eprintid: 14321 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/43/21 datestamp: 2022-06-02 08:35:41 lastmod: 2022-06-17 04:02:29 status_changed: 2022-06-02 08:35:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitirana, Alya Nailul creators_name: Yulia, Cici title: Studi Pemikiran Analisis Kepribadian Sigmund Freud ispublished: pub subjects: L divisions: 86201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui landasan pendekatan Psikoanalisis menurut Sigmund Freud dan pengaplikasiannya dalam dunia psikologi ataupun pendidikan. Serta untuk mengetahui konsep struktur kepribadian menurut Sigmund Freud dan mendeskripsikan struktur kepribadian tersebut, diantaranya: Id, Ego, dan Super-Ego. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research atau riset kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan dalam pembahasan ini adalah metode studi tokoh. studi tokoh sering disebut juga dengan penelitian riwayat hidup tokoh. Penulis mencoba mengkaji buku-buku dan penelitian-penelitian yang sudah ada. Selanjutnya untuk mencapai suatu deskripsi yang tepat. Penelitian ini mengkaji secara ilmiah berbagai literatur-literatur yang relevan terhadap tema. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa landasan pendekatan psikoanalisis menitikberatkan pada unsur struktur kepribadian, yakni: Id, Ego dan Super-Ego. Id merupakan wakil citra diri biologis individu. Id berkuasa atas prinsip kesenangan. Ego beroperasi dari prinsip realitas, hingga dapat melakukan suatu hal dengan menunda kepuasan. Super-Ego yakni sebagai wasit tingkah laku yang diinternalisasikan untuk berkembang dan memberikan respon terhadap reward maupun punishment yang diberikan oleh orang tua ataupun masyarakat. Pendekatan psikoanalisis dapat diaplikasikan pada bidang psikologis dan pendidikan untuk mengatasi gangguan-gangguan psikis individu. Psikoanalisis sebagai aliran utama dalam psikologi yang mengupas mengenai struktur kepribadian individu dipaparkan dalam Id, Ego dan Super-Ego. Sedangkan konsep psikoanalisis yang diterapkan dalam pendidikan adalah pendidikan yang bermuara pada penciptaan kreativitas peserta didik dan memodifikasi serta memperkaya tingkat perilaku dalam ukuran pendidikan. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alwisol (2015). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Pres. Anastasie,S. (2018). Kasus Anna O dan Sigmund Freud. Diambil pada tanggal 23 Agustus 2020, dari laman https://id.sainte-anastasie.org/articles/psicologa-clnica/el-caso-de-anna-o-y-sigmund-freud.html. Appignanesi, Richard., & Zarate, Oscar. (2006). Introducing Freud. Australia: Allen and Unwin Pty. Ltd. Baker, Rachel. (2018). Sigmund Freud: Di Sebrang Masa Lalu. Yogyakarta: Cakrawala Sketsa Mandiri. Bakker, Anton., & Zubair C Achmad. (1994). Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius. Bertens, K. (2016). Psikoanalisis Sigmund Freud. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Bungin, Burhan. (2015). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press. Bocock, Robert. (2002). Key Sociologists Sigmund Freud. London, New York: Routledge Taylor & Francis Group. Darmadi, Hamid. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta. Emir. (2016) . Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press. Emir. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press. Erikson, Erik. (2010). Childhood and Society. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Erlina Listyanti Widuri. (2012). Regulasi Emosi Dan Resiliensi Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Humanitas, 9(2), 148. Diambil pada tanggal 22 Agustus 2020, dari http://journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/article/view/341 . Febriani, Rika. (2017). Sigmund Freud vs Carl Jung: Sebuah Pertikaian Intelektual Antarmazhab Psikoanalisis.Yogyakarta: Sociality. Feist, Gregory. (2017). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika. Freud, Sigmund. (1920). A General Introduction to Psychoanalysis. Clark University. Furchan, Agus., & Maimun, Agus. (2005). Studi Tokoh: Metode Penelitian Mengenai Tokoh. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Gail W. Stuart. (2006). Buku Saku Keperawatan Jiwa. Alih Bahasa: Ramona P. Kapoh & Egi KomaraYudha. Jakarta: EGC. Hall S Calvin., & Lindzey Gardner. (2005). Introduction To Theories Personality. New York: John Wiley And Sons Inc. Hall S. Calvin. (2016). Naluri Kekuasaan Sigmund Freud. Yogyakarta: Narasi & Tarawang Press. Hall S. Calvin., & Lindzey Gardner. (1993). Teori-Teori Psikodinamik (Klinis). Supratiknya, editor. Yogyakarta: Kanisius. Harahap, Syahrin. (2000). Metodologi Studi dan Penelitian Ilmu-Ilmu Ushuluddin. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hikmawati, Fenti. (2016). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rajawali Press. Irwanto (2018). Sejarah Psikologi Perkembangan Perspektif Teoritis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Jacobs, Michael. (2003). Sigmund Freud: Key Figures In Counselling and Pschotherapy: London. SAGE Publications Ltd. Jeffrey S. Nevid. (2005). Psikologi Abnormal. Edisi Kelima. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Jones, Ernest. (2015). Hidup dan Karya Sigmund Freud, terj. Kardono: Yogyakarta. Ircisod. Kartini, Kartono (1998). Pengantar Metodologi Research. Bandung: Alumni. Koswara, A. (1991). Teori-teori Kepribadian. Bandung: Eresco. Mahmud (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. McLeod, S. A. (2016). Sigmund Freud. Kolb: Learning Styles. Diambil pada tanggal 22 Agustus 2020, dari laman https://www.simplypsychology.org/psyche.html. Miller, Max. (1992). Freud dan Interpretasi Sastra. Terj, Apsanti. Widaningsih, Sri. Laksmi. Jakarta: Intermasa. Minderop, Albertine. (2013). Psikologi Sastra.”Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus”. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Mujib, Abdul. (2006). Kepribadian Dalam Psikologi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Moleong J. Lexy. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nashori, Fuad. (2002). Agenda Psikologi Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Rennison, Nick. (2001). The Pocket Essential Freud and Psychoanalysis. Great Britain Pocket Essentials. Saifuddin, Azwar. (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Salmanpour, Hamzeh., & Issadazegan, Ali. (2012). Religiosity Orientations and Personality Traits with Death Obsession. Journal of Psychological Studies. 4(1),151-153. Diambil Tanggal 06 Juni 2020, dari laman http://dx.doi.org/10.5539/ijps.v4n1p150. Sarwono W. Sarlito. (2012). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Press. Semiun, Yustinus. (2006). Teori Kepribadian & Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: Kanisius. Storr, Anthony. (1991). Freud Peletak Dasar Psikoanalisis, terj. Dean: Jakarta: Pustaka Utama Grafiti. Sugiyono (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. Suryabrata, Sumadi. (2011). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali Press. Thurschwell, Pamela. (2000). Sigmund Freud. USA and Canada: Rout Ledge. citation: Fitirana, Alya Nailul dan Yulia, Cici (2020) Studi Pemikiran Analisis Kepribadian Sigmund Freud. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14321/1/FKIP_BK_1601015036_ALYA%20NAILUL%20FITRIANA.pdf