eprintid: 14317 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 2328 dir: disk0/00/01/43/17 datestamp: 2022-06-02 08:35:30 lastmod: 2022-06-17 06:58:20 status_changed: 2022-06-02 08:35:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Thahirah, Rana creators_name: Nurmawati, Nurmawati title: Perbedaan Perilaku Asertif Siswa Laki-Laki dan Perempuan Kelas VIII SMPN 209 Jakarta ispublished: pub subjects: L divisions: 86201 abstract: Permasalah penelitian pada siswa dalam beperilaku asertif karena merasa takut untuk menyampaikan pendapat ketika menjalin hubungan pertemanan mereka masih bergantung dengan teman satu sama lain dalam mengambil sebuah keputusan meskipun teman bertindak atau berkata yang negatif tetap saja diikuti karena khawatir akan dijauhi oleh teman-teman. Namun bagi siswa yang mampu berperilaku asertif maka ia akan mampu dalam menghadapi permasalahan dan dapat terhindar dari pergaulan yang membawa kepada dampak negatif. Penelitian bertujuan untuk memperoleh hasil empiris mengenai perbedaan perilaku asertif siswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode komparatif, penelitian dilakukan di SMP NEGERI 209 JAKARTA dengan jumlah populasi penelitian 100 dan 50 sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Pada uji validitas sebanyak 60 soal maka hanya 56 soal valid dan 4 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas dengan menggunakan Alpha Cronbach diperoleh rhitung 0, 898 maka data pada instrumen tersebut reliabel. Data dalam penelitian berdistribusi normal dan tidak homogen setelah dilakukan uji normalitas liliefors dan homogenitas Fisher. Berdasarkan pengujian analisis korelasi uji-t maka di peroleh thitung > ttabel sebesar 4,762 > 2,008 dengan nilai signifikansi 0,005 maka data berdistribusi normal. Sedangkan pada uji homogenitas dengan menggunakan Fisher Fhitung < Ftabel sebesar 75,18 < 1,79, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi tidak homogen.Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada perbedaan perilaku asertif antara siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII SMPN 209 Jakarta. Terlihat dari hasil perhitungan pada siswa laki-laki tingkat sangat tinggi > 204 dengan jumlah 1 pemilih, tinggi 175-190 dengan jumlah 9 pemilih, sedang 131-162 jumlah pemilih 17, kurang 115-130 dengan jumlah 6 pemilih, sangat kurang 0-114 tidak ada pemilih. Sedangkan perhitungan pada siswa perempuan tingkat sangat tinggi >193 tidak ada pemilih, tinggi 178-192 dengan jumlah 6 pemilih sedang 139-177 sebanyak 32 pemilih, kurang 124-138 jumlah pemilih 3 sangat kurang 0-123 dengan jumlah pemilih 3. Siswa perempuan memiliki poin lebih besar pada indikator asertif permintaan dengan item pernyataan “Saya tidak lupa mengucapkan terimakasih setelah mendapatkan bantuan ari orang lain” yang artinya ketika siapapun yang membantu maka ia tak lupa mengucapkan terimakasih. Pada siswa laki-laki pada indikator pujian dengan pernyataan “Saya merasa senang karena mempunyai teman yang baik dan selalu ada ketika dibutuhkan” artinya bahwa jika melakukan kebaikan maka akan mendapatkan kebaikan dari siapapun. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alberti, Robbert & Emmons Michael. 2017. Your Perfect Right Tenth Edition. New Harbinger Publications, Inc. Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Barlian Eri. 2016. Metode Peneltian Kulitatif dan Kuantitatif. Padang: Sakabina Press Cecen-Erogul, A.R & Zengel, M. 2009. The effectiveness of an assertiveness training programme on adolescents assertiveness level. Elementary Education Online. 8 (2). 485-492 Costa. 2001. Gender differences in personality traits across cultures: Robust and surprising findings. Journal of Personality and Social Psychology. 81 (2). 322-331 Feist, Gregory J & Jess Feist. 2010. Teori Kepribadian (Edisi 7). Jakarta: Salemba Humanika Guntoro, IE. 2017. Pengaruh Perilaku Asertif Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA PKP Jakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Ghufron, M. Nur & Rini Risnawita. 