eprintid: 14323 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/43/23 datestamp: 2022-06-02 08:35:39 lastmod: 2022-06-17 04:00:35 status_changed: 2022-06-02 08:35:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dewi, Ine Shintya creators_name: Nofriza, Fatma title: Pengaruh Dukungan Sosial Orangtua Terhadap Pilihan Karir Pada Remaja Akhir Kelas XI Di SMKS 11 PGRI Jakarta ispublished: pub subjects: L divisions: 86201 abstract: Tugas perkembangan remaja pada siswa kejuruan yaitu mempersiapkan pilihan karirnya sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki sesuai dengan minat dan bakat. Kesiapan individu dalam menentukan pilihan karir lebih dikenal dengan istilah kematangan karir. Pilihan karir adalah suatu usaha dalam merealisasikan konsep diri seseorang yang artinya pilihan karir dipilih berdasarkan nilai, bakat, dan minat seseorang. Pilihan karir pada siswa tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya yaitu faktor dukungan sosial orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dukungan sosial orangtua terhadap pilihan karir pada siswa kelas XI di SMKS 11 PGRI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yang secara spesifik diarahkan kepada teknik analisis regresi. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling dengan populasi sebesar 304 siswa dan sampel yang digunakan berjumlah 76 (tujuh puluh enam) siswa. Skor validitas skala dukungan sosial orangtua bergerak dari angka 0,027 sampai dengan 0,629, dan skor validitas skala pilihan karir bergerak dari angka 0,04 sampai dengan 0,449. Nilai koefisien reliabilitas pada dukungan sosial orangtua diketahui sebesar 0,824 sedangkan nilai koefisien reliabilitas pada pilihan karir 0,731, kedua nilai tersebut menunjukan bahwa instrumen dalam penelitian ini dikatakan reliabel. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dukungan sosial orangtua terhadap pilihan karir pada siswa kelas XI SMKS 11 PGRI Jakarta. Tidak adanya pengaruh yang signifikan dukungan sosial orangtua terhadap pilihan karir pada siswa kelas XI SMKS 11 PGRI Jakarta ditunjukkan dengan nilai F hitung yaitu 3,851 dengan tingkat signifikasi 0,053 > 0,05 artinya bahwa tidak ada pengaruh variabel dukungan sosial orangtua terhadap pilihan karir dan berdasarkan skor dukungan sosial orangtua dengan koefisien determinasi sebesar 0,49 yang berarti bahwa sumbangan efektif variabel dukungan sosial orangtua terhadap pilihan karir hanya sebesar 49%. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abimayu, S. (1990). Hubungan antara beberapa faktor sosial dan prestasi, jenis kelamin, dan lokus kendali dengan kematangan karir siswa menengah atas. Disertasi Malang: Fakultas Pasca Sarjana Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Malang. Ahmadi, Abu & Munawar Sholeh. (2005). Psikologi Perkembangan. PT. Rineka Cipta. Ali, & Asrori. (2011). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT.Bumi Aksara. Álvarez González, M., Bisquerra, R., Espín, J.V. & Rodríguez Espinar, S. (1990). Diagnóstico y Evaluación de la Madurez Vocacional [Diagnosis and Assessment of Vocational Maturity]. Revista de Investigación Educativa, vol. 8(16), 157-167 Álvarez González. M. (Coord.), Bisquerra, R., Espín, J.V. & Rodríguez Espinar, S. (2007). La madurez para la carrera en la educación secundaria. Evaluación e intervención. [Career maturity in secondary education. Assessment and intervention.] Madrid: EOS. Álvarez González, M. (2008). Career maturity: a priority for secondary education. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, Vol. 6(3), 758. Ariyani, E. (2014). Pengaruh locus of control terhadap kematangan karir siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Jurnal Psikologi, vol. 2 (2). Brown, D (2002). Career Choice and Development. USA: A Wiley Imprint Creed, & Lee-Ann. (2001). Carer maturity, career decision making, self efficacy and career indecision: A review of the accured evidence. Journal of Career Development, ACER (Australian Council For Educational Research, vol. 10 (2), 1–22. Dariyono, A. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Hanza, S. (2015). Kematangan karir dengan intensi turnover pada karyawan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol. 3(2). Hurlock, E. . (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi kelima). Jakarta: Erlangga. 96 Kartono, K. (1995). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Penerbit Maju Mandar. King, & Laura, A. (2012). Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika. Listiyowati, A. (2012). Hubungan antara kebutuhan aktualisasi diri dan dukungan sosial dengan kematangan karir pada siswa kelas XII SMAN 2 Klaten. Jurnal Psikologi, Vol. 4(8). Maslihah, S. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial dilingkungan sekolah dan prestasi akademik siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang, Jawa Barat. Jurnal Psikologi UNDIP, Vol. 10(2). Mutiara, H., & Dian. (2017). Dukungan orangtua dan kematangan karir pada siswa SMK program keahlian tata boga. Jurnal Empati, vol. 6(1). Naidoo, A.V. (1998). Career Maturity: A review of four decades of research. Bellville – South Africa: University of the western cape. Patton, W., & Lokan. (2001). Perspectives on Donald Super’s construct of career maturity. International Journal For Educational And Vocational Guidance 1. Doi: 10.1023/A:1016964629452 Prahesti, I. (2003). Perbedaan kematangan karir siswa ditinjau dari jenis sekolah. Jurnal Psikologi, Vol. 2(2). Pratama, B. (2014). Hubungan antara konsep diri dan internal locus of control dengan kematangan karir siswa SMA. Jurnal Psikologi, Vol. 3 (3), 213–222 Rahma, U. (2018). Peran dukungan sosial keluarga dalam membentuk kematangan karir siswa SMP. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konseling, Vol. 11, 199. Rumini, S., & Sundari, S. (2004). Perkembangan Anak dan Remaja. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.. Santrock, J. . (1980). Life Span Development (Edisi tiga belas jilid 1). Jakarta: Erlangga. Santrock, J. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga. Sarafino, E., & Smith, T. (1994). Health Psyhology: Biopsychosocial Interaction (W. John & I. Sons (eds.); 6th ed.). Sarwono, W. (2006). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali. 97 Smet, & Bart. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Supriatna, M. (2009). Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah. Bandung. Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia. Tifani. (2015). Hubungan antara locus of control dengan kematangan karir pada karyawan kentucky fried chicken (KFC) di palembang. Jurnal Ilmiah Psyche, Vol. 9 (2), 106–129. Watkins, C. E., & Campbell, V. L. (2000). Testing and Assesment in Counseling (Practice 2nded). NJ: Lawrence Erlbaum Associates. Winkel, & Hastuti, S. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. citation: Dewi, Ine Shintya dan Nofriza, Fatma (2020) Pengaruh Dukungan Sosial Orangtua Terhadap Pilihan Karir Pada Remaja Akhir Kelas XI Di SMKS 11 PGRI Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14323/1/FKIP_BK_1601015043_INE%20SHINTYA%20DEWI.pdf