E. Papalia, Sally Wendkos Olds, Ruth Feldman (2013). Human Development. Jakarta: Salemba Humanika. Gunarsa. Singgih dan Ny. SD. Gunarsa. (1991) Psikologi Praktis Anak Remaja dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Hasan Basri. (1996). Remaja Berkualitas Problematika Remaja dan Solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Hasnida, 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini, Jakarta: Luxima John W. Santrock. (2003). Adolesence Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga Kartini Kartono. (2002). Psikologi Anak. Bandung: Alumni Madyawati, dan Lilis. (2016) Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group Mahmud, dkk. (2013). Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. Jakarta: Akademia Permata. Mohammad Ali (2009) Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara. Riduwan. (2009). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: PT Alfabeta Sunarto. B. Agung Hartono (1994). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Tridhonanto Al, B. A. (2014). Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Tridhonanto A. (2004). Menjadikan Anak Berkarakter. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 94 Jurnal Adawiah, Robiatul. (2017) Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak. Jurnal pendidikan kewarganegaraan, hal. 35-37 Simanjuntak, Madonna. (2017). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak. Prosiding seminar nasional tahunan fakultas ilmu sosial UNM. 67. Hal. 286 citation: Amelia, Laras dan Wardhani, Chandra Dewi Sukma (2020) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa XI IPS SMA Negeri 75 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14329/1/FKIP_BK_1601015060_LARAS%20AMELIA.pdf