2016. Teori-teori psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 82 Ginting, B.O & Masykur, A.M. 2014. Hubungan antara harga diri dengan asertivitas pada siswa kelas XI SMA Kesatrian 2 Semarang. Jurnal Psikologi. 3 (4). 1-10 Gunarsa, Singgih D. 2007. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia Hurlock, Elizabeth B. 2004. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga Jannah, M & Yacob, F. 2017. Rentang Kehidupan Manusia ( Life Span Development ) Dalam Islam. International Journal of Child and Gender Studies. 3 (1). 97-114 Keliat, B.A., Tololiu, T.A., Daulima, N.H.C & Erawati,E. 2015 Effectiveness assertive training of bullying prevention among adolescents in west java Indonesia. Internationa Journal of Noursing. 2 (1). 128-134 Kuswana, Wowo Sunaryo. 2014. BIOPSIKOLOGI (Pembelajaran Prilaku). Bandung: ALFABETA. Mariana Agnonika Tatus. 2018. Kemampuan Berperilaku Asertif Mahasiswa Manggarai (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Manggarai Angkatan 2014 Anggota Ikamaya Yogyakarta Tahun Akademik 2017/2018 Dan Usulan Topik-Topik Yang Relevan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berperilaku Asertif. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta. Nurwidawati. D & Zakiyah. S. 2017. Pengaruh persepsi mahasiswa tentang cara mengajar dosen terhadap perilaku asertif mahasiswa psikologi di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal psikologi pendidikan. 4 (3). 83 Pipas, M.D & Jaradat. M. 2010. Assertive Communication Skills. Annales Universitatis Apulensis Series Oeconomica. 2 (12). Priest, Simon & Michael A. Gass. 2005. Effective Leadership In Adventure Programming. Europe: Human Kinetics Rahmawati, Hetti. 2009. Modifikasi Perilaku Manusia. Malang: Universitas Negeri Malang Ramdhani, Imam. 2018. Perbedaan perilaku asertif remaja laki-laki dan perempuan korban bullying dalam menghadapi perundungan (bullying) di smp se-kecamatan jatisampurna bekasi. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta. Repository.unj.ac.id Rahman, Agus Abdul. 2013. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Rohayati, Purwandari. 2015. Perilaku Asertif Pada Remaja. Jurnal Psikologi. 11 (1). 1-11 Richard Nelson dan Jones. 2011. Teori dan Praktik Konseling Dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Belajar Risfillani, May. 2017. Perbedaan Perilaku Altruisme Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Kelas VIII Di SMPN 281 Jakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Sari, R.P., Andayani, T.R & Masykur, A.M. 2016. Pengungkapan diri mahasiswa tahun pertama Universitas Diponegoro ditinjau dari jenis kelamin dan harga diri. Jurnal Psikologi. 3(12). 11-25 84 Santrock. 2003. Adolescence. Jakarta: Erlangga Sanjaya & Falah. 2018. Hubungan Antara Bimbingan Pribadi Dengan Asertivitas Siswa Kelas VIII Mts Negeri Yogyakarta 1. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. 15 (2). Sarkova, M., Bacikova-Sleskova, M., Orosova, O., Geckova, A. M., Katreniakova, Z., Van den Heuvel, W., Jitse, Van Dijk, J. P. (2006). Psychometric evaluation of the general health questionnaire-12 and rosenberg selfesteem scale in hungarian and slovak early adolescents. Journal of Studia Psychologica, 48(1), 69-79. Setiyawan. 2013. Journal of Chemical Information and Modeling. 53 (9) Siregar, Syofian. 2014. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers Suharyat. 2009. Hubungan Antara Sikap, Minat, dan Perilaku Manusia. 1(3) Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Sulistyani. 2015. Tingkat Kecerdasan Pada Anak Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Vol 10. 130 Wulandari. 2014. Karakteristik Pertumbuhan Perkembangan Remaja dan Implikasinya Terhadap Masalah Kesehatan dan Keperawatannya. Jurnal Keperawatan Anak. 2 (1). 39-43 Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana citation: Thahirah, Rana dan Nurmawati, Nurmawati (2020) Perbedaan Perilaku Asertif Siswa Laki-Laki dan Perempuan Kelas VIII SMPN 209 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14317/1/FKIP_BK_1601015033_RANA%20THAHIRAH.pdf