relation: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14315/ title: Pengaruh Motode Bermain Peran Stanislavski terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Pembelajaran Drama Kelas XI SMAN 6 Depok creator: Awalia, Khoirur Rizqa creator: Suyatno, Suyatno subject: L Education subject: Skripsi description: Penelitian ini dilaksanankan berdasarkan fenomena yang ada di kelas XI IIS 1 SMAN 6 Depok yang menunjukan bahwa terdapat 51% siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Melalui pemberian metode bermain peran Stanislavski diharapkan kepercayaan diri yang dialami oleh siswa dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan dalam meningkatkan kepercayaan diri melalui metode bermain peran Stanislavski. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling terpilih kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi dan pemberian tugas bermain peran monolog yang di dokumentasikan dalam video. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikan α = 0.05. Didapatkan hasil Fhitung 1,52 ≤ Ftabel 1,69. Maka, data yang diperoleh berdistribusi homogen (signifikan). Hasil penelitian diperoleh, kepercayaan diri terkait pembelajaran Bahasa Indonesia sebelum mendapatkan motode bermain peran Stanislavski rata-rata nilai kelas eksperimen 67,94. Setelah mendapatkan metode bermain peran Stanislavski kepercayaan diri siswa meningkat dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 79,59. Dari perhitungan Hipotesis diperoleh thitung 15,243 > ttabel 1.664. Berdasarkan kriteria pengujian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode bermain peran Stanislavski terhadap kepercayaan diri siswa pada pembelajaran Drama. date: 2020 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14315/1/FKIP_PBSI_1601045087_KHOIRUR%20RIZQA%20AWALIA.pdf identifier: Awalia, Khoirur Rizqa dan Suyatno, Suyatno (2020) Pengaruh Motode Bermain Peran Stanislavski terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Pembelajaran Drama Kelas XI SMAN 6 Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.