eprintid: 14320 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 2306 dir: disk0/00/01/43/20 datestamp: 2022-06-02 08:35:37 lastmod: 2022-06-28 07:51:05 status_changed: 2022-06-02 08:35:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nisa, Khairun creators_name: Amalia, Nur creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Makna Kata Eufemia dan Disfemia Terhadap Repost, Postingan Instagram Pada Akun Ngaji Filsafat ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 88201 abstract: Manusia berbahasa akan melakukan pertimbangan kesopanan, penghormatan, penegasan, dan rasa jengkel agar dapat memahami ujaran dan mengenali kata-kata yang telah didengar secara sepengetahuannya tentang bahasa dan budaya. Redaksi sebuah makna kata eufemia dan disfemia dalam repost, postingan instagram pada akun Ngaji Filsasat dapat memunculkan makna kata yang kadang terkesan tidak diterima. Makna kata dalam repost, postingan instagram pada akun Ngaji Filsasat ditemukan berupa makna kata eufemia dan disfemia. Data-data yang didapatkan diperoleh kesimpulan bahwa ketika kata menunjukkan bahwa tidak pantas diucapkan akan diganti dengan kata yang halus (eufemia) dan sebaliknya jika kata kasar diucapkan tetapi memang pantas digunakan untuk sesuatu yang dibicarakan, maka kata kasar yang akan dipilih (disfemia). Makna kata yang digantikan dari eufemia dan disfemia bukanlah makna ujaran, melainkan nilai rasa. Eufemia digunakan untuk meyerupai yang dianggap tabu, karena dapat memberikan penghormatan terhadap yang dibicarakan, sedangkan disfemia digunakan untuk menunjukkan sikap tidak suka, tidak ramah, dan rasa jengkel, sehingga memberikan penekanan yang kuat pada suatu tindakan dan nilai rasa kasar terkadang tidak terasa bila digunakan untuk memberi penekanan kuat. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aka, K. A. (2017). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI WUJUD INOVASI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Volume 1 N, 33–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1041 Alyusi, S. D. (2016). Media sosial: Interaksi, identitas dan modal sosial. Kencana. Atmoko,B. Adistie, N. (2018). Diajakan Unuk Melengkapi dan Memenuhi Salah Satu Persyaratan Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidkan. Jurnal FKIP UHAMKA, 4. Baitun, T. (2016). Pernikahan Makna Kata Bahasa Indonesia Pada Kumpulan Cerita PENDEK SAIA KARYA DJENAR MAESA AYU dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal FKIP UHAMKA, 31. Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam, Vol 8, No, 32. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095 Bungin, Burhan. (2014). Sosiologi Komunikasi. Kencana. Chaer, A. (2009). PENGANTAR SEMANTIK BAHASA INDONESIA. RINEKA CIPTA. Darimi, I. (2017). TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM EFEKTIF. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, Vol 1, No, 111–121. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/cs.v1i2.2030 Dwi Wibowo, F. (2019). Kontekstualisasi Hadis tentang pemanfaatan kulit bangkai dengan pendekatan ilmu Mukhtalif Hadis. [UIN Sunan Ampel Surabaya.]. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33904 Fitri, S. (2017). DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SOSIAL MEDIA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL ANAK. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 1 No., 118-123. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5 Jain Rahman, S. K. (2017). PENGARUH MEDIA SOSIAL BAGI PROSES BELAJAR SISWA. Journal Https://Kalsel. Kemenag. Go. Id/Files/File/Artikelprakom/15162891659956. Mahendra, B. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, Volume 16, 151-160. Muzaiyanah, M. (2012). JENIS MAKNA DAN PERUBAHAN MAKNA. Http://Jurnal.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Warda/Article/View/323 More Citation Formats, Vol 13 No, 148. MUZAKKI, L. I. (2019). PERGESERAN PENGGUNAAN BENTUK SAPAAN DALAM HUBUNGAN KEKERABATAN BAHASA SASAK ISOLEK DUSUN REBILA DESA TANAK AWU KECAMATAN PUJUT. JURNAL SKRIPSI. Nasiha, N. F. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP CITRA TUBUH MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN DAKWAH IAIN PONOROGO TAHUN 2016. Dialogia: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, Vol. 15, 333-351. Nuryanto, H. (2012). Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. (Tim Editor BP (ed.)). PT Balai Pustaka (Persero). PANGESTI, Y. Y. (2017). