eprintid: 14324 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/43/24 datestamp: 2022-06-02 08:35:43 lastmod: 2022-06-17 07:11:26 status_changed: 2022-06-02 08:35:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wulandari, Dwi Putri creators_name: Marsinun, Rahmiwati creators_id: rahmiwatimarsinun@gmail.com title: Perbedaan Adversity Quotient Laki-Laki dan Perempuan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA ispublished: pub subjects: L divisions: 86201 abstract: Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya perbedaan respon mahasiswa laki-laki dan perempuan Program Studi Bimbingan dan Konseling dalam menghadapi masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai perbedaan adversity quotient laki-laki dan perempuan Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 110 mahasiswa berjenis kelamin laki-laki dan 474 mahasiswa berjenis kelamin perempuan. Sampel yang digunakan sebanyak 160 (seratus enam puluh) mahasiswa, dengan 80 mahasiswa laki-laki dan 80 mahasiswa perempuan. Teknik pengambilan Sampel menggunakan Sampling Quota. Data yang didapatkan dengan cara membagikan skala adversity quotient kepada mahasiswa yang menjadi sampel. Dalam penelitian ini rumus yang digunakan untuk mencari validitas yaitu dengan korelasi produk moment dan reliabilitas menggunakan Cronbach's Alpha. Diperoleh nilai cronbach’s alpha sebesar = 0,902, angka tersebut lebih besar dari nilai minimal cronbach’s alpha 0,6. Setelah data berdistribusi normal dan homogen berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas, dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan T-Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan adversity quotient antara laki-laki dan perempuan mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abrori , Mahwar Qurbaniah. (2017). Infeksi Menular Seksual. Pontianak: UM Pontianak Press. Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta. Damadi, Hamid. (2013). Dimensi-dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. Dwi Wahyu So’imah. (2010). Hubungan Adversity Quotient dan Self Efficacy dengan Toleransi terhadap Stres pada Mahasiswa. Skripsi. Fakultas Kedokteran. Universitas Sebelas Maret. Fakih, M. (2005). Analisis Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Hari. K. Lasmono. (2001). Tinjauan Singkat Adversity Quotient. Anima. Indonesian Psychological Journal, 17(2), 63-68. Hasminee Uma. (2017). Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Internasional di UIN Malang. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Hurlock, B. Elizabeth. (2015). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga. Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. (2016). Metode Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama. Kusdiwelirawan A. (2014). Statistika Pendidikan. Jakarta: UHAMKA Press. Laura & Sunjoyo. (2009). Pengaruh Adversity Quotient terhadap Kinerja Karyawan: Sebuah Studi Kasus pada Holiday Inn Bandung. Stoltz. (2005). Adversity Quotient. Jakarta: Grasindo. 75 Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula, Bandung: PT Refika Aditama. Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga. _____________. (2003). Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Tri S Agustina dan Puput T Komalasari. (2014). Kecerdasan Adversiti (Adversity Quotient) Berdasarkan Jender pada Mahasiswa yang Mengikuti Executive Territory Program Mata Kuliah Manajemen Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 24(3), 206-215. Undang – Undang RI No.12 Tahun 2012. Tentang Pendidikan Tinggi. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Repiblik Indonesia. (online) , (http://sumberdaya.ristekdikti.go.id), diakses pada 10 Agustus 2020 Waci Sumiati. (2017). Perbedaan Adversity Quotient Anak Sulung dan Anak Bungsu Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. citation: Wulandari, Dwi Putri dan Marsinun, Rahmiwati (2020) Perbedaan Adversity Quotient Laki-Laki dan Perempuan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14324/1/FKIP_BK_1601015046_DWI%20PUTRI%20WULANDARI.pdf