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP POLA KOMUNIKASI ANAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN DI SEKOLAH DASAR [UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO]. http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4042 Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA, Vol 4, No, 62-72. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474 soenjono Dardjowijojo. (2003). PSIKOLINGUISTIK PENGANTAR PEMAHAMAN BAHASA MANUSIA ( anggoa I. D. JAKARTA (ed.)). yayasan Obor indonesia. Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger 3.2, Vol 3, No, 69–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270 Wicaksono, M. Arif, and R. R. (2017). Pengaruh media sosial instagram@ wisatadakwahokura terhadap minat berkunjung followers. Riau University. Zahro, S. F. (2019). HEGEMONI KEKUASAAN DALAM NOVEL SI ANAK BADAI KARYA TERE LIYE: PENDEKATAN TEORI HEGEMONI GRAMSCI. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), Vol 3, No. Zakirah, D. M. A. (2017). MAHASISWA DAN INSTAGRAM (STUDY TENTANG INSTAGRAM SEBAGAI SARANA MEMBENTUK CITRA DIRI DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA). In Diss. Universitas Airlangga. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70247 Aka, K. A. (2017). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI WUJUD INOVASI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Volume 1 N, 33–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1041 Alyusi, S. D. (2016). Media sosial: Interaksi, identitas dan modal sosial. Kencana. Atmoko,B. Adistie, N. (2018). Diajakan Unuk Melengkapi dan Memenuhi Salah Satu Persyaratan Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidkan. Jurnal FKIP UHAMKA, 4. Baitun, T. (2016). Pernikahan Makna Kata Bahasa Indonesia Pada Kumpulan Cerita PENDEK SAIA KARYA DJENAR MAESA AYU dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal FKIP UHAMKA, 31. Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam, Vol 8, No, 32. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095 Bungin, Burhan. (2014). Sosiologi Komunikasi. Kencana. Chaer, A. (2009). PENGANTAR SEMANTIK BAHASA INDONESIA. RINEKA CIPTA. Darimi, I. (2017). TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM EFEKTIF. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, Vol 1, No, 111–121. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/cs.v1i2.2030 Dwi Wibowo, F. (2019). Kontekstualisasi Hadis tentang pemanfaatan kulit bangkai dengan pendekatan ilmu Mukhtalif Hadis. [UIN Sunan Ampel Surabaya.]. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33904 Fitri, S. (2017). DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SOSIAL MEDIA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL ANAK. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 1 No., 118-123. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5 Jain Rahman, S. K. (2017). PENGARUH MEDIA SOSIAL BAGI PROSES BELAJAR SISWA. Journal Https://Kalsel. Kemenag. Go. Id/Files/File/Artikelprakom/15162891659956. Mahendra, B. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, Volume 16, 151-160. Muzaiyanah, M. (2012). JENIS MAKNA DAN PERUBAHAN MAKNA. Http://Jurnal.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Warda/Article/View/323 More Citation Formats, Vol 13 No, 148. MUZAKKI, L. I. (2019). PERGESERAN PENGGUNAAN BENTUK SAPAAN DALAM HUBUNGAN KEKERABATAN BAHASA SASAK ISOLEK DUSUN REBILA DESA TANAK AWU KECAMATAN PUJUT. JURNAL SKRIPSI. Nasiha, N. F. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP CITRA TUBUH MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN DAKWAH IAIN PONOROGO TAHUN 2016. Dialogia: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, Vol. 15, 333-351. Nuryanto, H. (2012). Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. (Tim Editor BP (ed.)). PT Balai Pustaka (Persero). PANGESTI, Y. Y. (2017). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP POLA KOMUNIKASI ANAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN DI SEKOLAH DASAR [UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO]. http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4042 Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA, Vol 4, No, 62-72. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474 soenjono Dardjowijojo. (2003). PSIKOLINGUISTIK PENGANTAR PEMAHAMAN BAHASA MANUSIA ( anggoa I. D. JAKARTA (ed.)). yayasan Obor indonesia. Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger 3.2, Vol 3, No, 69–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270 Wicaksono, M. Arif, and R. R. (2017). Pengaruh media sosial instagram@ wisatadakwahokura terhadap minat berkunjung followers. Riau University. Zahro, S. F. (2019). HEGEMONI KEKUASAAN DALAM NOVEL SI ANAK BADAI KARYA TERE LIYE: PENDEKATAN TEORI HEGEMONI GRAMSCI. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), Vol 3, No. Zakirah, D. M. A. (2017). MAHASISWA DAN INSTAGRAM (STUDY TENTANG INSTAGRAM SEBAGAI SARANA MEMBENTUK CITRA DIRI DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA). In Diss. Universitas Airlangga. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70247 Aka, K. A. (2017). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI WUJUD INOVASI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Volume 1 N, 33–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1041 Alyusi, S. D. (2016). Media sosial: Interaksi, identitas dan modal sosial. Kencana. Atmoko,B. Adistie, N. (2018). Diajakan Unuk Melengkapi dan Memenuhi Salah Satu Persyaratan Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidkan. Jurnal FKIP UHAMKA, 4. Baitun, T. (2016). Pernikahan Makna Kata Bahasa Indonesia Pada Kumpulan Cerita PENDEK SAIA KARYA DJENAR MAESA AYU dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal FKIP UHAMKA, 31. Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam, Vol 8, No, 32. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095 Bungin, Burhan. (2014). Sosiologi Komunikasi. Kencana. Chaer, A. (2009). PENGANTAR SEMANTIK BAHASA INDONESIA. RINEKA CIPTA. Darimi, I. (2017). TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM EFEKTIF. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, Vol 1, No, 111–121. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/cs.v1i2.2030 Dwi Wibowo, F. (2019). Kontekstualisasi Hadis tentang pemanfaatan kulit bangkai dengan pendekatan ilmu Mukhtalif Hadis. [UIN Sunan Ampel Surabaya.]. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33904 Fitri, S. (2017). DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SOSIAL MEDIA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL ANAK. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 1 No., 118-123. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5 Jain Rahman, S. K. (2017). PENGARUH MEDIA SOSIAL BAGI PROSES BELAJAR SISWA. Journal Https://Kalsel. Kemenag. Go. Id/Files/File/Artikelprakom/15162891659956. Mahendra, B. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, Volume 16, 151-160. Muzaiyanah, M. (2012). JENIS MAKNA DAN PERUBAHAN MAKNA. Http://Jurnal.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Warda/Article/View/323 More Citation Formats, Vol 13 No, 148. MUZAKKI, L. I. (2019). PERGESERAN PENGGUNAAN BENTUK SAPAAN DALAM HUBUNGAN KEKERABATAN BAHASA SASAK ISOLEK DUSUN REBILA DESA TANAK AWU KECAMATAN PUJUT. JURNAL SKRIPSI. Nasiha, N. F. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP CITRA TUBUH MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN DAKWAH IAIN PONOROGO TAHUN 2016. Dialogia: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, Vol. 15, 333-351. Nuryanto, H. (2012). Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. (Tim Editor BP (ed.)). PT Balai Pustaka (Persero). PANGESTI, Y. Y. (2017). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP POLA KOMUNIKASI ANAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN DI SEKOLAH DASAR [UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO]. http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4042 Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA, Vol 4, No, 62-72. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474 soenjono Dardjowijojo. (2003). PSIKOLINGUISTIK PENGANTAR PEMAHAMAN BAHASA MANUSIA ( anggoa I. D. JAKARTA (ed.)). yayasan Obor indonesia. Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger 3.2, Vol 3, No, 69–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270 Wicaksono, M. Arif, and R. R. (2017). Pengaruh media sosial instagram@ wisatadakwahokura terhadap minat berkunjung followers. Riau University. Zahro, S. F. (2019). HEGEMONI KEKUASAAN DALAM NOVEL SI ANAK BADAI KARYA TERE LIYE: PENDEKATAN TEORI HEGEMONI GRAMSCI. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), Vol 3, No. Zakirah, D. M. A. (2017). MAHASISWA DAN INSTAGRAM (STUDY TENTANG INSTAGRAM SEBAGAI SARANA MEMBENTUK CITRA DIRI DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA). In Diss. Universitas Airlangga. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70247 citation: Nisa, Khairun dan Amalia, Nur (2020) Makna Kata Eufemia dan Disfemia Terhadap Repost, Postingan Instagram Pada Akun Ngaji Filsafat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14320/1/FKIP_PBSI_1601045117_KHAIRUN%20NISA.pdf